Apakah Membran Sel Dan Membran Plasma Sama

Apakah Membran Sel Dan Membran Plasma Sama

Jelaskan Komponen Penyusun Membran Sel
– Sel eukariotik adalah sel yang memiliki inti (nukleus yang dikelilingi oleh membran). Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan apa itu sel, serta struktur dan karakteristik sel prokariotik. Baiklah Otakers… pada artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana sel eukariotik dibangun dan bekerja. Berikut penjelasannya.

Sel eukariotik memiliki membran inti dan sistem endomembran, umumnya sel eukariotik ini berukuran lebih besar dan lebih kompleks daripada sel prokariotik. Sel eukariotik ini ditemukan pada organisme multiseluler (kerajaan Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia). Sel eukariotik dicirikan oleh membran dalam dan sitoskeleton yang kuat. Sel eukariotik juga memiliki ciri-ciri sel dengan struktur kompleks dengan membran nukleus yang memisahkan nukleus atau nukleus dari sitoplasma.

Jelaskan Komponen Penyusun Membran Sel

Sel eukariotik mengandung organel lain selain nukleus. Organel adalah struktur dalam sitoplasma yang melakukan tugas tertentu di dalam sel. Selain itu, sel eukariotik juga memiliki organel seperti retikulum endoplasma, kompleks Golgi, mitokondria, dan lisosom. Tahukah Anda bahwa organel khas dari hampir semua eukariota adalah mitokondria, yang dikenal sebagai pembangkit tenaga sel? Kehadiran mitokondria dalam sel eukariotik memberikan petunjuk tentang asal usul sel eukariotik.

Course: Biologi Sel

Struktur sel eukariotik meliputi membran sel, sitoplasma, nukleus, retikulum endoplasma, ribosom, kompleks Golgi, lisosom, mikrobodi, mitokondria, kloroplas, sentriol, mikrotubulus.

Membran sel adalah batas antara lingkungan luar dan bagian dalam sel. Membran sel merupakan membran selektif permeabel, artinya hanya molekul tertentu seperti glukosa, asam amino, gliserol dan berbagai ion yang dapat melewatinya. Membran sel (membran plasma) terdiri dari molekul lemak (2 lapisan; terletak di tengah membran) dan protein yang terdiri dari protein perifer (protein perifer) dan protein integral. Protein perifer membentuk tepi luar dan dalam membran. Protein terintegrasi menembus dua lapisan lemak. Ketebalan membran plasma adalah antara 5 dan 10 nm. Fungsi membran sel adalah sebagai berikut.

Sitoplasma adalah bagian yang mengisi ruang antara nukleus dan membran plasma, yang terdiri dari sitosol, sitoskeleton, organel, dan bahan penyimpan. Sitoplasma padat terdiri dari organel-organel yaitu ribosom, mitokondria, dan kompleks Golgi. Padatan sitoplasma bervariasi dalam sifat fisik karena mengandung protein, dan dapat berupa fase sol (cair) atau gel (padat) tergantung pada kondisi seluler. Cairan sitoplasma disebut sitosol, dan cairan dapat dibagi menjadi 3 jenis: larutan, koloid dan suspensi. Jika ukuran zat terlarut 0,1 mm disebut suspensi. Berikut ini adalah fungsi dari sitoplasma.

Baca :   Gambar Di Atas Merupakan Contoh Dari

Nukleus adalah otak sel, atau nukleus disebut sebagai organel terbesar sel karena di situlah semua aktivitas seluler diatur. Nukleus terletak di tengah sel dan berbentuk bulat atau lonjong. Organel ini mengandung sebagian besar materi genetik sel dalam bentuk molekul DNA linier panjang yang membentuk kromosom. Nukleus terdiri dari tiga bagian, yaitu membran nukleus (membran ini), yang merupakan bagian terluar, sebagai tempat pemisahan dan pertukaran molekul dengan sitoplasma, nukleoplasma (matriks nukleus), yang merupakan inti cair di dalam nukleus, yang mengandung banyak zat kimia kompleks. senyawa dan nukleolus (nukleus anak), yang merupakan bagian terbesar dari nukleus Ini membentuk ribosom. Di bawah ini adalah beberapa fungsi nukleus pada sel eukariotik.

Ejercicio De Lkpd El 1 Komponen Penyusun Sistem Peredaran Darah

Retikulum endoplasma adalah bagian seperti jaring yang berpusat pada endoplasma (sitoplasma bagian dalam). Retikulum endoplasma terdiri dari dua jenis, yaitu RE kasar yang menghadap ke sitoplasma dan terikat pada ribosom (terlihat seperti nodul2), dan RE halus yang merupakan bagian dari retikulum endoplasma yang tidak terikat pada ribosom. Di bawah ini adalah fungsi retikulum endoplasma (ER) yang perlu diketahui.

