Apa Yang Dimaksud Dengan Rumus Molekul

Apa Yang Dimaksud Dengan Rumus Molekul


Di materi Kimia Kelas 10 ini, kita bakal bahas rumus empiris dan rumus molekul. Kita juga akan melihat perbedaan rumus empiris dan rumus molekul. Ayo kita mulai pembahasannya!

Halo! Apa kabarnya elo pada? Kita sekarang kembali membahas materi tentang stoikiometri, dan kali ini, pembahasannya adalah rumus empiris dan molekul. Di kelas 10 ini, elo memang perlu banget untuk mantepin pemahaman dasar kimia. Kalau fondasinya oke, ke depannya gue yakin elo bakal enak untuk ngikutin pelajaran kimia.

Yuk, kita langsung cuss ke topik pembahasan!

Ilustrasi rumus kimia (Arsip Zenius).

Rumus Empiris

Apa itu rumus empiris?
Apa itu rumus empiris? (Arsip Zenius).

Jadi, setiap molekul kan terdiri dari atom-atom dan nilai yang menyusunnya. Nah, bisa dibilang, rumus empiris adalah rumus kimia buat ngegambarin perbandingan nilai bilangan bulat terkecil dari atom-atom yang menyusun suatu molekul.

Misalnya, nih, ada beberapa senyawa-senyawa berbeda, tapi punya rumus empiris yang sama. Coba lihat senyawa C2H4 (etena), C3H6 (propena), dan C5H10 (siklopentana), kalau dibandingin pake bilangan bulat paling sederhana antara atom C dan H pada senyawa-senyawa tersebut, bakal jadi 1:2. Jadinya, rumus empiris yang didapat adalah CH2.

Nah, jumlah atom-atom di suatu molekul itu kalau dibandingin, akan selalu setara dengan mol unsur-unsur yang ngebentuk suatu senyawa. Jadinya, bisa dibilang rumus empiris juga nyatain perbandingan bilangan bulat sederhana dari mol unsur-unsur pembentuk senyawa.

Sip, lanjut. Cara nentuin rumus molekul itu bisa dari data analisis yang kita pake:

  1. Macam unsur dalam senyawa (analisis kualitatif)
  2. Persen komposisi unsur (analisis kuantitatif)
Baca :   Jelaskan Perbedaan Antara Ilmu Ekonomi Mikro Dan Ilmu Ekonomi Makro

Kalau elo mau mulai nentuin rumus empiris, ada tahap-tahapnya, cuy.

  1. Tentuin dulu massa masing-masing unsur dari suatu senyawa, atau bisa juga dari persen massa setiap unsur. Massa relatif unsur, bisa diperoleh dari data ini.
  2. Mencari perbandingan mol setiap unsur atau perbandingan atom, dengan cara membagi massa masing-masing unsur dengan massa atom relatif.
  3. Terakhir, kita ubah perbandingannya jadi bilangan bulat sederhana. Misal, kalau perbandingannya 1,5:1, kaliin aja 2 buat dapetin bilangan bulat 3:2.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Bentuk Molekul Kimia

belajar materi pelajaran kimia di zenius

Rumus Molekul

Apa itu rumus molekul?
Apa itu rumus molekul? (Arsip Zenius).

Kalau dari pembahasan sebelumnya, elo bisa langsung bilang rumus molekul itu kelipatan-kelipatan dari rumus empiris. Jadinya, rumus molekul itu adalah rumus sebenarnya dari suatu senyawa.

Rumus molekul itu bisa dibagi dua, yaitu rumus molekul unsur dan rumus molekul senyawa. Kita bahas satu-satu, yuk!

1. Rumus Molekul Unsur

Rumus molekul unsur ini adalah rumus yang nyatain gabungan atom-atom yang sama, lalu jadi molekul. Kalau dari jumlah atom yang bergabung, molekul unsur ini dibagi jadi dua, yaitu molekul diatomik dan poliatomik.

Simpelnya, molekul diatomik itu adalah molekul yang terbentuk dari dua atom yang sama. Nah, jumlah atomnya itu dinyatain dengan angka indeks. Kalau elo belum tau, indeks itu adalah angka yang ditulis di bawah atom yang bersangkutan. Kalau unsurnya cuma ada satu atom, nggak perlu ditulis indeksnya, ya! Contoh dari molekul diatomik itu, kayak oksigen (O2), nitrogen (N2), dan hidrogen (H2).

Kalau molekul poliatomik itu, sederhananya adalah molekul yang terdiri dari tiga atom atau lebih yang terbentuk jadi molekul. Contohnya: ozon (O3).

2. Rumus Molekul Senyawa

Oke, rumus molekul senyawa itu adalah rumus senyawa yang tersusun dari dua atom atau lebih yang berbeda dan membentuk molekul. Contohnya: karbon dioksida (CO2). Jadi, untuk nentuin rumus molekul, elo butuh rumus empirisnya terlebih dahulu, cuy!

Baca :   Penyelesaian Dari 3x 10 6x 8 Adalah

Sip! Di bawah ini, udah ada soal-soal yang bisa langsung elo sikat, buat nambahin pemahaman elo tentang materi ini.

Baca Juga:
Tata Nama Senyawa Kimia, Ionik dan Kovalen – Materi Kimia Kelas 10

Sebelum kita lanjut ke contoh soal, gue pingin ngingetin nih. Kalau Sobat Zenius lagi butuh teman setia yang siap nemenin elo belajar, elo bisa berlangganan paket belajar Zenius lho. Klik gambar di bawah ini ya, dijamin belajar elo juga bakal makin seru!

SKU-BELI-PAKET-BLJR

Contoh Soal

  1. Perbandingan C : H dari senyawa C6H12
    adalah…

a. 6 : 12

b. 3 : 6

c. 1 : 2

d. 3 : 4

e. 2 : 3

2.

Perbandingan unsur C, H, dan O dalam senyawa C6H5OH
berturut-turut adalah…

a. 1 : 2 : 3

b. 3 : 2 : 1

c. 6 : 6 : 1

d. 1 : 6 : 6

e. 6 : 5 : 1

Pembahasan

  1. Jumlah atom pada masing-masing unsur dibandingkan lalu disederhanakan.

C : H

6 : 12 (dibagi dengan 6)

1 : 2 (perbandingan paling sederhana)

Jawaban: c

2. Perhatikan jumlah atom dari masing-masing unsur. C ada 6, H ada 6, dan O ada 1, jadi perbandingan ke angka yang paling sederhana, yaitu:

C : H : O

6 : 6 : 1

Jawaban: c

***

Okay! Kayaknya segitu aja dari gue di artikel ini. Apa sekarang elo udah ngerti tentang rumus empiris dan rumus molekul? Elo bisa cari tahu lebih banyak lagi di Zenius. Bukan cuma Kimia, materi Biologi, Sejarah, Matematika, semuanya udah lengkap dan elo bisa akses video belajar Zenius di sini secara GRATIS pake akun yang udah didaftarin di website atau lewat aplikasi Zenius. Selamat belajar!

Baca Juga:
5 Contoh Model Atom dan Ciri-Cirinya – Materi Kimia Kelas 10

Apa Yang Dimaksud Dengan Rumus Molekul

Source: https://www.zenius.net/blog/rumus-empiris-molekul

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …