Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Terakhir diperbarui: 23 April 2022


Pastikan jangan sampai salah, begini



ukuran kertas untuk surat lamaran kerja!

Surat lamaran kerja merupakan pintu pembuka kesempatan pertama dirimu dianggap cukup mumpuni atau tidak oleh sebuah perusahan. Oleh karena itu, keberadaan dari rangkuman tentang dirimu ini nggak bisa dianggap sepele.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan surat lamaran kerja? Dalam Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006) karya Adlan Ali dan Tanzili, surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja untuk dikirimkan kepada badan usaha atau instansi agar mendapat pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan pekerjaan yang tersedia .

Mengenal Surat Lamar Kerja

Source: Edukasi Sindonews

Banyak orang yang belum memahami apa sih perbedaan surat lamaran kerja dengan
curriculum vitae
(CV), bisa dikatakan surat lamaran kerja adalah cara kita mengkomunikasikan apa yang menjadi maksud dan tujuan dalam proses melamar pekerjaan.

Sementara CV adalah daftar riwayat hidup yang berisikan perjalanan hidup seseorang yang dilihat dari pendidikan dan pengalaman pekerjaan apa saja yang sudah ia lakukan.

Salah satu poin penting dalam melamar kerja adalah memastikan surat lamaran kerja kamu dikerjakan dalam
format
yang sesuai dengan aturan yang ada. Misalnya, ukuran kertas untuk surat lamaran kerja yang benar, jenis huruf apa yang seharusnya dipakai.

Jika butuh dicetak untuk diberikan kepada pihak human Human resource development (HRD), jenis kertas yang benar, semua harus dipersiapkan dengan matang dan benar.

Baca :   Salah Satu Tujuan Dari Sosialisasi Adalah

Pastinya kamu nggak ingin satu kesempatanmu hilang hanya karena salah memilih ukuran dan jenis
font
untuk surat lamaran kerja kamu. Nah, ini dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Lihat tips memilih ukuran kertas untuk surat lamaran kerja di bawah ini, ya!

Ukuran Kertas untuk Surat Lamaran Kerja

Source: suratlamarankerja

Saat memutuskan untuk menulis surat lamaran kerja, pastikan ukuran surat lamaran kerja kamu sudah sesuai dengan standar yang ada. Nggak hanya itu, baik ukuran
font,
cara penulisan, serta posisi tulisan juga perlu jadi perhatian.

Supaya nggak salah pilih jenis ukuran dan mengikuti standarisasi penulisan surat lamaran kerja yang ada. Yuk, simak tips
simple
di bawah ini!

1. Ukuran surat lamaran kerja

ukuran kertas untuk surat lamaran kerja
Source: roberthalf

Surat lamaran kerja sendiri dapat ditulis secara langsung atau diketik, baik ditulis atau diketik, ukuran standar surat lamaran kerja yang benar adalah menggunakan jenis A4 (kuarto) putih polos dengan tebal 80 gram.

Ukuran untuk kertas A4 yang beredar di pasaran disesuaikan dengan standar ISO, yakni 21 x 29.7 cm atau 8.27 x 11.69 inci.

Selain surat lamaran kerja, untuk kamu yang masih bingung soal ukuran kertas yang pas untuk makalah dan proposal juga biasanya menggunakan kertas A4. Aturan standar margin makalah umumnya menggunakan ukuran 4 4 3 3. Ukuran tersebut memiliki arti sebagai Margin atas 4 cm dan Margin kiri 4 cm.

Sementara untuk poster, ukuran kertas yang biasa digunakan bisa A4, A3, A2 atau B2, tinggal kamu sesuaikan dengan desain yang telah kamu buat. Untuk detailnya kurang lebih seperti A4 (21 X 29,7 cm), A3 (29,7 X 42 cm), A3+ (32,5 X 48,7 cm) biasanya pada ukuran ini hanya tercetak maksimal 31 X 47 cm, A2 (42 X 59,4 cm), dan A1 (59,4 X 82 cm).

2. Ukuran dan jenis font yang cocok

Source: myperfectresume

Setelah tahu jenis kertas dan ukuran apa yang pas untuk surat lamaran kerja kamu. Kamu bisa mengerjakan surat lamaran kamu dengan diketik menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word.

Baca :   Grafik Fungsif X X3 X2 5x 7 Turun Pada Interval

Untuk ukuran tulisannya, jangan terlalu besar atau terlalu kecil, gunakan ukuran huruf 12pt dan menggunakan jenis huruf (font) yang terlihat jelas dan tegas. Pastikan juga kamu mengaturnya dalam ukuran kertas A4.

Setelah memilih ukuran kertas, atur posisi tulisan dengan
setting
margin 1” di bagian atas dan bawah, serta 0,63” di bagian kanan dan kiri.

Untuk jenis hurufnya atau jenis
font-nya, ada beberapa pilihan huruf yang bisa kamu pakai. Times New Roman dan Calibri jadi dua jenis huruf yang paling umum digunakan untuk surat lamaran kerja. Dua
font
ini dianggap memiliki garis tegas yang memberi kesan proffesional.

Selain Times New Roman dan Calibri, ada juga beberapa jenis
font
yang bisa kamu pakai untuk menulis surat lamaran kerja. beberapa font klasik seperti Arial, Verdana, Trebuchet MS, Century Gothic, Gill Sans, MT Lucida Sans, Tahoma, hingga Helvetica.

Jenis-jenis huruf ini punya desain yang tipis dan bisa memberi kesan proffesional. Saat menulis lamaran kerja sebaiknya hindari untuk menggunakan
font
dengan banyak lekukan, karena bisa memberi kesan tidak serius.

BACA JUGA:
7 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik dan Benar

3. Panjang surat lamaran kerja yang bagus

ukuran kertas untuk surat lamaran kerja
Source: pexels

Poin terakhir yang juga nggak kalah penting adalah panjang surat lamaran kerja, berapa panjang standar surat lamaran yang bagus dan nyaman dibaca oleh HRD?

Untuk panjangnya, pastikan hanya tiga sampai empat paragraf. Namun, penjelasan detail pengalaman kerja cukup kamu cantumkan pada
curriculum vitae.

Sisi kerapian surat juga perlu diperhatikan, selain mengatur
margin
dengan benar. Pastikan juga kamu memberi spasi tunggal dengan spasi di antara setiap paragraf. Hal ini untuk memberi kesan rapih, sehingga pada saat dibaca terasa nyaman di mata.

Baca :   Pts Matematika Kls 4 Semester 2

Nah, sebelum kamu mengirimkannya pada
email
tujuan atau sebelum kamu mencetaknya, ubah format surat lamaran kamu dari Word menjadi PDF. Tujuannya, agar posisi tulisan tetap sama saat akan dicetak atau dikirim.

Untuk mengubah format dari Word menjadi PDF dapat dilakukan secara online, beberapa situs yang bisa kamu gunakan antara lain ilovepdf.com, smallpdf.com, freepdfconvert.com, pdftogo.com, dan masih banyak lagi.

Lewat pilihan
website
di atas, kamu bisa mengubah file Word ke dalam PDF. Oh ya, tips lainnya adalah pastikan ukuran file tidak terlalu besar, tidak lebih dari 1 MB dengan toleransi maksimal 2 MB.


Nah, itulah ukuran surat lamaran yang benar serta apa saja detail yang perlu kamu perhatikan saat membuat surat lamaran kerja. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk
share
info ini ke teman-teman yang sedang membutuhkan, ya!

Mana ukuran kertas surat lamaran kerja yang sering kamu gunakan? Coba
share
di kolom komentar.

Sedang mencari hunian idaman atau kost-kostan dengan fasilitas yang lengkap dan strategis dekat dengan perkantoran plus harganya terjangkau? Sekarang nggak perlu khawatir lagi, temukan hunian impianmu dengan mudah hanya di Rukita yang sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Jangan lupa unduhaplikasi Rukita via
 Google Play Store
 atau
 App Store, bisa juga langsung hubungiNikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477, atau kunjungi
www.rukita.co
.

Follow juga akun InstagramRukita di
 @Rukita_Indo
 dan Twitter di
 @Rukita_Id untuk berbagai info terkini serta promo menarik!






CategoriesTak Berkategori

Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Source: https://www.rukita.co/stories/ukuran-kertas-untuk-surat-lamaran-kerja/

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …