Agresi Militer Belanda Ii Terjadi Pada Tanggal

Agresi Militer Belanda Ii Terjadi Pada Tanggal

SOLOPOS.COM – Pasukan Operasi Gagak menunggu penerbangan pesawat dari Semarang menuju Yogyakarta. (wikipedia.org)


Solopos.com, SOLO
— Agresi Militer Belanda II atau Operasi Gagak (bahasa Belanda: Operatie Kraai) terjadi pada 19 Desember 1948 yang diawali dengan serangan terhadap Yogyakarta –Ibu Kota Indonesia saat itu– serta penangkapan Soekarno, Mohammad Hatta, Sjahrir, dan beberapa tokoh lainnya.

Jatuhnya ibu kota negara ini menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara.



PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Agresi Militer Belanda II merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 19 Desember, hari ke-353 (hari ke-354 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian.


Baca juga: Warga Korea Utara Dilarang Tertawa dan Belanja Selama 11 Hari, Mengapa?

Berikut ini sejumlah peristiwa bersejarah pada 19 Desember yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini seperti dihimpun
Solopos.com
dari
Thepeoplehistory.com
dan
Wikipedia.org:

1941

Pemimpin Jerman Adolf Hitler secara resmi menobatkan dirinya sendiri sebagai kepala kesatuan Oberkommando des Heeres, sebutan bagi angkatan darat Nazi Jerman. Hitler memangku jabatan tersebut hingga akhir hayatnya pada 30 April 1945.

1948

Agresi Militer Belanda II atau Operasi Gagak terjadi diawali dengan serangan terhadap Yogyakarta –Ibu Kota Indonesia saat itu– serta penangkapan Soekarno, Mohammad Hatta, Sjahrir, dan beberapa tokoh lainnya. Jatuhnya ibu kota negara ini menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara.

1949

Universitas Gadjah Mada (UGM) secara resmi didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 23/1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universitas. UGM adalah perguruan tinggi negeri pertama yang dibangun murni atas inisiatif Republik Indonesia.

Baca :   El Nino Dan La Nina Adalah


Baca juga: Covid-19 Mengganas di Inggris, Sejumlah RS Kekurangan Staf Rumah Sakit

1961

Presiden Soekarno mengumumkan pelaksanaan Operasi Tri Komando Rakyat (Trikora) di Alun-alun Utara Kota Jogja. Operasi tersebut bertujuan untuk merebut wilayah Papua bagian barat dari cengkeraman Belanda. Operasi itu berlangsung hingga 15 Agustus 1962 dan berakhir dengan keberhasilan pasukan Indonesia menguasai wilayah Papua bagian barat.

1961

India berhasil merebut wilayah Daman dan Diu dari Portugal. Sebelumnya, Daman dan Diu yang terletak di bagian barat India telah dikuasai Portugal selama kurang lebih 450 tahun.

1963

Zanzibar meraih kemerdekaan dari Inggris. Negara itu lantas mengadopsi sistem pemerintahan monarki konstitusional yang dipimpin seorang sultan. Namun negara Zanzibar hanya bertahan sementara setelah sang sultan digulingkan pada 12 Januari 1964. Zanzibar kemudian bergabung dengan Tanganyika dan membentuk negara bernama Tanzania pada 26 April 1964.

1983

Trofi Jules Rimet dicuri dari markas Konfederasi Sepak Bola Brasil di Rio de Janeiro, Brasil. Trofi tersebut tak pernah berhasil ditemukan hingga kini. Brasil adalah negara yang berhak menyimpan trofi tersebut karena berhasil menjadi negara pertama yang memenangi ajang Piala Dunia FIFA sebanyak tiga kali.


Baca juga: UNESCO Akui Songket Jadi Warisan Budaya Tak Benda Milik Malaysia

1984

Pemerintah Tiongkok dan Britania Raya menandatangani Deklarasi Bersama Tiongkok-Britania di Beijing, Tiongkok. Deklarasi itu menyatakan bahwa Britania Raya akan menyerahkan kekuasaan di Hong Kong mulai 1 Juli 1997. Pemerintah Tiongkok juga menyatakan kebijakan-kebijakan dasar mereka terhadap Hong Kong pada deklarasi tersebut.

Potongan adegan tenggelamnya Titanci pada film Titaninc. (Wikimedia.org)

Potongan adegan tenggelamnya Titanci pada film Titaninc. (Wikimedia.org)

1997

Film layar lebar berjudul
Titanic
mulai diluncurkan di Amerika Serikat (AS).
Titanic
adalah film yang mengisahkan cinta di kapal
RMS Titanic
yang tenggelam dalam pelayaran perdananya pada 15 April 1912. Leonardo Di Caprio sebagai Jack dan Kate Winslet sebagai Rose adalah bintang utama pada film tersebut. Film yang disutradarai James Cameron itu lantas masuk dalam 14 nomine dalam ajang Academy Awards 1998 dan berhasil memenangkan 11 Piala Oscar, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik.

Baca :   Cara Agar Punya Banyak Teman Di Sekolah

1998

DPR AS mengesahkan pasal-pasal mengenai
impeachment
terhadap Presiden Bill Clinton yang terlibat skandal Monica Lewinsky.

Agresi Militer Belanda Ii Terjadi Pada Tanggal

Source: https://www.solopos.com/sejarah-hari-ini-19-desember-1948-agresi-militer-belanda-ii-dimulai-1219294

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …