Bernyanyi adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain untuk menyalurkan hobi, bernyanyi juga bisa digunakan untuk mencurahkan isi hati orang yang melakukannya. Maka tidak heran kalau banyak orang yang gemar dengan kegiatan ini. Terbukti dari banyaknya tempat karaoke yang tersebar di berbagai kota untuk melayani dahaga orang yang memiliki hobi bernyanyi.

Beragam ajang pencarian bakat dalam bidang tarik suara juga sering diadakan oleh beberapa stasiun televisi nasional untuk menjaring talenta-talenta terbaik di negeri ini. Ya, selain menjadi media penyalur hobi, bernyanyi juga bisa menjadi profesi yang tak main-main pendapatannya. Kamu juga salah satu orang yang memiliki hobi bernyanyi? Tapi masih belum tahu bagaimana caranya bernyanyi yang baik? Intip tips belajar vokal untuk penyanyi pemula ini yuk!

1. Siapkan mental

Image: colensmith.com

Hal pertama yang harus kamu persiapkan untuk belajar vokal adalah mental. Itu sangat penting untuk membangun bagaimana karakter suaramu. Selain itu, power suara juga bisa ditentukan oleh mental penyanyi yang baik. Apabila kamu seorang pemalu, maka suara yang keluar dari mulutmu saat bernyanyi tak akan maksimal. Suaramu seperti tertahan dan tercekik di tenggorokan. Sebagai seorang calon penyanyi yang baik, kamu tak perlu malu dan takut nyanyianmu terdengar oleh orang lain. Justru kamu harus tunjukkan kepada orang lain bahwa kamu bisa bernyanyi dengan merdu.

2. Latihan power

Nah, sempat dibahas di poin sebelumnya. Power juga salah satu unsur penting bagi seorang penyanyi. Kamu harus bisa mengeluarkan suaramu secara lantang dan lepas, tidak boleh tertahan. Power saat bernyanyi seharusnya sama kuatnya saat kamu mengeluarkan suara saat berteriak. Kencang, lepas, dan seolah tak ada halangan.

Baca :   Tabel Uji T Dan Uji F

Salah satu cara untuk mengeluarkan power selain dari mental yang baik adalah dengan melatih pernafasan perut atau diafragma. Cobalah kamu berlatih pernafasan perut dengan bernafas melalui hidung dan seolah-olah udara yang masuk langsung turun ke perut. Kamu pernah merasakan suaramu seolah-olah tercekik di tenggorokan dan seperti ingin batuk ketika bernyanyi? Kalau iya, berarti kamu belum benar dalam mengaplikasikan pernafasan perut saat bernyanyi.


Baca Juga:


7 Band Rock Indonesia yang Beri Dampak Besar ke Kancah Musik Kita!

3. Pemanasan vokal

tips belajar vokal
Image: nodonews.com

Bukan hanya atlit saja yang melakukan pemanasan, seorang penyanyi juga. Lakukanlah
vocalizing
sebelum memulai latihan bernyanyi. Kamu bisa melakukan
h
umming
dan
l
ips trills,
seperti mengeluarkan suara gumaman dan menggetarkan area bibir tapi masih bernada.


4. Vocal range

tips belajar vokal
Image: flypaper.soundflys.com

Seorang penyanyi yang baik seharusnya tahu
vocal range
yang dimiliki sehingga bisa mengira-ngira lagu apa yang cocok untuk tipe suaranya.
Vocal range
adalah jangkauan nada yang bisa kamu keluarkan, mulai dari nada paling rendah hingga nada yang paling tinggi. Kamu bisa mengetahui
vocal range-mu menggunakan
keyboard
atau alat musik yang lain.

5. Artikulasi

tips belajar vokal
Image: personalitytutor.com

Kegiatan bernyanyi adalah kegiatan menyampaikan makna dari lirik lagu yang dinyanyikan. Maka sudah hal yang wajib hukumnya seorang penyanyi memiliki artikulasi yang baik dan jelas. Ucapkan huruf vokal dan konsonan secara lugas dan tegas, tidak boleh bergumam yang membuat misi penyampaian makna kurang maksimal. Memang, ada beberapa penyanyi terkenal yang memiliki artikulasi yang kurang jelas dengan alasan bahwa itu adalah ciri khasnya saat bernyanyi. Sah-sah saja sebetulnya. Tapi sebagai seorang pemula, ada baiknya artikulasi yang kamu ucapkan harus benar karena itu menentukan baik dan buruknya kamu saat bernyanyi.

Baca :   Teks Berita Harus Berisi Fakta Artinya

6. Penjiwaan

tips belajar nyanyi pemula
Image: metrolyrics.com

Selain artikulasi, proses penyampaian makna lirik lagu juga ditentukan oleh penjiwaan seorang penyanyi yang membawakannya. Lagu yang memiliki makna lirik sedih tentu saja tidak boleh dinyanyikan dengan ekspresi yang bahagia, begitu pula sebaliknya. Tapi, penjiwaan seorang penyanyi juga tidak boleh palsu atau dibuat-buat.

Mengapa? Karena penjiwaan yang berhasil bukan hanya terlihat dari ekspresi wajah sang penyanyi saat membawakan lagu secara langsung, tetapi juga dari suara yang dikeluarkan. Ini ada hubungannya dengan teknik dinamika yaitu tinggi dan rendahnya suara saat bernyanyi. Hal itu keluar secara otomatis apabila penyanyi melakukan penjiwaan yang benar-benar alami dari dalam dirinya.

Itulah enam tips berlatih vokal untuk pemula yang bisa kamu terapkan.
Let’s sing, ShopBackers!


“Hobi belanja online? Yuk belanja lewat ShopBack dan dapatkan cashback yang membuatmu hemat.Nikmati juga promo serba Rp 5.000 dari kami, ya! Klik di sini untuk mendapatkan promonya”

Featured image: Getty Image

Editor: Nimas Arini