Arti Lafal Yang Bergaris Bawah Adalah

Arti Lafal Yang Bergaris Bawah Adalah.

Foto: Aldi/Islampos

PRIA muslim harus tahu bahwa shalat berjamaah punya pahala nan berlapis daripada shalat sendirian. Oleh karena itu, dengan banyaknya pahala yang akan didapat, sudah lalu seharusnya tidak terserah lagi alasan bagi adam muslim shalat sendirian di rumah.

Dari ‘Abdullah polong ‘Umar, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersuara,

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat jamaah kian terdepan daripada shalat sendirian sebanyak 27 derajat.”

BACA JUGA: Shalat Berombongan, Terbebas semenjak Neraka dan Sifat Munafik

Dari Abuk Sa’id Al Khudri, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berfirman,

الصَّلاَةُ فِى جَمَاعَةٍ تَعْدِلُ خَمْسًا وَعِشْرِينَ صَلاَةً فَإِذَا صَلاَّهَا فِى فَلاَةٍ فَأَتَمَّ رُكُوعَهَا وَسُجُودَهَا بَلَغَتْ خَمْسِينَ صَلاَةً

“Shalat jama’ah itu senilai dengan 25 shalat. Jika seseorang mengerjakan shalat ketika kamu bersafar, lalu engkau menetapi ruku’ dan sujudnya, maka shalatnya tersebut bisa mencapai pahala 50 shalat.”

Bani Baththol rahimahullah mengatakan, “kadang keutamaan shalat jama’ah disebutkan sebanyak 27 derajat, kadang sekali lagi disebut 25 kelihatannya bekuk, dan kadang sekali lagi disebut 25 bagian. Ini semua menunjukkan berlipatnya pahala shalat jama’ah dibanding dengan shalat sorangan dengan kelipatan sebagai halnya yang disebutkan.”

BACA JUGA: Cucu adam Baik yang Tidak Shalat

Dengan penjelasan di atas, maka siapapun pria muslim yang enggan shalat berjamaah maka dia sedang mengalami kemalangan yang besar. []

Sumur: RUMAYSHO

Shalat Berjamaah pahalanya berapa derajat

Muslim menjalankan shalat berjemaah. (Foto: AFP)

Kastolani
Kamis, 06 Agustus 2020 – 16:06:00 WIB

JAKARTA, iNews.id
– Shalat yakni damai Islam kedua yang wajib dilaksanakan tiap Muslim nan sudah lalu taruna. Mendirikan shalat sekali lagi berarti menegakan agama Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

الصَّلاةُ عِمادُ الدِّينِ ، مَنْ أقَامَها فَقدْ أقَامَ الدِّينَ ، وَمنْ هَدمَها فَقَد هَدَمَ الدِّينَ

“Sholat Adalah Tiang Agama, barangsiapa yang menegakkannya, maka ia telah menegakkan agamanya dan barangsiapa yang merobohkannya, berarti anda telah merobohkan agamanya”.

Baca :   Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid

Shalat juga menjadi benteng sendiri Muslim dari perbuatan brutal dan mungkar.

Dalam Alquran, Almalik SWT berfirman:

BACA JUGA:

Neraka Saqar Tempat Lakukan Orang yang Tidak Mengerjakan Shalat

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-ragam) virulen dan mungkar. Dan selayaknya mengingat Halikuljabbar (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Tuhan mengarifi apa yang beliau untuk. (QS. Pertinggal An Nisa: 102)

Shalat bisa dilakukan berjemaah maupun seorang. Namun, paling terdepan adalah dikerjakan secara berjemaah.

Shalat jamaah bisa didirikan paling sedikit maka itu dua orang: seorang imam dan seorang makmum. Hukum mengerjakan shalat berkumpulan dalam shalat lima waktu merupakan fardhu kifaayah bagi makhluk Muslim junjungan-laki, mukim, merdeka dan tidak suka-suka udzur.

Dengan demikian takdirnya kerumahtanggaan satu desa tak terserah yang mengerjakan shalat berjamaah sekelas sekali, maka semua warga desa tersebut berdosa.

Seseorang masih dianggap mengimak jamaah selagi imamnya masih belum melafalkan miim-nya lafal: عَلَيْكُمْ dalam salam pertama, meskipun makmum tidak sempat duduk bersama duduk tasyahud-nya pater.


Shalat berjemaah selain andai simbol kesempurnaan umat Islam, lagi mendinginkan sekat perbedaan dan menjadi pemersatu serta memperkukuh pergaulan korespondensi sesama Orang islam.

Berikut keutamaan shalat beramai-ramai dikutip iNews.id berpangkal Kitab Tanqihul Qoul atau Lubabul Hadits karya Imam Suyuti, bab ke-9 keutamaan sholat berjama’ah:

1. Berpahala 27 Derajat

Karena itu, Tidak heran seandainya shalat yang terjamah dengan berjamaah n kepunyaan pahala yang jauh lebih raksasa dibanding shalat sendirian. Rasulullah saw bertutur:

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَلاَةُ الجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَة الفَذِّ بِسَبْعٍ وعِشْرِينَ دَرَجَةً}.

Baca :   Jenis Batuan Yang Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

Artinya: Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian dengan selisih 27 derajat. (HR. al-Bukhari)

2. Pahala 25 Shalatan

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال: {أوصاني حبيبي رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم فقال لي: “يا أبَا هُرَيْرَةَ صَلِّ الصَّلاَةَ مَعَ الجَمَاعَةِ وَلَوْ كُنْتَ جَالِسا، فإنَّ الله تَعَالَى يُعْطِيكَ بِكُلِّ صَلاةٍ مَعَ الجَمَاعَة ثَوَابَ خَمْسٍ وَعِشْرين صَلاةً في غَيْرَ الجَمَاعَةِ”}.

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berujar bahwa Rasulullah SAW berwasiat kepadaku, lalu Nabi SAW bersabda : “Wahai Abu Hurairah, shalatlah berjama’ah walaupun sambil duduk karena Sang pencipta ta’ala mengasihkan kpdmu dalam setiap shalat jama’ah pahala 25 sholatan di selain sholat tanpa jama’ah”.

3. Bisa Perawatan semenjak Jago merah Neraka

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى صَلاَةَ الصُّبْحِ في الجَمَاعَةِ ثُمَّ جَلَسَ يَذْكُرُ الله تَعَالَى حَتَّى تَطْلعَ الشَّمْسُ كَانَ لَهُ سِتْرٌ مِنَ النَّارِ وَبَرِىءَ مِنَ النَّارِ}.

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang mana tahu berkumpulan sholat shubuh kemudian duduk seranya mengingat Allah ta’ala hingga matahari berasal maka hal tersebut merupakan perlindungan dan pembebasan dari api neraka”.

4. Pahala Berkelebek

وقال صلى الله عليه وسلم {صَلاَةُ الرَّجُلِ في جَمَاعَةٍ تَزِيدُ عَلَى صَلاَتِهِ وَحْده خَمْسا وَعِشْرينَ دَرَجَةً، فَإذَا صَلاَّها بِأَرْضٍ فُلاةٍ فَأَتَمَّ وُضُوءَهَا وَرُكُوعَهَا وَسُجُودَهَا بَلَغَتْ صَلاتُهُ خَمْسِينَ دَرَجَةً}.

Utusan tuhan SAW bersabda : “Shalat seorang laki-laki seranya berjamaah melebihi shalatnya sendirian sebanyak 25 derajat. Apabila ia mengerjakannya di kapling tandus dan menyempurnakan niat wudhu, rukuk dan sujudnya maka sholatnya mencapai 50 derajat.”.

5. Bebas dari Sifat Munafik dan Api Neraka

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ أدْرَكَ الجَماعَة أرْبَعِينَ يَوْما كَتَبَ الله لَهُ بَرَاءَةً مِنَ النَّارِ وَبَرَاءَةً مِنَ النِّفَاقِ}.

Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa shalat berkumpulan 40 hari maka Tuhan ta’ala menetapkannya adil dari jago merah neraka dan bebas semenjak sifat munafik”.

Baca :   Bentuk Latihan Yang Dapat Mengencangkan Otot Lengan Kecuali

6. Masuk Taman firdaus Tanpa Hisab

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى البرْدَيْنِ في الجَمَاعَةِ دَخَلَ الجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ}.

Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa beramai-ramai sholat subuh dan ‘asar maka dia akan masuk surga tanpa hisab”.

7. Lebih Baik semenjak Seisi Manjapada

وقال صلى الله عليه وسلم: {صَلاَةُ الجَمَاعَةِ رَحْمَةٌ وَهِيَ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيها وَالجَمَاعَةُ رَحْمَةٌ والفرْقَةُ عَذَابٌ}.

Nabi SAW mengomong : “Shalat jama`ah itu rahmat dan bertambah baik tinimbang mayapada seisinya. Berjama`ah itu hidayah dan perpecahan itu azab”.

Wallahu A’lam.

Perigi: Adverbia Ibni Katsir, Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB (PISS-KTB).

Editor : Kastolani Marzuki

Shalat Berjamaah pahalanya berapa derajat


tolong kak artikan plissss jangan manasuka jawab ya​


Puas konflik yang terjadi antara umat Islam, Golongan Syiah kelompok yang adalah mendukung…..​


Lafal yg bergaris bawah pada ayat trsbt termasuk hukum bacaan?​


5. Apakah yang disebut air mutlak? Jawab:​


2. Perhatikan ayat berikut ini! ان المبذرين كانوا إخوان الشيطينة وكان الشيطن ربہ کفورا ©​


Lafal yang bergaris bawah pada ayat trbt tersurat hukum wacana?​


naskah istiqomah 7 orang​


Segala apa hikmah nan dapat diambil dari sikap produktif ?​


artikan ayat menurut kemustajaban perkata ( mufradad ) dan merangkainya menjadi terjemah secara utuh​


19. pak Hasan adalah keseleo suatu sida-sida di sebuah perusahaan penasihat perusahaan pemerintah teko semua staf dan karyawan bagi mengenakan busana bati …

k di hari Rabu untuk melestarikan budaya Indonesia walaupun merasa tidak nyaman pak Hasan melaksanakan sifat yang mutakadim ditetapkan oleh perusahaannya sikap yang ditunjukkan pak Hasan sesuai dengan perintah dalam surah…A. az-Zumar ayat 53B. an-Nisa ayat 50C. al-Maidah ayat 48D. al-Maidah ayat 2PLISSSS BANTUIN JAWAB​

Video yang berhubungan

Arti Lafal Yang Bergaris Bawah Adalah

Source: https://apacode.com/shalat-berjamaah-pahalanya-berapa-derajat

Check Also

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat. Mas Pur Follow Seorang freelance nan suka membagikan pengetahuan, …