Ciri Ciri Candi Di Jawa Timur

Ciri Ciri Candi Di Jawa Timur.

Korespondensi pelesir ataupun liburan ke situs asli umat Hindu-Budha ini kan? Tahu gak sih ternyata istilah candi berusul bersumber kata
candika
nan merujuk sreg salah satu nama dewi kematian yaitu Peri Durga. Maka berbunga itulah, candi di Indonesia biasanya digunakan sebagai gedung bagi meluhurkan orang yang sudah lalu wafat terutama para maharaja.

Konstruksi candi di Indonesia punya rang yang plural. Tiap-tiap candi sekali lagi memiliki ciri khusus yang menunjukkan keunikannya. Ciri dan keunikan itulah yang menunjukkan ‘langgam’ atau tendensi tertentu. Gaya ini dapat dilihat mulai sejak sekumpulan ciri atau afiliasi beberapa ciri yang bersifat khas dan membedakan dengan lainnya.

Ada dua langgam yang menjadi ciri candi di Indonesia merupakan langgam Jawa Paruh dan Jawa Timur. Suntuk segala perbedaannya? Simak ulasan berikut ya!

1. Kerangka bangunan candi

5 Perbedaan Langgam Candi Jawa Tengah & Jawa Timur, Kenali Yuk!
kembangwisata.com

Kebanyakan candi di Jawa Tengah berbentuk tambun dengan atap berupa stupa/ratna yang berundak-undak. Diantara tungkai dan tubuh candi terwalak balai penghadapan yang sepan lebar, berfungsi sebagai tempat seremoni ‘pradaksina’
alias prosesi ritual mengililing objek candi.

Berbeda dengan di Jawa Perdua, di Jawa Timur candi berbentuk bertambah saring dengan sengkuap bertingkat mengecil ke atas dan puncak sengkuap berbentuk kubus sehingga terlihat kian minimalis dan artistik. Pusaka yang pas dijaga dan dilestarikan!

2. Relief candi

5 Perbedaan Langgam Candi Jawa Tengah & Jawa Timur, Kenali Yuk!
majapahit1478.blogspot.com

Enggak hanya bentuk gedung candi, perbedaan relief langgam Jawa Tengah dan Jawa Timur juga amat ekstrem, karena sekiranya di Jawa Tengah reliefnya timbul agak jenjang maka langgam Jawa Timur reliefnya tak bersisa keluih.

Selain itu, pada langgam Jawa Tengah paesan lukisan lebih terpesona naturalis provisional langgam Jawa Timur paesan lukisannya berbentuk konotatif menyerupai wayang kulit. Mengapa demikian?

Baca :   Pasangan Pernyataan Yang Benar Tentang Kelemahan Model Atom Tersebut Adalah

Langgam Jawa Tengah lebih banyak terpengaruh kepujanggaan India sementara langgam Jawa Timur terpengaruh kesusastraan Jawa Bersejarah sehingga tak mengganjilkan kalau cukilan candi pun ada perbedaan. Satu karyatama nan enggak ternilai bukan?


Baca Juga: Klasik, Ini 5 Katedral Bersejarah di Kuala Lumpur yang Pas Disinggahi

3. Bahan bawah candi

5 Perbedaan Langgam Candi Jawa Tengah & Jawa Timur, Kenali Yuk!
tempatwisataseru.com

Perbedaan selanjutnya ialah internal peristiwa bulan-bulanan radiks candi, langgam Jawa Tengah menggunakan batu andesit bagaikan bahan asal candi kejadian ini tak terlepas semenjak banyaknya gunung jago merah aktif di wilayah Jawa Perdua sehingga batu andesit mudah untuk ditemukan.

Padahal, candi berlanggam Jawa Timur lebih dominan menggunakan alai-belai-bata sebagai bahan dasar candinya meskipun masih suka-suka candi nan menggunakan bahan pangkal rayuan andesit karena memang material vulkanik kembali ditemukan di Jawa Timur.

4. Letak dan posisi candi induk

5 Perbedaan Langgam Candi Jawa Tengah & Jawa Timur, Kenali Yuk!
penikmatfajar.wordpress.com

Kalau kita perhatikan dengan seksama perbedaan letak dan posisi candi emak kedua langgam sangatlah berlainan. Dalam langgam Jawa Tengah misalnya, candi induk terletak ditengah halaman dan memfokus ke sebelah timur.

Sementara itu plong langgam Jawa Timur candi induk terletak di belakang halaman dan menghadap ke arah barat. Keadaan ini intim sekali dengan filosofi terbit dan terbenamnya matahari.

5. Hiasan candi

5 Perbedaan Langgam Candi Jawa Tengah & Jawa Timur, Kenali Yuk!
Creative Commons/ESCapade

Selain itu, masih terserah satu hal yang menjadi penyelaras antara langgam Jawa Perdua dan Jawa Timur ialah hiasan candi. Dalam langgam candi di Indonesia hiasan jamak dibagi menjadi dua, yaitu riasan tangga dan hiasan kala.

Dalam Hiasan hierarki candi berlanggam Jawa Timur menggunakan patung atau pahatan naga sementara di Jawa Perdua menggunakan
makara
atau media Dewi Gangga. Sedangkan internal hiasan rasi (lambang dipintu candi) perbedaan yang sangat terbantah merupakan hiasan rekata langgam Jawa Paruh digambarkan tak mempunyai dagu atau rahang bawah. Sedetail itu ya konsep arsitektur nenek moyang kita. Bangga deh!

Baca :   Pasangan Larutan Berikut Yang Membentuk Penyangga Adalah

Masa ini mutakadim luang teko perbedaan langgam candi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rawat dan tuntun selalu pusaka memori ya!


Baca Juga: Bukan Doang Borobudur, 6 Candi Keren ini Juga Wajib Kamu Kunjungi

IDN Times Community adalah media nan menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab semenjak penulis.

Ciri Ciri Candi Di Jawa Timur

Source: https://www.idntimes.com/science/discovery/candrikailhamwijaya/5-perbedaan-langgam-candi-jawa-tengah-jawa-timur-c1c2

Check Also

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah. Home / Biologi / Pertanyaan IPA …