Apa Perbedaan Antara Data Spasial Dan Data Atribut

Apa Perbedaan Antara Data Spasial Dan Data Atribut.


LancangKuning
 –
Data spasial ialah data dalam bentuk grafis yang menunjukkan ruang lokasi ataupun tempat-ajang di dalam satah bumi padahal data atribut adalah yang memberi penjelasan atau deskripsi atas setiap sasaran di permukaan manjapada.

SIG ialah satu yang bisa menyerahkan tulangtulangan yang lengkap dan akurat terhadap suatu masalah nyata yang tersapu dengan data spasial permukaan bumi sehingga mempermudah privat modifikasi warna bentuk dan format simbol yang diperlukan bikin menggambarkan zarah-anasir permukaan dunia.

Data spasial menjadi salah satu kendaraan yang sangat penting untuk melakukan perencanaan pembangunan dan manajemen sumur daya pataka nan berkelanjutan pada wilayah continental kebangsaan regional atau domestik format data spasial dapat konkret  vektor poligon line points alias raster.

Data atribut adalah data nan memberi beberapa deskripsi serta penjelasan adapun suatu fenomena nan cak semau di permukaan bumi bagi menjelaskan setiap objek yang suka-suka di parasan bumi, data atribut yang paling setuju dan dapat digunakan untuk menggambarkan satu gejala topografis karena datanya menjadi kualitatif dan deskriptif.

Fungsi umum dari penggunaan sistem informasi geografis yaitu dapat melajukan kita untuk mematamatai fenomena ruang bumi  dengan proses perspektif nan lebih baik pemrosesan data yang lebih cepat serta mendapatkan hasil analis nan lebih akurat.

Data atribut yakni data nan menjabarkan akan halnya aspek pecah sejumlah satu fenomena n domestik gambar deskripsi alias penjelasan nan terperinci dengan data ini tergambarkan privat kerangka introduksi-alas kata atau angka serta tabel.

Kelebihan data spasial adalah

  • Bikin penyimpanan tidak memerlukan ruangan yang segara
  • Akses informasi cepat dan mudah
  • Analis  dalam data spasial dan textual dikerjakan lebih dari satu cucur
  • Sumber daya bani adam kerjakan melakukan pengelola data yang enggak bersisa banyak.
Baca :   Terangkan Arti Manusia Menjadi Objek Dan Subjek Sejarah

Data atribut  merupakan data yang paling sepakat digunakan bagi menggambarkan sebuah gejala topografi karena datanya beberapa kualitatif dan deskripsi, kamil paling sederhana dari data atribut adalah data total penduduk, data tingkat kesuburan tanah, data kandung mineral dalam tanah dan sebagainya.

Data spasial primer merupakan sebuah data yang diperoleh secara berbarengan contoh data sig buat menentukan luas wilayah hutan dengan melinjo lokasi secara langsung  dan data spasial sekunder adalah data spasial nan diperoleh secara tidak langsung atau berusul pihak kedua contoh kar meteorologi peta topografi dan bukan-lain.

Data spasial merupakan satu data yang memiliki publikasi mengenai lokasi pada data tersebut informasi lokasi ini rata-rata berbentuk sistem koordinat baik itu koordinat geografis maupun koordinat proyeksi  dalam data spasial plong dasarnya digunakan lakukan mengutarakan lokasi dari suatu korban atau kelihatan nya pada dunia nyata.

Kelebihan data atribut adalah

  1. Data dapat dimanipulasi
  2. Dapat memafhumi macam lokasi peta

Kekurangan data atribut adalah

  1. Susah mengkhususkan gambar dan rona sreg peta
  2. Rumpil menentukan lokasi

Data spasial memiliki dua jenis vektor dan raster merupakan

Vektor ialah besaran yang memiliki nilai dan sebelah farik dengan kuantitas skalar yang hanya akan punya poin vektor diilustrasikan dalam bentuk anak panah dengan sumber akar momongan panah menunjukkan tutul awal vektor ujung anak kilauan dan menunjukkan titik ujung vektor.

Dalam sebuah tabulasi komputer jinjing gambar bitmap merupakan suatu struktur yang mewakili susunan piksel dandan nan ditampilkan pada layar monitor jeluang atau yang di tampilan lainnya secara teknis dalam tulang beragangan bitmap bisa digambarkan dengan cara bertambah jenjang piksel dan pun sreg angka bit piksel.

Baca :   Jelaskan Perbedaan Antara Respirasi Aerob Dan Anaerob

Kelebihan lega data vektor yakni suatu yang membutuhkan urat kayu atau ajang penyimpanan nan lebih terbatas di dalam komputer representasi grafis data spasial nya yang sangat mirip dengan peta garis tiruan tangan manusia.

Kekurangan data spasial adalah

  1. Model mangsa terbatas
  2. Perlintasan dalam teknologi informasi terjadi secara cepat
  3. Dimensi data dan standar file data bineka
  4. Sulit buat menyajikan data temporal
  5. Biaya yang dikeluarkan relative mahal
  6. Dan belum tentu firma mampu mengamalkan adaptasi dengan cepat sehingga ada peluang teknologi yang digunakan kurang usil. (Aini)

Apa Perbedaan Antara Data Spasial Dan Data Atribut

Source: https://lancangkuning.com/post/33770/perbedaan-data-spasial-dan-data-atribut.html

Check Also

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah. Home / Biologi / Pertanyaan IPA …