Apa Yang Dilakukan Oleh Negara Untuk Mengatasi Inflasi

Apa Yang Dilakukan Oleh Negara Untuk Mengatasi Inflasi

Fenomena inflasi yang terjadi sejak 2022, diperkirakan masih akan berlangsung pada 2023. Inflasi adalah fenomena di mana harga kebutuhan mengalami kenaikan secara terus-menerus. Dengan adanya fenomena tersebut, kenaikan harga produk dan layanan kemungkinan besar mengalami penyesuaian sehingga terdapat golongan masyarakat yang memiliki penurunan daya beli.


Bisa dibilang, inflasi berisiko dapat memicu adanya penurunan daya beli masyarakat secara umum. Oleh karenanya, ada berbagai kebijakan yang perlu dibuat oleh pemerintah sebagai cara mengatasi inflasi di Indonesia.

Baca juga :

Apakah kamu Mengalami Inflasi Gaya Hidup? Cek Cirinya di Sini

Apa Itu Inflasi

Sebelum mengetahui cara mengatasi inflasi di Indonesia, sebaiknya kita memahami definisi inflasi. Menurut Bank Indonesia, inflasi didefinisikan sebagai peningkatan harga barang dan jasa secara terus menerus. Peningkatan tersebut, umumnya diawali oleh peningkatan harga kebutuhan sehingga harga barang dan jasa akan mengalami kenaikan dengan menyesuaikan harga kebutuhan.

Cara Mengatasi Inflasi di Indonesia yang Bisa Dilakukan Masyarakat

Saat inflasi terjadi, sebagian besar golongan masyarakat akan merasakan dampaknya, terutama pada aspek daya beli masyarakat. Jadi, hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatasi inflasi? Simak penjelasannya berikut ini.

apa itu inflasi

1. Membeli produk dalam negeri

Membeli produk dalam negeri berpotensi untuk mengatasi inflasi di Indonesia. Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki banyak produk UMKM berkualitas dalam berbagai kategori. Oleh karenanya, dengan membeli produk dalam negeri yang dibuat oleh UMKM, kita bisa berperan untuk menciptakan permintaan barang sehingga usaha tersebut tetap berjalan sehingga karyawan di dalamnya bisa tetap memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan.

Baca :   Macam Macam Garis Untuk Anak Paud

2. Bijak mengelola pengeluaran

Dengan adanya inflasi, banyak masyarakat pekerja yang mengharapkan kenaikan penghasilan. Sayangnya, terjadinya inflasi belum tentu bersamaan dengan kenaikan penghasilan. Oleh karenanya, bijak mengelola pengeluaran bisa jadi cara mengatasi inflasi di Indonesia yang cukup efektif.

Contoh pengelolaan pengeluaran yang bijaksana adalah dengan mengurangi pengeluaran yang bersifat hiburan dan belanja mewah di luar kebutuhan.

Baca juga :

Kenali Cara Investasi Emas

3. Menabung emas batangan

Emas batangan terkenal sebagai salah satu cara menabung yang stabil menjaga nilai rupiah. Emas batangan bisa dibeli dan dijual sewaktu-waktu sesuai keinginan pemiliknya. Kamu bisa membeli emas batangan dalam berbagai ukuran yang tersedia di toko emas, atau menabung emas dalam bentuk nominal uang tunai di Pegadaian.

Cara Mengatasi Inflasi di Indonesia yang Bisa Dilakukan Pemerintah

Setelah mengetahui apa yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengatasi inflasi, tentunya masyarakat wajib mengetahui apa saja peran pemerintah dalam mengendalikan inflasi. Inilah berbagai kebijakan yang wajib diusahakan pemerintah agar laju inflasi bisa dikendalikan dengan baik agar tidak mengalami kenaikan.

hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatasi inflasi

1. Menetapkan Kebijakan Fiskal

Salah satu cara mengatasi inflasi di Indonesia adalah dengan menerapkan kebijakan fiskal yang dapat mempengaruhi nominal pengeluaran pemerintah. Kebijakan ini dapat berbentuk dua kegiatan, yaitu:

  1. Menghemat pengeluaran pemerintah

Alih-alih meminta masyarakat untuk menekan belanja, pemerintah dapat melakukannya sendiri. Saat pengeluaran negara ditekan, maka jumlah pembelian produk barang dan jasa akan ikut turun. Demand yang turun akan mampu menekan laju inflasi.

  1. Menaikkan tarif pajak

Kenaikan tarif pajak akan turut mengurangi tingkat belanja masyarakat. Hasilnya, peredaran uang di tengah masyarakat berkurang dan harga barang berangsur-angsur kembali ke kondisi normal.

Baca :   Letak Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

2. Menetapkan Kebijakan Moneter

Kebijakan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi dengan langkah-langkah yang fokus di bidang keuangan (moneter). Terdapat tiga wujud kebijakan moneter, seperti :

  1. Penetapan Persediaan Kas

Bank sentral (dalam kasus ini berarti Bank Indonesia) mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan batas minimum kas setiap lembaga perbankan di Indonesia. Alhasil, bank tidak bisa mengeluarkan banyak uang. Tujuan akhirnya adalah mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat.

  1. Diskonto

Bank Indonesia menerapkan kebijakan peningkatan suku bunga. Masyarakat jadi tergerak untuk menyimpan uang di bank, bukan untuk berbelanja. Akhirnya, uang yang beredar di masyarakat bisa berkurang.

  1. Operasi Pasar Terbuka

Bank Indonesia menerapkan kebijakan ini dengan cara menjual surat-surat berharga kepada publik, contoh yang paling mudah adalah Surat Utang Negara (SUN). Penjualan surat berharga akan menyerap uang masyarakat dan menekan peredaran uang. Hasilnya, laju inflasi bisa ditekan.

3. Menetapkan Kebijakan Lainnya

Selain fokus di bidang moneter dan fiskal, masih ada cara mengatasi inflasi lain yang bisa dilakukan oleh pemerintah, seperti:

  1. Menambah jumlah barang di pasar

Penambahan jumlah barang dapat diwujudkan dengan dua cara. Pertama, pemberian subsidi atau stimulus agar industri meningkatkan produksi hingga level tertentu. Kedua, pelonggaran keran impor agar stok barang di pasar meningkat secara signifikan.

  1. Menetapkan harga batas atas

Lari inflasi bisa ditekan dengan menetapkan harga maksimal untuk barang-barang tertentu. Langkah ini bertujuan agar harga tidak semakin naik dan tidak terkendali. Namun, kebijakan ini rawan memunculkan praktik pasar gelap (black market).

Itulah berbagai penjelasan dari pertanyaan bagaimana cara agar laju inflasi dapat dipertahankan dan tidak mengalami kenaikan. Memang, inflasi bukanlah keadaan yang ideal bagi semua pihak, namun masyarakat dan pemerintah wajib bersinergi agar laju inflasi bisa berjalan stabil atau bahkan ditekan dengan baik. Semoga membantu!

Baca :   Soal Biologi Kelas 11 Semester 2

Baca juga :

Cara Mengatur Keuangan yang Baik dan Efektif


Artikel ini ditulis oleh
Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran
pinjaman online
bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti
blog
Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta
promo
menarik lainnya.

Apa Yang Dilakukan Oleh Negara Untuk Mengatasi Inflasi

Source: https://www.kreditpintar.com/education/3-cara-mengatasi-inflasi-di-indonesia

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …