Bagaimana Cara Menemukan Ide Pokok Pada Sebuah Bacaan

Bagaimana Cara Menemukan Ide Pokok Pada Sebuah Bacaan



Cara menentukan ide pokok bacaan dalam sebuah paragraf atau keseluruhan bacaan merupakan cara yang diinginkan untuk mengetahui pembahasan bacaan. Sebuah bacaan selalu memiliki pesan yang ingin disampaikan penulis. Entah itu pesan untuk menghibur, memberikan informasi, atau jenis pesan lain. Sebuah bacaan yang bagus dibangun dari ide pokok atau gagasan pokok. Kemudian dikembangkan sehingga menjadi paragraf dan bacaan yang padu. Dalam ujian Bahasa Indonesia, topik menentukan ide pokok bacaan cukup sering muncul. Bagaimana cara menentukan ide pokok bacaan? Melalui halaman ini, sobat akan belajar bagaimana cara menentukan ide pokok bacaan. Sebuah bacaan akan terdiri dari beberapa paragraf yang memiliki kalimat utama dan kalimat penjelas.  Fungsi kalimat utama adalah memberikan gambaran secara ringkas dari inti bacaan yang diberikan. Sedangkan fungsi penjelas adalah memberikan keterangan pendukung yang mendukung kalimat utama.






Ide pokok memiliki hubungan yang cukup erat dengan kalimat utama. Letak kalimat utama tidak selalu berada di awal. Posisi kalimat utama bisa di awal, tengah, atau di akhir. Sehingga, mengetahui kalimat utama dari paragraf yang diberikan akan membantu sobat dalam menentukan ide pokok bacaan. Melalui halaman ini, sobat akan membahas
cara menentukan ide pokok
. Bahasan meliputi pengertian ide pokok, langkah – langkah menentukan ide pokok, ciri – ciri ide pokok, dan contoh soal cara menentukan ide pokok. Simak ulasan lebih jelasnya melalui ulasan – ulasan berikut.



Pengertian Ide Pokok



Ide pokok merupakan ide atau gagasan yang membangun suatu bacaan. Dalam ide pokok terdapat masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf. Melalui ide pokok akan tergambar intisari dari bacaan yang diberikan.



Pengertian Ide Pokok


Ide pokok suatu bacaan dapat disampaikan secaratersurat maupuntersirat. Untuk ide pokok yang disampaikan secara tersurat, isi ide pokok terdapat pada bacaan dengan disampaikan secara langsung. Sedangkan untuk ide pokok yang disampaikan secara tersirat, isi ide pokok bacaan tidak disampaikan secara langsung. Melainkan melalui kalimat – kalimat yang menyinggung ide pokok. Cara mendapatkan ide pokok bacaan yang disampaikan secara tersirat, sobat perlu memahami bacaan kemudian menyimpulkan ide pokok bacaan.

Baca :   Contoh Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2



Langkah – Langkah Menentukan Ide Pokok



Cara menentukan ide pokok bacaan akan mudah untuk dengan mengikuti langkah – langkah menentukan ide pokok. Ada beberapa langkah yang dapat digunakan untuk
menentukan
ide pokok bacaan

. Berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat digunakan untuk menentukan ide pokok.



Baca Juga :



Jenis-jenis Konjungsi dan Fungsinya



Pengertian dan jenis-jenis Paragraf


Langkah – langkah menemukan ide pokok dalam suatu bacaan:


  1. Membaca teks bacaan dengan seksama, intensif, dan cermat isi paragraf.

  2. Mencari kalimat utama dari bacaan yang diberikan.

  3. Mengubah kalimat utama tersebut menjadi kalimat yang lebih kompleks.

  4. Tandai informasi penting yang sesuai dengan bahasan pada kalimat utama pada bacaan.

  5. Baca kembali bacaan dengan teliti sampai kamu menemukan ide pokok bacaan.



Ciri – Ciri Ide Pokok



Ide pokok dapat dikenali melalui ciri – ciri ide pokok. Dengan menggunakan ciri – ciri ide pokok dari suatu bacaan juga akan memudahkan sobatdalam menentukan ide pokok bacaan. Sehingga, mengetahui ciri – ciri ide pokok bacaan akan membantu dalam mengetahui
cara menentukan
ide pokok bacaan

.



Ciri-ciri Ide Pokok:


  1. Kalimat berupa pikiran utama atau gagasan utama.

  2. Mengandung pokok persoalan atau inti persoalan.

  3. Dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama atau kalimat topik.

  4. Ide pokok dituangkan dalam satu kalimat dan kalimat tersebut disebut juga kalimat utama.

  5. Biasanya kalimat utama dapat diidentifikasi dengan mudah


Letak ide pokok dapat berada di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), awal dan akhir paragraf (deduktif – induktif), dan menyebar di seluruh kalimat (paragraf narasi dan deskripsi). Selain mengetahui langkah – langkah dan ciri – ciri menentukan ide pokok, perlu juga keterampilan membaca dengan baik agar mempunyai kemampuan cara menentukan ide pokok bacaan dengan baik dan tepat. Dengan banya berlatih, nantinya sobat akan dapat menguasai cara menentukan ide pokok bacaan secara baik dan cepat.


Berikut ini akan diberikan beberapa soal yang dapat digunakan sebagai latihan menentukan ide pokok bacaan. Simak
contoh soal menentukan ide pokok
 dan cara menentukan ide pokok berikut.



Contoh Soal Menentukan Ide Pokok



Soal menentukan ide pokok sering keluar, mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, bahkan sampai tingkat umum. Perbedaan soal menentukan ide pokok untuk berbagai tingkat terletak pada bacaan yang diberikan. Untuk tingkat sekolah dasar, bacaan yang diberikan cukup sederhana. Bacaan yang lebih kompleks akan digunakan untuk tingkat sekolah yang lebih tinggi.

Baca :   Contoh Negara Maju Dan Negara Berkembang


Pada contoh soal menentukan ide pokok yang akan diberikan di bawah, terdapat beberapa bacaan. Setiap bacaan yang diberikan mempunyai ide pokoknya masing – masing.


Ujilah kemampuan sobat  dalam memahami materi terkait ide pokok melalui contoh soal menentukan ide pokok berikut.



Contoh 1: Soal Menentukan Ide Pokok – SD/MI/Sederajat



Salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup adalah dengan menanam pohon. Penanaman pohon dapat dilakukan di setiap jengkal tanah kosong. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan ruang terbuka hijau. Banyaknya pohon diharapkan meningkatkan kualitas kebersihan udara.


Kesimpulan paragraf tersebut adalah ….


A.       Menjaga kelestarian lingkungan dengan penanaman pohon untuk meningkatkan kualitas udara.


B.       Menjaga lahan hijau dengan menanam banyak pohon di setiap jengkal ruang kosong.


C.       Upaya penanaman banyak pohon hijau untuk ruang terbuka di setiap jengkal tanah.


D.       Usaha menciptakan kualitas udara yang lebih bersih dengan sejengkal tanah.



Pembahasan:


Kalimat utama pada bacaan pada soal adalahBanyaknya pohon diharapkan meningkatkan kualitas kebersihan udara. Kesimpulan paragraf untuk bacaan pada soal memiliki inti yang sama dengan kalimat utamanya. Sehingga, kesimpulan paragraf tersebut adalahMenjaga kelestarian lingkungan dengan penanaman pohon untuk meningkatkan kualitas udara.


Jawaban: A



Contoh 2: Soal Menentukan Ide Pokok – SMP/MTs/Sederajat



Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI pun mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI mempelajari berdasarkan hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.


Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….


A.       Pemprov DKI mempelajari evaluasi banjir


B.       Persiapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta


C.       Pemprov DKI langganan banjir setiap tahun


D.       Antisipasi Pemprov DKI terhadap banjir

Baca :   Nama Lain Dari Tema Dalam Teks Cerita Sejarah Adalah



Pembahasan:


Bacaan yang diberikan pada soal membahas tentang upaya yang dilakukan dalam mencegah banjir oleh Pemprov DKI. Upaya yang dilakukan telah disebutkan dalam bacaan yang meliputi normalisasi waduk, simulasi penyaluran logistik, dan mempelajari hasil evaluasi musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.


Sehingga, gagasan utama yang tepat untuk bacaan yang diberikan pada soal di atas adalahAntisipasi Pemprov DKI terhadap banjir.


Jawaban: D



Contoh 3: Soal Menentukan Ide Pokok – SMA/MA/Sederajat



Wilayah Barat Daya China mengalami musibah tanah longsir. Laporan yang ditulis dalam situs pemerintah lokal menyebutkan tanah longsor itu telah mengubur setidaknya enam belas rumah di Desa Gaopo, Provinsi Yunnan. Satu dari enam belas rumah tersebut mengubur hidup – hidup satu keluarga yang sedang berkumpul di rumah. Musibah tanah longsor di desa tersebut membawa ratusan ribu meter kubik lumpur. Hal itu, tentu membuat tim SAR kesulitan untuk melakukan evaluasi korban.


Ide pokok paragraf tersebut adalah …. (UN 2015)


A.       Situasi pemerintahan China


B.       Kesulitan mengevakuasi korban


C.       China dan tim SAR-nya


D.       Kejadian yang tak terduga


E.       Musibah longsor di China



Pembahasan:


Bahasan utama dari bacaan yang diberikan adalahtanah longsor, kondisi ini dapat terlihat dari penyebutan tanah longsor pada beberapa kalimat.


Perhatikan kalima – kalimat berikut.


  1. Wilayah Barat Daya China mengalami musibah
    tanah longsor
    .


  2. Laporan yang ditulis dalam situs pemerintah lokal menyebutkan
    tanah longsor
     itu telah mengubur setidaknya enam belas rumah di Desa Gaopo, Provinsi Yunnan.


  3. Satu dari enam belas rumah tersebut mengubur hidup – hidup satu keluarga yang sedang berkumpul di rumah.

  4. Musibah
    tanah longsor
     di desa tersebut membawa ratusan ribu meter kubiklumpur.


  5. Halitu (kata itu merujuk pada kejadian tanah longsor), tentu membuat tim SAR kesulitan untuk melakukan evaluasi korban.


Dengan demikian, ide pokok yang tepat untuk paragraf yang diberikan pada soal adalahMusibah longsor di China


Jawaban: E


Sekian ulasan
cara menentukan ide pokok
 yang meliputi bahasan pengertian ide pokok, langkah – langkah menentukan ide pokok, ciri – ciri ide pokok, dan contoh soal menentukan ide pokok. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Cara Menemukan Ide Pokok Pada Sebuah Bacaan

Source: https://www.utakatikotak.com/Cara-CEPAT-Menentukan-Ide-Pokok-Bacaan/kongkow/detail/15042

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …