Besar Sudut Pada Segitiga Sama Sisi Adalah

Besar Sudut Pada Segitiga Sama Sisi Adalah

Ada yang tahu nggak, jumlah sudut segitiga itu ada berapa? Hayo … yang belum tahu bisa langsung meluncur ke uraian di bawah untuk temukan jawabannya ya!

Saat sedang asyik berjalan-jalan, tiba-tiba Doni dikejutkan dengan rambu lalu lintas bertanda seru. Ada yang tahu nggak, arti dari rambu-rambu ini apa?

Doni sedang berjalan-jalan dan menemukan rambu lalu lintas berbentuk segitiga. (Arsip Zenius)

Yap, artinya Doni harus berhati-hati melewati jalur tersebut.

Eh, Doni malah salah fokus ke bentuk dari rambu-rambu tersebut. Bukan tanda serunya, melainkan papannya yang berbentuk segitiga. Apa sih, yang dimaksud segitiga? Berapa jumlah sudut segitiga? Seperti apa bentuknya?


Apa Arti dari Segitiga?

Rambu-rambu yang memperingati Doni untuk hati-hati saat melintasi jalan merupakan salah satu contoh benda berbentuk segitiga.

Siapa sih yang nggak tahu tentang bangun datar satu ini? Buat yang belum tahu, elo nggak perlu sedih, karena di sini akan gue uraikan juga mengenai pengertian segitiga.

Sebelum itu, gue tempelkan dulu gambar segitiganya deh, sebagai gambaran kalau segitiga itu yang seperti ini, lho.

Segitiga terdiri dari potongan tiga garis yang tidak saling sejajar.
Cara menggambar segitiga. (Arsip Zenius)

Kebayang, ya? Nah, elo juga bisa kok, menggambar bangun segitiga yang terdiri dari potongan tiga garis yang nggak saling sejajar. Bagian tengah atau diarsir itulah yang disebut dengan segitiga (gambar nomor 1).

Selain menggunakan potongan garis, elo juga bisa menggunakan tiga titik sembarang yang nggak terletak pada satu garis untuk menggambar segitiga. Saat ketiga titik tersebut disambungkan, maka akan menghasilkan bangun segitiga (gambar 2).

Unsur-Unsur Segitiga

Setelah menggambar segitiga, kita bisa tahu nih, unsur-unsur apa saja yang ada pada segitiga. Unsur-unsur tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Segitiga terdiri dari alas, tinggi, dan sisi.
Unsur-unsur segitiga. (Sumber: Arsip Zenius)

Sesuai dengan namanya, segitiga memiliki tiga buah sisi. Kemudian, unsur lainnya adalah tinggi yang harus tegak lurus dengan alas. Ingat, harus tegak lurus ya (ta), kalau tinggi dan alas nggak tegak lurus ya berarti bukan segitiga!

Baca :   Tinggi Sisi Tegak Limas Segi Empat

Nah, yang nggak boleh kelewat juga tentang sudutnya, nih. Menurut elo, ada berapa sudut segitiga? Tentu saja jawabannya ada tiga, karena sisinya juga ada tiga. Namun, yang perlu elo garis bawahi adalah jumlah sudut segitiganya.

Jumlah sudut segitiga adalah 180°. Mau itu yang bentuknya segitiga siku-siku, sembarang, sama kaki, atau sama sisi pun, jumlah semua sudut pada segitiga harus 180°.

Misalnya gini, sebuah bangun segitiga siku-siku digambarkan pada ilustrasi di bawah ini.

Jumlah sudut segitiga adalah 180°
Contoh soal menghitung salah satu sudut pada segitiga. (Arsip Zenius)

Tentukan sudut x pada ilustrasi di atas!

Gimana cara menentukannya? Mudah saja, sudut A udah diketahui nih, yaitu 30°. Sudut B memang nggak dicantumkan nilai sudutnya, tapi sebelumnya kita udah belajar sudut.

Elo ingat nggak, kalau sudut tersebut tegak lurus, maka nilainya adalah 90°—namanya sudut siku-siku ya, guys? Artinya, sudut B adalah 90°.

Dari situ, kita bisa hitung nilai
x-nya. Ingat, jumlah sudut segitiga adalah 180°.

30° + 90° + x = 180°

120° + x = 180°

x = 180° – 120°

x = 60°

Jadi, nilai
x
pada ilustrasi di atas adalah 60°.

Dari uraian di atas, elo bisa mendefinisikan sendiri kan, apa arti dari segitiga? Tuliskan definisi segitiga menurut elo di kolom komentar, yuk!

Baca Juga: Teka-teki Matematika – Luas Segitiga yang Aneh


Jenis-Jenis Segitiga

Segitiga itu kan bentuknya bermacam-macam, ya. Jumlah sudutnya juga elo udah tahu. Oleh karena itu, kita bisa membagi segitiga ke dalam tiga kelompok besar, yaitu ditinjau berdasarkan panjang sisinya, besar sudutnya, serta keduanya (besar sisi dan sudutnya).

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya

Pertama, kita bahas dulu nih kelompok segitiga berdasarkan panjang sisinya. Ada segitiga sama sisi, sama kaki, dan sembarang.

Jenis segitiga berdasarkan panjang sisinya, yaitu segitiga sama sisi, sama kaki, dan sembarang.
Gambar segitiga sama sisi, sama kaki, dan sembarang. (Arsip Zenius)

Segitiga Sama Sisi

Semua sisi segitiga sama kaki pasti sama besar.