Ribosom terdiri dari RNA ribosom (rRNA) dan protein. Ribosom tidak memiliki membran. Ribosom terletak bebas di sitoplasma, dan sebagian menempel pada bagian luar retikulum endoplasma kasar. Komponen utama ribosom adalah protein dan RNA. Ribosom terdiri dari unit besar dan unit kecil, yang masing-masing berbentuk bulat dan digabungkan untuk membentuk angka delapan. Ribosom mensintesis protein, sedangkan ribosom sendiri disintesis oleh nukleus.

Kompleks Golgi, juga dikenal sebagai badan Golgi atau aparatus Golgi, adalah komponen seluler besar yang terletak di dekat retikulum endoplasma. Kompleks golgi ditemukan di hampir semua sel tumbuhan dan hewan, tetapi dalam sel tumbuhan organel ini disebut diktiosom. Kompleks Golgi terdiri dari kumpulan membran seperti piringan datar yang memperoleh materinya dari retikulum endoplasma. Kompleks Golgi adalah organel polimorfik yang terdiri dari membran berbentuk kantung pipih berbentuk pembuluh, gelembung kecil atau formasi seperti cangkir. Di bawah ini adalah fungsi kompleks Golgi.

Jelaskan Komponen Penyusun Membran Sel

Lisosom adalah organel berbentuk gelembung bulat dengan diameter 0,1-1,2 mikrometer yang menyimpan enzim hidrolitik seperti protease, lipase, nuklease, fosfatase, dan enzim pencernaan lainnya. Lisosom bertanggung jawab untuk memisahkan atau memecah komponen seluler ketika tidak lagi dibutuhkan atau rusak atau untuk didaur ulang. Ini adalah bagian normal dari pembaruan dan pemeliharaan. Lisosom melakukan pencernaan intraseluler, autophagy, eksositosis, autolisis dan penghancuran senyawa karsinogenik.

Baca :   Contoh Soal Multiple Choice Dan Jawabannya

Mengenal Struktur Bakteri, Dari Kapsul Sampai Plasmid

Badan mikro hampir seperti lisosom, agak bulat, dikelilingi oleh membran tunggal, dan mengandung enzim katalase dan oksidase. Disebut badan mikro karena ukurannya yang kecil, hanya berdiameter 0,3-1,5 mikrometer. Struktur sel eukariotik dari tubuh mikro terdiri dari peroksisom dan glioksisom.

Peroksisom terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan. Selain tugas memecah hidrogen peroksida, peroksisom juga penting dalam proses penyerapan cahaya dan proses respirasi tanaman. Glioksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan, terutama pada jaringan adiposa seperti granula lemak Glioksisom berperan dalam metabolisme asam lemak, yaitu mengubah lemak menjadi gula. Proses metabolisme lemak menghasilkan enzim yang diperlukan untuk perkecambahan biji.

Mitokondria adalah penghasil energi sel eukariotik. Mitokondria berlimpah dalam sel yang membutuhkan energi, seperti hati, otot, dan saraf. Mitokondria berbentuk elips seperti batang dan ditemukan dalam sel eukariotik aerobik. Mitokondria terdiri dari krista (perpanjangan membran dalam) dan matriks mitokondria (ruang dalam yang kaya akan enzim sitokrom, DNA, RNA, dan protein). Fungsi utama mitokondria adalah untuk melakukan respirasi sel untuk produksi energi. Selain itu, mitokondria memiliki DNA sendiri untuk mengkode sintesis protein tertentu. Mitokondria melakukan pengoksidasi makanan (C6H12O6 + O2 —> CO2 + H2O dan energi), dehidrogenasi dan fungsi transfer elektron.

Kloroplas hanya ditemukan pada sel tumbuhan dan alga. Pada tumbuhan, biasanya berbentuk cakram dengan diameter 5-8 m dan ketebalan 2-4 m. Kloroplas mengandung klorofil (pigmen fotosintesis) dan stroma. Klorofil (bahan daun hijau) berperan dalam menangkap sinar matahari, yang diubah menjadi energi kimia. Sedangkan stroma adalah cairan kaya protein yang terdapat pada membran dalam kloroplas. Kloroplas dibatasi oleh membran ganda, dan kloroplas berfungsi sebagai tempat fotosintesis.

Membran Plasma: Pengertian, Fungsi, Ciri Ciri Hingga Strukturnya

Sentriol adalah organel silindris yang hanya ditemukan pada sel hewan. Sentriol terdiri dari lapisan silinder tunggal yang mengandung sembilan mikrotubulus. Sel hewan dan beberapa mikroorganisme, serta tumbuhan tingkat rendah, mengandung dua sentriol dalam sitoplasma. Sentriol terletak di dekat permukaan luar nukleus dan berperan dalam menentukan arah proses pembelahan sel.

Mikrotubulus adalah rantai protein yang membentuk heliks. Spiral ini membentuk tabung berlubang dengan panjang maksimum 2,5 mm dan diameter 25 nm. Mikrotubulus pada gelendong sel adalah serat gelendong yang menghubungkan dua kutub sel selama pembelahan. Mikrotubulus membentuk sentriol, flagela, dan silia, atau umumnya mikrotubulus ini bertindak sebagai gerakan dalam sel.

Baiklah Otakers.. demikianlah penjelasan kami tentang sel eukariotik, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain. Salam dari Sabang sampai Merauke.

Baca :   Apa Yang Dimaksud Dengan Resultan Gaya

Jelaskan Komponen Penyusun Membran Sel

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik tabel perbedaan sel prokariotik dan eukariotik tabel perbedaan sel prokariotik dan eukariotik gambar sel prokariotik dan eukariotik tabel perbedaan sel prokariotik dan eukariotik perbedaan sel prokariotik dan eukariotik perbedaan sel prokariotik dan eukariotik perbedaan sel prokariotik dan eukariotik pdf perbedaan sel eukariotik antara sel baik pdf sel tumbuhan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik terletak pada contoh sel prokariotik dan eukariotik. persamaan sel prokariotik dan eukariotik sel eukariotik sel prokariotik dan sel eukariotik struktur sel prokariotik sel eukariotik definisi sel prokariotik perbedaan sel prokariotik dan prokariotik contoh sel prokariotik sel eukariotik struktur sel prokariotik struktur sel eukariotik yang termasuk sistem endomembran sel tumbuhan tumbuhan gambar sel eukariotik sel eukariotik tumbuhan sel eukariotik sel eukariotik dan prokariotik perbedaan antara sel eukariotik Sel dan sistem endomembran adalah seperangkat membran yang membentuk unit fungsional dan perkembangan individu, atau langsung terhubung satu sama lain, atau pertukaran bahan melalui vesikel mengangkut. Sistem endomembran terdiri dari berbagai membran tersuspensi dalam sitoplasma sel eukariotik.

Sebutkan Komponen Komponen Ekosistem Dan Berikan Contohnya!ada Di Atas

Berbagai membran dalam sel eukariotik adalah bagian dari sistem endomembran. Membran ini dihubungkan dengan kontak fisik langsung atau transfer antar segmen membran dalam bentuk vesikel kecil (gelembung berselubung membran). Sistem endomembran meliputi selubung nukleus, retikulum endoplasma, badan Golgi, lisosom, berbagai jenis vakuola, dan membran plasma.

Sistem ini memiliki banyak fungsi, termasuk sintesis dan modifikasi protein, pengangkutan protein ke dalam membran dan organel atau di luar sel, sintesis bibir, dan netralisasi beberapa racun.

Retikulum endoplasma adalah perpanjangan dari selubung nukleus yang terdiri dari jaringan saluran membran yang saling berhubungan dan vesikel (retikulum = “jaring kecil”). Semua sel eukariotik mengandung RE. Organel-organel ini bukanlah organel yang statis dan mudah dikenali, tetapi merupakan komponen dari sistem yang dinamis. Ini terdiri dari sistem membran yang mengelilingi kompartemen yang lumennya terpisah dari lingkungan sitosol.

Retikulum endoplasma kasar disebut demikian karena permukaannya ditutupi dengan banyak ribosom. Ribosom yang mulai mensintesis protein untuk tujuan tertentu, seperti organel atau membran tertentu, terikat pada retikulum endoplasma kasar. Protein yang terbentuk memasuki retikulum endoplasma, yang disebut lumen.

Apa Saja Komponen Utama Penyusun Sel Makhluk Hidup? Ini Jawabannya

Di dalam lumen, protein ini dilipat dan dimodifikasi, misalnya dengan penambahan karbohidrat untuk membentuk glikoprotein. Protein kemudian diangkut ke bagian lain dari sel di dalam sel

Apakah Membran Sel Dan Membran Plasma Sama

Source: https://tanyajawab.blog/jelaskan-komponen-penyusun-membran-sel/1013903.html

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …