Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Hukum

Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Hukum

Kuliah Jurusan Hukum
– Jurusan merupakan hal yang penting untuk dipikirkan dengan matang ketika ingin melanjutkan kuliah. Di Indonesia sendiri, jurusan kuliah yang dapat dipilih ada banyak dan beragam baik itu di rumpun sosial maupun saintek.

Salah satu jurusan yang terkenal dan banyak diminati yaitu Ilmu Hukum. Jurusan yang berada di ranah sosial ini selalu ramai pendaftar setiap kali penerimaan mahasiswa baru. Mendukung hal ini, Ilmu Hukum juga termasuk jurusan kuliah yang selalu menyediakan banyak kursi sehingga kesempatan diterima lebih besar.

Tertarik untuk kuliah di jurusan Hukum? Yuk, simak penjelasannya terlebih dahulu di bawah ini!

Apa Itu Kuliah Jurusan Hukum?


Sesuai namanya, mahasiswa jurusan Ilmu Hukum akan mempelajari lebih dalam tentang berbagai macam sistem hukum yang ada. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar banyak hal mulai dari hukum dasar sampai hukum internasional.

Kuliah jurusan Hukum untuk jenjang Sarjana ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun. Lulusannya sendiri akan memiliki gelar Sarjana Hukum atau S.H. Supaya bisa lulus dan mendapat gelar ini, kamu perlu menempuh pendidikan baik teori maupun praktik sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan.

Baca jgua Mau Kuliah di UI? Cek Dulu Daftar Jurusan Kuliah UI dan Akreditasinya!

Mata Kuliah dan Konsentrasi yang Bisa Diambil


Mahasiswa Ilmu Hukum akan mendapat mata kuliah yang sesuai dengan jurusan ini. Beberapa mata kuliah yang umum untuk didapat di jurusan ini yaitu seperti:

  • Hukum Pidana
  • Hukum Perdata
  • Hukum Tata Negara
  • Hukum Agraria
  • Hukum Perdagangan
  • Hukum Internasional
  • Hukum Adat
  • Hukum Waris
  • dan lain-lain

Saat berkuliah di jurusan ini, kamu juga memiliki kesempatan untuk memilih berbagai konsentrasi yang ada. Melansir dari laman Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), terdapat berbagai konsentrasi yang biasa disediakan oleh perguruan tinggi yaitu sebagai berikut.

Hukum Perdata

Konsentrasi Hukum Perdata berfokus pada aturan terkait hak dan kepentingan individu. Pembelajaran juga akan terkait dengan hukum perjanjian dan kontrak. Jika kamu ingin untuk menjadi seorang notaris atau legal, bisa memilih konsentrasi ini.

Hukum Lingkungan dan Tata Ruang

Bidang lain yang bisa dipilih ketika berkuliah di Ilmu Hukum yaitu terkait lingkungan dan tata ruang. Kamu akan belajar terkait isu sengketa lahan, tanah, pelestarian lingkungan, dan juga pengelolaan sumber daya di dalamnya.

Hukum Ekonomi

Hukum Ekonomi juga bisa disebut dengan Hukum Dagang. Pada konsentrasi ini, mahasiswa belajar tentang tingkah laku manusia ketika berdagang. Tentunya, kamu juga akan belajar tentang aspek legalnya juga.

Hukum Internasional

Perkembangan zaman dan globalisasi membuat Hukum Internasional perlu untuk dipelajari. Pada konsentrasi ini, mahasiswa akan belajar tentang hukum-hukum yang terjadi di dunia internasional seperti organisasi, perjanjian, udara dan ruang angkasa, laut, dan lain-lain.

Hukum Pidana

Konsentrasi lainnya yaitu Hukum Pidana. Pada konsentrasi ini, mahasiswa akan belajar tentang peraturan yang masuk ke tindak pidana. Konsentrasi ini juga banyak mempelajari pasal-pasal KUHP.

Hukum Tata Negara

Hukum Tata Negara memiliki fokus pada aturan kenegaraan. Mahasiswa jurusan Hukum yang kuliah di konsentrasi ini akan belajar tentang lembaga kenegaraan, konstitusi, sampai pembuatan Undang-Undang.

Hukum Acara (Peradilan)

Konsentrasi jurusan Ilmu Hukum yang berikutnya yaitu Hukum Acara atau Peradilan. Di sini, mahasiswa akan belajar hukum perdata dan pidana. Hanya saja, fokusnya ada pada proses yang terjadi di pengadilan seperti advokat, pembuktian, saksi, dan lain-lain.

Prospek Kerja Ketika Kuliah di Jurusan Hukum

kuliah jurusan hukum

Bisa kuliah di jurusan Hukum merupakan impian banyak orang. Lulusan dari jurusan ini memiliki pilihan karier yang luas dan stabil. Tidak hanya itu, kebutuhan akan ahli Hukum juga tinggi. Beberapa profesi yang bisa digeluti oleh lulusan Ilmu Hukum di antaranya:

  • Hakim
  • Jaksa
  • Akademisi
  • Diplomat
  • Pengacara
  • Politisi
  • Notaris
  • Detektif atau Investigator
  • Staf Legal
  • Pegawai Yudisial
  • dan lain sebagainya

Itulah penjelasan tentang kuliah jurusan Hukum, apa yang dipelajari dan prospek kerjanya? Jika tertarik dengan bidang ini, kamu bisa memilih Ilmu Hukum sebagai jurusan ketika memasuki dunia kuliah nanti. Semoga uraian ini membantumu!


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTN, Kedokteran, Sekolah Kedinasan, IUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Hukum

Source: https://www.indonesiacollege.co.id/kuliah-jurusan-hukum-apa-yang-dipelajari-dan-prospek-kerjanya/

Baca :   Cara Mengubah Kalimat Passive Ke Active

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …