Bagaimana Tata Busana Pada Tari Merak

Bagaimana Tata Busana Pada Tari Merak.

Suara.com –
Tari merak ialah ikon disko kreasi nan berasal berpunca Jawa Barat. Bagaimana sejarah setakat kostum yang dipakai penari tari merak?

Persuasi tari merak ini diadaptasi dari gerak-gerik burung merak jantan dengan pesona rambut-surai ekornya yang cantik saat memujuk merak lebah ratulebah. Biasanya joget ini dijadikan hiburan maupun penampikan kepada petandang di acara besar.

Sejarah Tari Merak

Pertama kalinya, tari merak diangkat ke pentas oleh seniman Sunda bernama Raden TjeTje Somantri sekitar periode 1950. Memang dari sekian banyak tarian kreasi nan diciptakan oleh Raden Tjetje Somantri, mungkin tari merak ini menjadi tarian yang terkenal di Indonesia sebatas luar negeri.

Baca Lagi: Jenis-keberagaman Tari Bali, Bukan Saja Pendet dan Kecak, Ternyata Banyak Banget

Adapun dua seniman tari ternama Dra. Irawati Durban Arjon dan Romanita Santoso pernah menambahkan koreografer intern tari merak pada tahun 1993.

Makna Tari Merak

Tarian merak turut dipadukan dengan beberapa gerakan klasik tari Sunda buat hasil yang lebih indah dan bermakna. Meskipun tidak termasuk tarian sifat atau tradisional, tari merak secara keseluruhan memiliki makna sebagai salah satu wujud atas raa kagum terhadap kegagahan pelir merak.

Selain itu, manuver tari merak mengandung berjenis-jenis nilai religi dan kehalusan budi. Poin religi digambarkan dari rasa terima kasih atas keayuan tunggul, termasuk keindahan makhluk ciptaan Almalik. Sementara itu kredit kehalusan budi tergambar dalam aksi yang terintegrasi secara rapi, indah, dan baik oleh penari.

Persuasi Asal Tari Merak

Baca Lagi: Cerita Seru Della Dartyan Menandak Pakai Kemben di Tungkai Bukit Slamet

1. Aksi Komandan


1.




Rekaman Tari merak

Tari Merak merupakan joget kreasi bau kencur dari tanah Pasundan yang diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950an dan dibuat ulang oleh Dra. Irawati Durban puas tahun 1965.

Sedangkan tari merak wetan seorang merupakan Tari Merak versi Surabaya / Jawa Timur. Walaupun tarian ini dibawakan oleh penari wanita, namun sebenarnya dansa ini mengambarkan tingkah laris merak gagah dalam menebatkan pesonanya kepad merak betina.


Dalam tarian ini digambarkan bagaimana persuasi merak jantan cak bagi menarik pikiran merak betina dengan memamerkan bulu ekornya yang indah dan panjang.

Dalam usahanya menarik merak betina, si bagak akan menyodorkan pesona terbaik yang suka-suka pada dirinya hingga mampu membuat sang betina terpesona dan berlanjut sreg ritual pekawinan.

Baca :   Gambarlah Grafik Persamaan Garis Berikut Pada Bidang Koordinat


2.




Peranan Tari merak

Sedangkan untuk keistimewaan tari merak, tarian ini sering ditampilkan sebagai ajojing persembahan atau tarian penantian. Berikut adalah beberapa kelebihan tari merak :

ü


bak tarian persembahan kerjakan para pengunjung yang hadir internal resepsi pernikahan.

ü


sebagai disko pengharapan cak bagi kontingen mempelai pria ketika memfokus pelaminan.

ü


sebagai tarian penyambutan tamu agung intern sebuah acara atau ritual.

ü


sebagai sarana cak bagi memperkenalkan budaya Indonesia kerumahtanggaan kancah sejagat.


3.




Perkembangan Tari Merak

Tarian ini bagi pertama bisa jadi dipertunjukkan intern Konferensi Asia Afrika.

Secara keseluruhan tari ini hampir di lupakan, hanya masih tetap di atraksi pada JFC (Jember Festival Carnafal) nan diselenggarakan di setiap musim. Selain itu Tari merak seorang sudah go International dengan nama lain Peacock Dance.


4.




Tata Rias Tari Merak

Tatarias secara umum seperti tatarias lazimnya. Nan lebih tampak menonjol adalah pada bangian pangkal mata yang diberi eyeshadow. Dan goresan eyeliner, goresan ini pula bisa diganti dengan hiasan diamond di pelengan.


5.




Gerakan Tari merak

Gerakan tari merak lebih didominasi oleh gerakan nan mencitrakan keceriaan dan kepelesiran yang dipancarkan makanya si merak jantan. Dan ponten keceriaan yang digambarkan dalam tari merak semakin jelas dengan penggunaan seragam yang digunakan oleh sang peronggeng.

Puas tari Merak Tjetje, bagian yang dikepakkan detik mengamalkan persuasi trisik adalah sayap zakar merak, sedangkan oleh Irawati dirubah menjadi ekor kontol merak yang indah terbentang dan dipamerkan dengan berbangga ketika trisik menciptakan menjadikan guri sambil berjinjit.

Tari merak ini khas dengan gerakan kaki “mincid”, berputar mewujudkan limbung sembari tangan mengembangkan selendang


6.




Busana Tari merak

Ø


Menggunakan seragam nan bercat – warni.

Ø


S
ayap burung merak yang boleh dibentangkan
.

Ø


Sampur yang dililitkan di pinggang.

Ø


H
iasan kepala (mahkota)
.

Ø


Kemben.

Ø


Jarik.


Page 2

Tari Merak berasal berbunga kota Bandung, Jawa Barat yang diciptakan oleh Rd. Tjetje Somantri puas tahun 1955. Kemudian tarian ini dikemas ulang oleh Irawati Durban Ardjo tahun 1965. Tarian ini diperkenalkan pertama barangkali di program Konferensi Asia Afrika n domestik acara resepsi di Bandung tahun 1955.

Tari Merak melambangkan gerakan semenjak burung merak. Kesenian ini terinspirasi berasal butuh merak jantan yang kepingin menyedapkan hati burung merak betina. Penari berjumlah 6 sebatas 10 orang perempuan memakai selendang yang diikatkan di pinggang. Kain tersebut lalu dibentangkan menyerupai sayap penis merak.

Baca :   Sistem Pemerintahan Yang Ideal Menurut Jamaluddin Al Afghani Adalah

Penari memakai mahkota yang berbentuk kepala burung merak. Disko ini menceritakan kehidupan burung merak sebagai halnya keindahan, kegantengan, dan gerak-gerik nan lincah.  Ciri khusus tari Merak ini dilihat dari kejai dan baju yang menggambarkan burung Merak. Cak semau pula ulos yang dipenuhi payet dan mahkota berbentuk kepala burung merak.

Tarian ini dibawakan bedaya nona dan alat musik gamelan misal musik pengiring. Tari Merak menjadi pementasan kesenian bagi menyambut pelawat, acara pernikahan, programa adat, dan memperkenalkan budaya Indonesia di tingkat internasional.

Baca Juga

Hoki tari merak terdiri dari tiga bagian antara yaitu kepala, jasad, dan bawah. Kostum tarian ini menggambarkan bentuk dan bulu burung merak.

Suka-suka 3 bagian eigendom tari merak yaitu bagian kepala, awak, dan tangan. Kostum penari memakai asesoris siger dari incaran selerang sapi yang ditatah, diberi cat, warna keemasan, dan hiasan payet yang terbuat dari manik-manik.

Advertising

Advertising

Mengutip terbit jurnal Bagan Okuler Kostum Tari Merak Jawa Barat Karya Irawati Durban Ardjo, babak kostum tari merak ialah:

1. Siger (mahkota)

Siger digunakan di atas penasihat nan punya tulangtulangan sama dengan zakar merak. Ada fragmen kuncung memanjang sebagai halnya tengah titit merak. Incaran yang digunkan kerjakan membuat siger terbuat berpokok kulit sapi yang ditatah dan diberi warna. Suka-suka kembali corak hijau, tulen, kuning, dan payetnya warna emas.

2. Susumping

Susumping dilekatkkan di bagian perdua dengan cara disisipkan. Susumping merupakan asesoris garis-garis dekoratif yang menciptakan motif bulu merak. Susumping dibuat memakai bahan kulit sapi yang warnanya hijau cukup umur, perak, hijau tua, dan kuning keemasan.

3. Giwang (bandul)

Penari wanita mengaryakan giwang di bagian telingan. Pendirian mengaryakan giwang yaitu dijepitkan di daun telinga kucai. Pendulum berbentuk lingkaran dan punya garis-garis jeluk. Bentuk anting seperti mana bunga yang diberi permata dan warnanya keemasan.

4. Kelat bahu

Papan bawah bahu digunakan di fragmen lengan penari. Kelat pundak memiliki garis lengkung dan garis dekoratif. Paesan sepat bahu menyerupai titit merak dari bahan jangat sapi.

5. Garuda tandu

Garuda mungkur merupakan asesoris yang diletakkan di birit sanggul. Perhiasan ini membentuk ukiran kalam merak.

Baca :   Tumbuhan Pada Gambar Disamping Berkembang Biak Dengan

6. Gelang tangan

Penari mengaryakan gelang tangan berbahan sumber akar hitam, warna luar kencana, dan perak. Gelang ini sebagai ornamen di penggalan tangan yang berbentuk gudi.

7. Kemben

Kemben merupakan busana penayub Merak nan berbentuk garis verbatim dan lengkung. Bentuk kemben menirukan bentuk awak penari dari atas dada sampai pinggang.

Mangsa pangkal membuat kemben adalah kain beludur bercelup hitam. Warna hitam berguna abadi, tegak, dan kokoh. Selain bercat hitam, ada kemben nan memiliki warna emas membentuk motif rambut Merak.

8. Ekor

Kostum ekor mengilustrasikan keindahan burung merak yang warna dasarnya hijau muda. Warna ini yaitu simbol kemakmuran dan kesejukan. Seragam ekor berbentuk setengah pematang nan terdiri mulai sejak garis lengkung, lurus, dan bergelombang.

Ekor diletakkan di bokong bekas kaki peronggeng yang panjangnya sampai mata kaki. Bagian ujung kostum ekor diberi tali kecil bagi memudahkan penari melebarkan ekor seolah mirip burung merak.

9. Ikat pinggang

Ikat pinggang dipakai untuk merekatkan kemben dan sinjang (sampur). Asesori ini berwarna hitam dan dibuat berpokok karet beludru. Bagian depan balut pinggang ada bros lakukan mengunci selendang.

10. Kacih

Kacih ialah seragam yang dipakai di babak atas dada tukang tari. Kacih berbentuk garis lekuk dan mewujudkan lingkaran. Incaran dasar kacih terbuat dari kain beludru.

11. Selendang

Selendang atau sinjang berbentuk persegi jenjang. Selendang ini dilipat memanjang begitu juga lambak kain. Dandan bawah selendang adalah hijau tua dan adegan ujung berwarna hijau muda.

Gerakan Tari Merak

Tari Merak Sunda yang diciptakan Rd. Tjetje Soemantri menampilkan 6 hamba allah penari. Padahal tari Merak versi Irawati Durban terdiri berpokok 3-10 orang penandak. Mengutip dari laman kemdikbud.go.id, berikut gerakan tari Merak:

  1. Ngalayang beber buntut, trisik.
  2. Ngayun soder, trisik.
  3. Kiprah merak kuncung, trisik.
  4. Keupat merak, trisik.
  5. Merak ulin, trisik.
  6. Merak ngibing sosoderan, trisik.
  7. Mendambir merak mentang buntuk, trisik.
  8. Gigibrig, kokoer, trisik.
  9. Nyaliksik, bibintih, trisik.

Baca Sekali lagi

Tari Merak bermakna perwujudan dan rasa kagum terhadap keindahan rambut burung merak. Gerakan tarian menggambarkan resan menarik merak dan keindahannya.Tari merak terinspirasi dari aksi merak jantan yang mengembangkan ekornya, cak bagi menyedapkan hati merak betina.

Bagaimana Tata Busana Pada Tari Merak

Source: https://jripto.com/jelaskan-urutan-penggunaan-tata-rias-dan-busana-pada-tari-merak

Check Also

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat. Mas Pur Follow Seorang freelance nan suka membagikan pengetahuan, …