Apa Yang Dimaksud Dengan Biaya Peluang Opportunity Cost

Apa Yang Dimaksud Dengan Biaya Peluang Opportunity Cost

Pilihan membuat Anda menghadapi biaya peluang, apakah Anda menyadarinya atau tidak. Pada suatu waktu, Anda mungkin harus memilih di antara dua opsi yang Anda berdua inginkan. Tetapi, karena sumber daya Anda terbatas (misalnya, Anda tidak punya cukup uang di saku Anda), Anda harus memilih satu dan melewati yang lain.

Biaya peluang (opportunity cost) adalah alternatif terbaik berikutnya yang dikorbankan ketika kita menggunakan sesuatu. Ini mengukur biaya pilihan apa pun dalam hal alternatif terbaik berikutnya. Dimensi biaya peluang dapat berbentuk berbagai hal, termasuk waktu, uang, atau utilitas.

Deskripsi tentang “Biaya Peluang”

Konsep biaya peluang adalah inti dari perspektif ilmu ekonomi. Biaya peluang merupakan alternatif terbaik berikutnya yang Anda korbankan ketika memilih sesuatu. Pengorbanan muncul karena sumber daya kita terbatas untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan kita yang tidak terbatas. Kita harus memilih ketika mengalokasikan sumber daya langka untuk memenuhi kebutuhan kita. Ada beragam alternatif pilihan dan ketika kita memilih satu pilihan, ini berarti kita mengorbankan alternatif lainnya.

Konsep ini berlaku untuk semua pengambilan keputusan ekonomi, baik oleh konsumen, bisnis, dan pemerintah. Dan, dimensi biaya peluang dapat berupa waktu, uang, atau utilitas.

Misalnya, ketika seorang konsumen memilih untuk menggunakan yang Rp300.000 yang dimiliki untuk membeli sepasang sepatu, ini berarti ia memilih untuk tidak menggunakan uang tersebut untuk membeli baju.

Dalam contoh tersebut,
jika dia memiliki jumlah uang yang tak ada habisnya, ia dapat membeli sepatu
sekaligus baju. Tidak perlu pengorbanan. Namun karena uang (sumber daya)
terbatas, maka dia harus memilih.

Dengan kata lain, jika sumber daya tidak terbatas, pengorbanan tidak akan diperlukan, dan tidak ada opportunity cost yang terlibat.

Mengapa Anda perlu mempertimbangkannya?

Kami memiliki sumber daya yang langka, seperti uang dan waktu. Individu yang makmur, misalnya, punya banyak uang. Tetapi, seringkali, mereka memiliki lebih sedikit waktu untuk keluarga atau kesenangan pribadi. Atau, mereka memiliki waktu terbatas untuk membuat keputusan penting, yang mungkin memiliki konsekuensi untuk masa depan mereka.

Mengetahui biaya peluang sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat. Anda perlu mempertimbangkannya untuk memaksimalkan kepuasan dan keinginan sambil meminimalkan risiko, tidak hanya sekarang, tetapi juga di masa depan.

Bagaimana biaya peluang muncul

Biaya peluang adalah inti dari konsep ekonomi. Itu muncul ketika kita harus memilih yang terbaik dari berbagai alternatif dalam memanfaatkan sumber daya.

Tujuan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan kita sebanyak mungkin. Namun, kami menghadapi sumber daya yang terbatas. Dan, dengan sumber daya ini, kita tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan kita karena mereka tidak terbatas.

Baca :   Apa Yang Dimaksud Dengan Perbandingan Senilai

Kita mungkin memiliki barang-barang yang kita sukai, tetapi kita tidak puas dan menginginkan yang lain. Itu sebabnya kebutuhan dan keinginan kita tidak terbatas.

Sumber daya yang terbatas memaksa Anda untuk membuat pilihan. Ketika Anda memilih sesuatu, Anda juga mengorbankan alternatif berikutnya. Misalnya, Anda harus membeli smartphone. Dilema timbul karena uang yang Anda miliki tidak cukup untuk membeli keduanya. Anda harus memilih salah satu dari dua merek yang Anda sukai. Merek alternatif berikutnya yang Anda korbankan adalah yang mewakili biaya peluang.

Karena Anda harus mengorbankan alternatif terbaik berikutnya, Anda harus berhati-hati dan rasional. Maksud saya, dalam contoh itu, Anda harus memilih merek smartphone yang memberi Anda manfaat atau kepuasan paling signifikan. Jadi, ketika Anda telah memilih, Anda puas.

Dan, dalam bidang ekonomi, konsumen yang rasional akan memaksimalkan kepuasan (utilitas) dari konsumsi barang dan jasa. Di sisi lain, produsen rasional akan memaksimalkan keuntungan dari sumber daya yang mereka miliki. Kedua rasionalitas inilah yang manjadi salah satu asumsi kritis dalam ilmu ekonomi.

Contoh biaya peluang

Biaya peluang dapat mengambil beragam dimensi dari sumber daya, termasuk uang, waktu, manfaat dsb. Berikut ini adalah contoh-contoh untuk menjelaskan konsep opportunity cost .

  • Ketika seseorang memilih untuk menabung di bank untuk mendapatkan pengembalian, maka dia mengorbankan kemungkinan pengembalian yang dapat dihasilkan dari investasi ke saham. Dalam hal ini, opportunity cost melibatkan uang.
  • Seorang investor mungkin membeli saham perusahaan A tetapi hanya menghasilkan 2%, padahal sebelumnya dia dapat menghasilkan pengembalian sebesar 5% jika berinvestasi di perusahaan B. Perbedaan hasil 3% disebut opportunity cost .
  • Kita memutuskan untuk bekerja pada hari sabtu padahal itu adalah hari libur. Dalam kasus ini, kita mengorbankan waktu yang hilang bersama keluarga.
  • Opportunity cost yang terlibat ketika perusahaan memilih mendanai proyeknya dari pinjaman bank adalah kemungkinan biaya dana yang lebih murah ketika perusahaan menerbitkan obligasi.
  • Biaya peluang membangun perkantoran sewa di sebidang tanah adalah penghasilan yang hilang dengan tidak membangun blok apartemen sewa di lokasi tersebut. Demikian pula, pendapatan yang hilang karena membangun apartemen sewa merupakan biaya peluang dari perkantoran sewa.
  • Ketika suatu perusahaan memilih untuk menggunakan sumber dayanya untuk menghasilkan minuman bersoda, ini berarti perusahaan memilih untuk tidak memproduksi air mineral. Jika air mineral adalah alternatif yang paling mungkin, air mineral yang dikorbankan (tidak diproduksi) adalah biaya peluang bagi produksi minuman bersoda.

Perhitungan keuntungan ekonomi

Keuntungan atau laba ekonomi memerlukan biaya peluang (biaya implisit). Anda dapat menghitungnya menggunakan rumus berikut:

Laba ekonomi = Pendapatan – Biaya eksplisit – Biaya implisit = Laba akuntansi – biaya implisit

Mari kita ambil contoh sederhana.

Anda memulai toko elektronik dan mengorbankan kesempatan untuk mendapatkan gaji Rp100 di perusahaan elektronik terbesar. Setelah beroperasi, toko menghasilkan pendapatan Rp1.000. Anda juga dikenai biaya Rp500 untuk persediaan peralatan elektronik dan Rp200 untuk gaji karyawan.

Karena Anda kehilangan gaji besar dengan mengoperasikan toko, jika toko gagal menghasilkan keuntungan ekonomi, Anda gagal menghasilkan lebih banyak uang.

Dari kasing di atas, Anda lupa IDR100 dengan mengoperasikan toko. Jadi, laba akuntansi toko harus setidaknya sama dengan ini. Kalau tidak, menjalankan toko adalah opsi alokasi sumber daya yang tidak efisien.

Dalam contoh ini, keuntungan ekonomi dari mengoperasikan toko adalah IDR100 (Rp1.000 – IDR500 – Rp200 – IDR100). Karena keuntungan ekonomi positif, membuka toko adalah pilihan yang tepat. Anda mendapatkan sebanyak IDR200 (laba akuntansi) alih-alih IDR100 jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan.

Baca :   Hitunglah Luas Daerah Yang Diwarnai Pada Gambar Gambar Berikut

Dalam hidup manusia sehari-hari, Anda selalu dihadapkan pada pilihan. Sejak awal hari hingga malam, Anda harus selalu memilih satu di antara hal-hal lainnya.

Misalkan, Anda mempunyai uang Rp10.000. Anda harus memilih apakah hendak naik ojek
online
atau kendaraan umum seperti bus.

Keduanya memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing. Saat memilih salah satu, kesempatan untuk memilih lainnya menjadi hilang.

Hal semacam inilah yang dikenal dengan
opportunity cost. Dengan memilih salah satu opsi, Anda harus mengeluarkan biaya. Anda harus merelakan opsi lainnya dan menanggung biaya pada opsi yang dipilih.

Baca juga:

Aset adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Manajemennya

Apa itu Opportunity Cost?

Seperti disinggung sebelumnya,
opportunity cost
adalah biaya peluang. Biaya ini timbul karena hilangnya suatu kesempatan karena memenuhi kesempatan lainnya.

Biaya yang dimaksud tidak melulu terkait uang. “Biaya” yang dimaksud bisa meliputi waktu, kenyamanan, keamanan, atau keuntungan di masa depan.

Biaya ini muncul karena sumber daya ekonomi yang tersedia terbatas. Sehingga manusia dihadapkan pada situasi untuk memilihnya.

Ada banyak kemungkinan terkait kegunaan opsi yang dipilih. Opsi tersebut juga bergantung pada situasi individu atau perusahaan yang terkait. Sehingga setiap orang menentukan nilai berbeda.

Opportunity cost
juga umumnya merujuk kepada kebutuhan sekunder atau bahkan tersier.

Cara Menghitung

Untuk menetapkan biaya yang harus dibayar untuk memilih suatu opsi, terdapat rumusnya tersendiri. Dua variabel yang dipakai yaitu
foregone option
(FO) dan
chosen option
(CO).

Foregone option
yaitu nilai yang tidak Anda pilih. Sementara
chosen option
adalah nilai peluang yang dipilih. Berikut rumusnya.

Opportunity Cost = Foregone Option – Chosen Option

Cara menghitung biaya peluang adalah mengetahui selisih biaya di antara keduanya. Berikut contohnya.

Anda memiliki uang kas yang dapat dimanfaatkan untuk dua pilihan, yakni berinvestasi atau membuka usaha sendiri. Jika berinvestasi, imbal hasil yang ditawarkan sekitar 8 persen per tahun. Sementara itu bisnis yang baru dibangun kemungkinan menghasilkan keuntungan 5 persen tiap tahun.

Dengan demikian, biaya peluang adalah 8 persen – 5 persen = 3 persen. Dengan demikian, Anda harus memilih peluang memperoleh keuntungan lebih besar.


Manfaat

Mengetahui
opportunity cost
memiliki manfaatnya sendiri, terutama dalam mengambil keputusan finansial. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Menetapkan Prioritas

Dalam setiap pilihan, ada keuntungan dan kerugian yang mengikuti. Sebagian orang mengetahuinya sejak awal, sebagian lainnya baru mengetahuinya setelah memilih.

Dengan menghitung
opportunity cost, Anda dapat menetapkan prioritas atas pilihan Anda. Anda dapat menentukan pilihan yang paling menguntungkan sesuai situasi. Tidak semua hal harus dipilih sekaligus.

Dalam sektor bisnis, kemampuan menentukan keputusan ini sangat penting. Tentu Anda tidak ingin memilih hal yang sia-sia.

Mengurangi Risiko

Dengan mengetahui kerugian dari dua opsi atau lebih yang hendak dipilih, Anda dapat mengetahui mana yang lebih minimal risiko. Dengan demikian, Anda dapat memutuskan dengan lebih bijak.

Menghitung Modal

Manfaat selanjutnya adalah menghitung modal. Anda dapat menentukan terlebih dulu modal yang dibutuhkan untuk salah satu pilihan.

Misalnya Anda hendak mengembangkan bisnis atau berinvestasi, tentu modal yang dibutuhkan akan berbeda. Dengan mengetahui biaya peluangnya, maka modal yang dibutuhkan dapat diprediksi.

Menghemat Pengeluaran

Selain itu, mengetahui biaya pelang membuat Anda menghemat pengeluaran. Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk hal-hal yang kurang dibutuhkan.

Baca :   Tujuan Gerakan Apra Yang Dipimpin Oleh Raymond Westerling Adalah

Anda akan lebih fokus pada pengeluaran yang penting. Dengan demikian akan menghemat pengeluaran pribadi atau perusahaan.

Baca juga:

Investasi Reksa Dana Itu Menguntungkan, ini Pengertian dan Jenisnya!

Banyak investor yang mencoba memperhitungkan biaya peluang saat memutuskan tindakan keuangan. Namun perhitungan biaya peluang akan lebih akurat jika dilihat ke belakang.

Jika Anda memiliki angka riil untuk dihitung akan lebih baik daripada perkiraan. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk membandingkan pengembalian yang akan diperoleh dan yang hilang.

Misalkan Anda hendak memutuskan berinvestasi di perusahaan A atau perusahaan B. Akhirnya Anda me

memutuskan perusahaan A.

Setelah satu tahun berjalan, perusahaan A memberikan imbal hasil 5 persen, sementara perusahaan B menghasilkan 8 persen. Dalam kasus ini, dapat dilihat jelas biaya peluangnya adalah 3 persen.

Biaya peluang banyak diterapkan dalam investasi. Namun ada banyak skenario yang dapat menggunakan perhitungan ini.

Misalkan Anda memutuskan berhenti bekerja demi melanjutkan sekolah. Anda mengetahui gaji Anda selama waktu bersekolah akan hilang. Kemudian bandingkanlah antara gaji yang hilang dengan kemungkinan manfaat yang diperoleh dengan mendapat gelar pendidikan lebih tinggi.

Contoh lainnya adalah Anda bekerja sebagai konsultan. Anda mengenakan biaya Rp400.000 untuk satu kali sesi.

Suatu ketika Anda memutuskan menutup kantor untuk mengecat ruangannya. Daripada menggunakan jasa tukang profesional, Anda memilih melakukannya sendiri.

Ternyata waktu yang dihabiskan untuk mengecat adalah empat jam, sehingga Anda kehilangan Rp1.600.000. Padahal jasa tukang profesional adalah Rp1.000.000 beserta bahan baku catnya. Artinya, biaya peluang Anda Rp600.000.


Batasan

Opportunity cost
memiliki batasannya sendiri. Yaitu sulit memprediksi keuntungan di masa mendatang dengan tepat. Anda bisa saja mempelajari data historis untuk mendapat prediksi kinerja investasi, tetapi Anda tidak akan pernah mengetahui kinerja investasi 100 persen tepat.

Maka dari itu, pertimbangan biaya peluang penting dalam mengambil keputusan. Namun tidak akan benar-benar akurat sampai keputusan dibuat dan dijalani. Anda baru akan mengetahui sendiri keuntungan dan kerugian setelah membandingkan kedua kinerja investasi.

Diketahui konsep biaya peluang berlaku untuk keputusan apapun. Namun akan lebih sulit jika Anda harus memperhitungkan faktor yang tidak dapat diukur dengan uang.

Misalkan Anda hendak memilih satu di antara dua peluang investasi. Salah satunya menawarkan pengembalian konservatif, tetapi kas Anda ditahan selama dua tahun. Sementara satunya lagi mengikat uang Anda selama 10 tahun, tetapi menawarkan bunga lebih tinggi dengan risiko lebih minimal. Dalam kasus ini, biaya peluangnya adalah terkait likuiditas.

Biaya peluang yang Anda lewatkan adalah tidak dapat memperoleh uang Anda karena terikat di investasi lainnya.
Opportunity cost
ini riil adanya, tetapi tidak dapat dihitung dengan rumus biaya peluang.

Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama Modal Rakyat

Anda punya alternatif berinvestasi lain, yaitu di


P2P Lending


Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman


berikut ini.

————————
#Mengapa #saat #kita #melakukan #pilihan #dalam #memenuhi #kebutuhan #muncul #biaya #peluangopportunity #cost

Apa Yang Dimaksud Dengan Biaya Peluang Opportunity Cost

Source: https://alatmusiktradisional.com/mengapa-saat-kita-melakukan-pilihan-dalam-memenuhi-kebutuhan-muncul-biaya-peluang-opportunity-cost/

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …