Cara Menentukan Titik Potong Sumbu X

Cara Menentukan Titik Potong Sumbu X.

Cara Menentukan Persamaan Garis Lurus | Matematika Kelas 8



Artikel ini mengklarifikasi tentang cara menentukan persamaan garis harfiah serta mandu batik grafik dari kemiripan garis lurus. Selain itu, ada pun sejumlah contoh pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman kamu terhadap materi.

“Bang, permen seribu dapet berapa?”

“Catur biji, dek”

“Manah kemarin seribu dapet lima, bang. Mengapa menaiki? Masa ini, dua ribu berapa?”

“Ya okta- lah, dek”

“Bukannya sekarang dua ribu dua satu, yak? Hiya… hiya… hiya…!”

giphy (22)

“Udah bawel, garing lagi!” (sumber: tenor.com)

Pernah
nggak sih

beliau ngalamin hal itu? Bukan ngerjain abang-abang juru jualan, ya. Tapi ngerasain nan namanya kenaikan harga barang. Perasaan, bilang waktu nan silam, beli permen seribu bisa dapet lima. Saat ini, udah naik aja harganya. Jadi belaka dapat empat,
deh.

Sesungguhnya, peningkatan harga barang itu hal nan biasa
lho karena harga bahan baku semakin lama pun akan semakin mahal. Ya… sisi positifnya
sih
uang lelah jajan engkau
kan
kaprikornus bagi bertambah. Sediakala doang 5.000 sehari, sekarang bisa 10.000,
deh. Lumayan,
tuh!

Oke, coba kita buat tabulasi berusul masalah kenaikan harga permen tersebut ke dalam bidang Kartesius. Kita misalkan tetapi
harga permen bagaikan variabel y
dan
tahun sebagai variabel x. Kemudian, kita pilih wejangan hari antara 2011-2019. Kita perkirakan harga permen di hari 2011 seharga Rp150/buah dan setiap dua tahun sekali,
harga permen meningkat secara tetap sebesar Rp25/biji zakar
. Jadi, kalo di tahun 2011 itu harga permen 150/buah, maka di waktu 2012 jadi 175/biji zakar, setiap periode selalu menaiki sampai menyentuh harga Rp250/buah di masa 2019.

Baca :   Titik Yang Terletak Pada Persamaan 4x 2y 2 0 Adalah

Baca juga: Cara Mengatasi Sistem Persamaan Linear Dua Plastis

Ambillah, hasil grafiknya akan seperti ini.

08MAT - PERSAMAAN GARIS LURUS-03

Ternyata, kurva yang terbentuk adalah linear (berbentuk garis lurus). Bersendikan kurva tersebut, beliau boleh menentukan persamaan garis lurusnya,
lho. Mau tau gimana caranya?
Kuy, sambil aja disimak!

Mengenal Persamaan Garis Lurus

Sebelumnya, kita ketahui silam
yuk
apa itu pertepatan garis literal.
Kemiripan garis literal
adalah persamaan yang membentuk garis harfiah momen digambarkan dalam bidang Kartesius.
Susuk umum persamaan garis harfiah
adalah perumpamaan berikut:

08MAT - PERSAMAAN GARIS LURUS-05

Baca pun: Cara Mengejar Kemiringan (Gradien) lega Garis Harfiah

Di sini, engkau harus ingat ya, namanya rang umum itu bukan berarti paralelisme garis lurusnya akan selalu berbentuk seperti gambar di atas. Tapi, secara umum, bentuknya akan
n kepunyaan dua fleksibel yang saban variabelnya punya jenjang (orde) tertinggi satu. Contohnya,
2x
+
y
= 4
,
3y
=
x
– 6
,

x
+
y
– 2 = 0
, dan masih banyak lagi. Dapat kamu lihat ya kalo variabel x dan variabel y itu pangkatnya suatu.

Pendirian Menentukan Persamaan Garis Lurus

Terserah dua kejadian nan wajib diperhatikan saat ingin mewujudkan pertepatan garis literal. Permulaan, beliau harus
sempat skor gradien
dari garis tersebut dan kedua, kamu harus
tahu setidaknya suatu titik yang dilalui garis
itu. Berikut ini merupakan dua kondisi nan bisa dicari senggang bentuk kemiripan garis lurusnya.
Hmm… kira-nyana, tabel di atas termasuk kondisi yang mana, ya?


I. Jika diketahui gradien dan satu titik nan dilalui garis

Misalnya, suatu garis melalui sebuah titik, yakni (x1, y1). Kamu dapat menentukan paralelisme garis lurusnya dengan rumus:

rumus mencari persamaan garis lurus gradien

Contoh:

Tentukan persamaan garis nan bergradien 3 dan menerobos titik (-2,-3)!

Penyelesaian:

Diketahui m = 3 dan (x1, y1) = (-2,-3). Sehingga,

contoh soal persamaan garis lurus 3

Kaprikornus, persamaan garis lurusnya merupakan
y = 3x + 3.

Baca :   Berdasar Titik Berat Yang Menjadi Perhatiannya Demokrasi Dapat Dibedakan Atas..


II. Jika diketahui dua titik nan dilalui garis

Misalnya, suatu garis melalui dua buah bintik, yaitu (x1, y1) dan (x2, y2). Sira bisa menggunakan rumus di bawah ini bikin mengetahui persamaan garisnya.

mencari persamaan garis lurus gradien

Ternyata, sekiranya kamu perhatikan, kondisi ini cocok kerjakan mencari kemiripan garis lurus pecah grafik kenaikan harga permen di atas. Coba
marilah
kita cari senggang persamaan garis lurusnya kontan.

Pada gambar grafik kenaikan harga permen, diketahui seandainya garis melangkahi beberapa bintik. Misalnya, kita diskriminatif dua noktah berasal beberapa titik tersebut, yaitu (x1, y1) = (2011, 150) dan (x2, y2) = (2019, 250). Sehingga,

contoh soal persamaan garis lurus 2

Bintang sartan, paralelisme garis lurus dari diagram pertambahan harga permen di atas adalah
8y = 100x – 199900.

Reaktif, ya?
Nah, masa ini anda telah mengetahui cara menentukan persamaan garis lurus terbit dua biji kemaluan kondisi yang diketahui, ya. Lalu, bagaimana sekiranya kamu diminta bikin menggambarkan grafik berasal suatu persamaan garis harfiah?
Yuk, simak ancang-langkahnya di bawah ini!

Baca juga: Format Pemusatan Data: Mean, Median, Modus

Pendirian Menulis Grafik dari Paralelisme Garis Literal

Terletak tiga langkah n domestik takhlik grafik dari persamaan garis lurus. Supaya kamu lebih mudah mengetahui, kita langsung ikut ke contoh soalnya aja ya.

Contoh Soal:

Gambarlah grafik dari persamaan garis lurus y = 3x – 9!


1. Cari titik sembelih di sumbu x

Cara mencari bintik potong pada sumbu-x yaitu dengan
membuat variabel y menjadi 0.

contoh soal persamaan garis lurus

Kaprikornus, saat y = 0, angka x yang dihasilkan adalah 3. Sehingga, diperoleh
titik cucuk di sumbu-x
adalah
(3,0).

08MAT - PERSAMAAN GARIS LURUS-06


2. Cari bintik sembelih di sumbu y

Tak jauh berlainan dengan prinsip mengejar titik potong pada sumbu-x, untuk mencari titik potong di sumbu-y, kita harus
mengganti fleksibel x menjadi 0.

Baca :   Pernyataan Mengenai Atom Dan Partikel Penyusun Atom Yang Tepat Yaitu

mencari persamaan garis lurus gradien

Bintang sartan, saat x = 0, angka y nan dihasilkan yakni -9. Sehingga, diperoleh
bintik sembelih di sumbu-y
adalah
(0,-9).

08MAT - PERSAMAAN GARIS LURUS-07


3. Gambar garis nan mengeluh tutul tetak tersebut

Sehabis diperoleh dua biji kemaluan tutul potongnya, kita bisa tarik garis harfiah yang menggerutu kedua tutul sembelih tersebut. Sehingga, hasilnya akan demikian ini.

08MAT - PERSAMAAN GARIS LURUS-08

Gimana? Mudah
kan
caranya. Oh iya, kerjakan bertambah memudahkan ia n domestik mengerjakan soal-soal nan berkaitan dengan persamaan garis lurus, artikel ini mutakadim merangkum rumus-rumus di atas tadi,
lho
! Spesial buat engkau.
Ehe~

rumus persamaan garis lurus

Yo! Apa tanggapan kamu setelah membaca artikel ini? Semoga segala kekhawatiran sira terhadap materi kemiripan garis bisa berkurang, ya. Sekeceng informasi aja
nih, materi kemiripan garis lurus ini
puenting
banget lakukan dipahami. Kenapa? karena soalnya sering sekali keluar di testing nasional,
loh.
Nah, seandainya engkau merasa artikel ini terbatas transendental, kamu bisa tonton penjelasan lebih lengkapnya juga di
ruangbelajar. Belajar makara makin menyenangkan dengan video belajar beranimasi.





ruangbelajar


Pustaka:

As’istal A.R, Tohir M, Valentino E, Imron Z, Taufiq I. (2017) Matematika SMP/MTs Kelas bawah VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber foto:

GIF ‘Orang Marah’ [Daring]. Tautan: https://tenor.com/view/glare-scowl-annoyed-ronswanson-parksandrec-gif-4601682 (Diakses: 23 Desember 2020)

Artikel diperbarui pada 23 September 2021.

Profile

Hani Ammariah

Anaknya seneng ngitung, tapi nggak rekaan. Dulu pernah khotbah di Sekolah tinggi Pertanian Bogor jurusan Matematika. Waktu ini jadi tukang nulis a.k.a Content Writer di Ruangguru.

Cara Menentukan Titik Potong Sumbu X

Source: https://www.ruangguru.com/blog/matematika-kelas-8-cara-menentukan-persamaan-garis-lurus

Check Also

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah. Home / Biologi / Pertanyaan IPA …