Cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata sangat mudah sekali jika kita mengetahui caranya, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Daftar pustaka termasuk bagian yang amat penting dalam sebuah project karya ilmiah, walaupun penulisan daftar pustaka memang terletak di bagian akhir.

Namun pada bagian inilah menjadi salah satu penentu apakah karya ilmiah, skripsi, laporan penelitian, disertasi, dan tesis itu benar-benar bisa dipertanggung  jawabkan oleh kita dalam ruang lingkup akademik.

Ada banyak dan beragam sekali tata cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata ini, tetapi ada baiknya.

Sebelum masuk ke dalam topik cara penulisan daftar pustaka nama pengarang 3 kata, ada baiknya kita bahas dulu mengenai apa itu daftar pustaka

Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata

cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata

Dafpus adalah bagian yang penting dalah sebuah karya ilmiah. Daftar pustaka berisikan tentang nama-nama pengarang, judul buku, halaman, dan berbagai macam informasi lainnya.

Daftar rujukan ini diperlukan sekali agar membuktikan setiap argumen, gagasan, atau kuripan yang kita ambil dari orang lain sehingga mencegah karya ilmiah yang kita buat terkena plagiat.

Lalu apa sebenarnya tujuan kita dalam menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata? Berikut ini akan ditunjukan alasan kita mengapa perlu mencantumkan daftar pustaka.

Baca :   Dampak Penjajahan Kolonialisme Belanda Dalam Bidang Politik Adalah ... .

  • Membantu seseorang dalam menemukan topik yang berkaitan dengan tulisan kita.
  • Memudahkan para pembaca saat mereka ingin mencari informasi yang lebih lengkap dan jelas mengenai tulisan yang telah dikutip.
  • Memberikan penghargaan kepada peneliti atau penulis yang telah mendapatkan teori, gagasan, maupun hasil dari karyanya yang telah kita kutip.
  • Memberikan bukti bahwasanya karya ilmiah yang kita buat bukanlah karya sembarangan atau sembrono dalam membuatnya. Karya kita dibuat dengan berdasarkan bermacam teori atau argumen dari berbagai peneliti yang memang sudah sangat ahli dalam bidang keilmuannya sehingga sesuai dengan topik penulisan tersebut.
  • Menghindari tulisan dari plagiarisme.
  • Membangun kepercayaan dari para pembaca bahwasanya karya ilmiah yang kita buat memang tidak sembarangan.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan tentang beberapa ketentuan saat hendak melakukan penulisan sebuah daftar pustaka yaitu:

  • Daftar pustaka wajib dimulai dengan mencantumkan nama penulis, tahun terbit, kota tempat penerbit, dan juga nama dari penerbit tersebut.
  • Untuk pemisah antara nama pengarang, tahun, judul maka kita harus menggunakan tanda titik (.).
  • Saat mencantumkan nama penerbit dan setelah menuliskan kota terbit harus dipisah dengan menggunakan tanda titik dua (:).
  • Kalau ternyata nama pengarang mempunyai dua kata atau lebih, maka nama terakhir diharuskan terbalik dan diberi tanda koma (,).
  • Jika ada nama pengarang terdiri dari dua kata atau bahkan lebih, maka kamu harus menulis nama terakhir dan diletakkan pada bagian paling depan dan kemudian dipisah dengan tanda koma (,).
  • Misal ternyata ada dua pengarang maupun lebih, maka nama pengarang pertama saja yang harus dibalik. Untuk nama pengarang antara pertama dan kedua diharuskan terpisah menggunakan kata hubung “dan”.
  • Cara penulisan untuk setiap daftar pustaka tidak sama, itu tergantung dari sumber yang kita ambil.

Baca juga : Cara Submit Jurnal Nasional dan Internasional

1. Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata dari Buku


Perlu kita ketahui bahwasanya penulisan daftar pustaka itu memiliki beragam cara, hal ini tergantung dari jenis karya ilmiah dan jumlah nama pengarang yang kita kutip teorinya. Berikut ini akan ditunjukan beberapa contoh tentang cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata.

  • Khidir, Abdul Wahab. 2022.
    Kisah Seorang Kaya Jadi Fakir
    . Surabaya: LPB Surabaya.
  • Al-Hadar, Husein Ja’far. 2022.
    Tuhan Ada di Hatimu. Jakarta: LPB Jakarta
  •  Muhammad, Imam. 2022.
    Rahasia Sukses Menjadi Orang Lain. Bandung: LPB Bandung
Baca :   Paragraf Yang Kalimat Utamanya Berada Di Akhir Paragraf Dinamakan Paragraf

Dari contoh tersebut kita mungkin sudah bisa mengira bahwa jika ada nama pengarang berjumlah lebih dari 2, maka penulisan nama akhir harus berada diawal, kemudian dipisahkan dengan tanda koma (,) dan barulah diikuti oleh nama pertama dan kedua.

Kalau sudah baru kita beri tanda titik (.) dan dituliskan tahun yang juga kita pisahkan dengan tanda (.). nanti selanjutnya baru judul buku (titik) Kota asal(titikdua) dan penerbitnya.

2. Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata Terjemahan

cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata

Lalu bagaimana ketika kita harus menulis daftar pustaka yang ternyata pendapatnya kita dapatkan dari buku terjemahan maupun berupa suntingan?

Untuk menjawab hal tersebut, maka kita simak penjelasan dibawah ini:

  • Saputra, Aji Wahyudi (Penerjemah). 2022.
    Aplikasi Database Terbaik HTML. Surabaya: Informatika
  • Muhammad, Riza Arsyad (Penerjemah). 2022.
    Jadi Hacker dalam 5 menit HTML. Makassar: Informatika
  • Alex, Young Lex (Penerjemah). 2022.
    Kiat-kiat Sukses Menjadi Pengusaha HTML
    . Papua: Informatika.

3. Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata Yang Berasal Dari Koran


Berikut ini adalah beberapa contoh ketika kita ingin menulis daftar pustaka yang bersumber dari koran.

  • Purwanto, Muhammad Ali. 2022.
    Kiat Sukses Menjadi Pengusaha, Harian Kompas. Purwakarta: Media Purwakarta. (10 November 2022).
  • Wijaksana, Uus. 2022.
    Sukses Menjadi Diri Sendiri, Harian Tempo. Depok: Media Depok. (11 November 2022).

4. Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata Dari Skripsi dan Tugas Akhir

cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata

Terakhir bagaimana jika menulis daftar pustaka yang kita ambil dari skripsi tugas akhir mari kita lihat contohnya.

  • Aditya, Muhammad Hendi. 2022. Hubungan Kepemimpinan Dengan Hasil Kerja. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Sutajaya: Sutajaya.
  • Aditya, Muhammad Hendi. 2022. Hubungan Kepemimpinan Dengan Hasil Kerja. Tugas Akhir. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Sutajaya: Sutajaya

Syarat Publikasi Jurnal


Tujuan dan Manfaat Adanya Daftar Pustaka


Menuliskan daftar pustaka tujuannya yaitu menguatkan naskah artikel ilmiah. Jikalau sudah tahu ada baiknya ketika mengutip suatu tulisan kita harus mencantumkan sumbernya.

Selain untuk menghindari plagiarisme, menuliskan daftar pustaka juga untuk menghargai dan mengapresiasi penulis karena tulisannya sudah mendaji rujukan dalam penulisan artikel ilmiah.

Baca :   Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas 9

Tujuan dari daftar pustaka selanjutnya adalah membantu pembaca lainnya mengetahui lebih dalam sumber kutipan suatu karya ilmiah.

Kesalahan Saat Menulis Daftar Pustaka

cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata

Kesalahan apa saja yang sangat sering kita lakukan ketika hendak menuliskan cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata?

Berikut beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat menulis daftar pustaka.

  • Kesalahan kutipan: kita mungkin sering mengutip kalimat dari berbagai sumber. Namun, kita juga lupa mencantumkan daftar pustaka dalam artikel. Sebetulnya kesalahan jenis ini bisa diminimalisir, ini dapat dilakukan dengan menggunakan format khusus dan otomatis.
  • Terlalu sering menggunakan singkatan. Memang tidak ada larangan untuk menggunakan singkatan, tetapi jika konteksnya untuk penulisan ilmiah, penulisan buku atau hasil penelitian maka singkatan sudah seharusnya wajib dihindari.
  • Kurang konsisten dalam cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3kata.
  • Penulisan nomor halaman yang salah juga sering ditemui ketika penulisan.
  • Kesalahan terakhir yang sering ditemukan juga adalah ketika menulis daftar pustaka atau referensi yaitu menyantumkan sumber referensi yang terkenal, namun ketika dirinci ada kesalahan dan tidak sesuai dengan yang tercantum.

Tips Cara Menulis Daftar Pustaka


Berikut ini ada beberapa tips yaitu silahkan urutkan masing-masing sumber berdasarkan abjad. Tips ini agar memudahkan kita saat mulai menuliskan daftar pustaka.

Prinsip Cara Menulis Daftar Pustaka

Memang banyak sekali bentuk prinsip cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata, tergantung aturan lembaga pendidikannya.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang biasa orang gunakan ketika melakukan cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata.

  • Penulisan nama pengarang tanpa menggunakan gelar.
  • Jika penulisnya lebih dari satu orang gunakan koma.
  • Judul artikel harus ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf awalnya.
  • Jarak (spasi) antara satu referensi (judul) dengan referensi (judul lain) sesuai dengan jarak (spasi) makalah atau skripsi (1,5-2).
  • Jika hanya 1 penulis, gunakan beberapa rujukan, tak lupa nama penulis dicantumkan satu kali


Artikel menarik : Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Menulis Jurnal Ilmiah Beserta Panduan Terbaiknya


Penutup

Itulah beberapa tahapan cara menulis daftar pustaka nama pengarang 3 kata yang diambil dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kalian dan bermanfaat bagi kiita semua.

Terimakasih.