Baca :   Jelaskan Sistem Pemungutan Pajak Di Indonesia

AB = BC = AC

Segitiga Sama Kaki

Ada dua sisi yang panjangnya sama. Sedangkan, sisi satunya lagi memiliki ukuran panjang yang berbeda.

Segitiga Sembarang

Segitiga ini memiliki panjang sisi yang sembarang, alias nggak ada yang sama panjang.

Baca Juga: Rumus Segitiga Sama Kaki dan Sama Sisi – Luas dan Keliling

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudutnya

Selanjutnya, kita akan bahas jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya. Kira-kira ada apa saja ya?
Member
dari segitiga ini ada tiga, yaitu segitiga lancip, siku-siku, dan tumpul. Ini dia penampilan dari ketiga
member
tersebut.

Jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya, yaitu segitiga lancip, siku-siku, dan tumpul.
Gambar segitiga lancip, siku-siku, dan tumpul. (Arsip Zenius)

Segitiga Lancip

Segitiga ini memiliki sudut yang semuanya lancip atau ketiga sudutnya lancip (<90°).

Segitiga Siku-Siku

Ada salah satu sudut yang siku-siku (90°).

Segitiga Tumpul

Segitiga ini memiliki satu sudut tumpul (>90°).

Nah, sekarang gue mau nanya, mungkin nggak ada segitiga yang memiliki dua siku-siku atau dua tumpul? Coba elo jawab di kolom komentar ya!

Baca Juga: Rumus Luas Segitiga Siku Siku dan Kelilingnya

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sisi dan Sudutnya

Terakhir, kita borong karakteristik dari kedua kelompok di atas. Ada jenis-jenis segitiga yang dikelompokkan berdasarkan besar sisi, sekaligus besar sudutnya. Apa saja ya personil dari kelompok ini?

Jawabannya ada banyak, guys! Yuk, kenalan!

Jenis segitiga berdasarkan besar sisi dan sudutnya.
Gambar segitiga berdasarkan besar sisi dan sudutnya. (Arsip Zenius)

Sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya bisa elo lihat pada gambar di atas. Gue ambil contoh gambar segitiga nomor 1, deh.

Segitiga tersebut punya strip (-) di semua sisinya, artinya segitiga tersebut merupakan segitiga sama sisi. Kemudian, semua sudutnya <90°, artinya termasuk segitiga lancip. Sehingga, nama segitiga nomor 1 adalah segitiga lancip sama sisi.

Butuh contoh lagi? Oke, gue kasih contoh segitiga nomor 5. Semua stripnya beda-beda, kan? Artinya, segitiga tersebut merupakan segitiga sembarang. Lalu, kita lihat sudutnya, ternyata ada sudut siku-sikunya. Artinya, segitiga tersebut juga merupakan segitiga siku-siku. Dengan begitu, nama dari segitiga nomor 5 adalah segitiga siku-siku sembarang.

Jadi, untuk melihat namanya, kamu bisa melihat bagaimana ketiga sudut segitiga tersebut. Paham ya sampai sini?

Baca :   Mengapa Teknologi Dan Peralatan Termasuk Dalam Unsur Budaya

Kalau elo masih bingung, elo bisa ulik lagi materinya di video belajar Zenius dengan klik
banner
di bawah ini.

belajar matematika zenius


Contoh Soal Segitiga dan Pembahasan

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai pengertian, jenis, dan jumlah sudut segitiga, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Berapakah jumlah sudut segitiga siku-siku?

A. 90°

B. 360°

C. 180°

D. 60°

E. 30°

Jawab:
C. 180°.

Pembahasan: Apapun bentuk segitiganya, ketika ditanya jumlah sudut segitiga, maka jawabannya adalah 180°.

Contoh Soal 2

Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh soal jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sisi dan sudutnya.
Ilustrasi segitiga. (Arsip Zenius)

Apa nama segitiga di atas?

Jawab:
Segitiga tumpul sembarang.

Pembahasan: Coba kamu perhatikan ketiga sisinya yang nggak sama panjang, artinya segitiga tersebut adalah sembarang. Selanjutnya, kamu lihat sudutnya, ada salah satu sudut yang tumpul di B, artinya segitiga tersebut merupakan segitiga tumpul. Sehingga, nama dari segitiga di atas adalah segitiga tumpul sembarang yang masuk dalam jenis segitiga berdasarkan besar sudut dan panjang sisinya.

Contoh Soal 3

Berapakah sudut
x
pada gambar di bawah ini?

Contoh soal menentukan sudut pada segitiga sama kaki.
Ilustrasi segitiga sama kaki. (Arsip Zenius)

Jawab:
90°.

Pembahasan: Ingat, jumlah sudut segitiga adalah 180°! Nah, karena segitiga di atas termasuk jenis segitiga sama kaki, maka sudut pada A dan C sama.

Selanjutnya, kita cari nilai
x
atau sudut B.

A + B + C = 180°.

45 + x + 45 = 180°

90 + x = 180°

x = 180° – 90° = 90°

Jadi, sudut x bernilai 90°. Artinya, sudut B merupakan sudut siku-siku. Dengan begitu, nama dari segitiga di atas adalah segitiga siku-siku sama kaki.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang pengertian, jenis, dan jumlah sudut segitiga? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi UTBK lainnya di video Zenius. Elo juga bisa mencoba melatih kemampuan dengan level soal yang mirip UTBK beneran di Try Out bareng Zenius.

Baca Juga: Rumus Keliling dan Luas Segitiga

Besar Sudut Pada Segitiga Sama Sisi Adalah

Source: https://www.zenius.net/blog/pengertian-jenis-sifat-jumlah-sudut-segitiga

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …