Pemasalahan sosial muncul akibat adanya beragam jenis interaksi sosial dan adanya ketimpangan sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Keberadaan masalah sosial dapat dipahami dengan adanya suatu kondisi yang dapat meresahkan beberapa bentuk kelompok sosial maupun masyarakat tertentu menyebabkan adanya tuntutan untuk melakukan suatu perubahan dan menemukan solusi untuk menghentikan permasalahan tersebut.

Disisi lainnya, banyak contoh permasalahan sosial yang hadir lantaran adanya gejala alam, akibat globalisasi, faktor kebudayaan yang berbeda, dan kurangnya kesejahteraan masyarakat. Misalnya saja yang baru-baru ini terlihat terkait dengan pemberontakan yang dilakukan oleh OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang terus melancarkan serangan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah Papua.


Permasalahan Sosial

Permasalahan sosial adalah keadaan yang tidak kondusif yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat, yang kemudian menimbulkan problematika/masalah segingga ditakutkan mengancam jalannya proses sosial dan interaksi sosial kehidupan yang sudah ada.

Pengertian Permasalahan Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi permasalahan sosial menurut para ahli, diantaranya;

  1. Martin S. Weinberg, Permasalahan sosial adalah keadaan yang dianggap memiliki latar belakang yang bertentangan dengan nilai dan norma yang dijalani oleh masyarakat. Dampaknya adalah timbul proses perubahan sosial yang signifikan.
  2. Soerjono Soekanto, Arti permasalahan sosial adalah ketidaksesuaian kehidupan dalam bermasyarakat akibat pengaruh kebudayaan yang terganggu. Akibatnya, permaslahan sosial dianggap sebagai keadaan yang menakutkan.
  3. Lesli, Permasalahan sosial adalah keadaan yang berpengaruh dalam kondisi kehidupan sosial akibat adanya masalah yang tidak diinginkan, sehingga membutuhkan upaya perwujudan solusi.
  4. Kartini Kartono, Makna permasalahan sosial merupakan situasi yang dapat mengganggu kestabilan kehidupan manusia. Situasi ini dianggap sebagai situasi yang menyimpang hingga akhirnya harus sesegera mungkin untuk dapat diselesaikan.
  5. Arnold Rose, Permasalahan sosial adalah situasi yang tidak diinginkan dan dianggap mempengaruhi pada keadaan masyarakat yang akhirnya kondisi terebut haruslah diberikan upaya untuk melakukan perubahan.
  6. Bulmer, Permasalahan sosial ialah situasi dan kondisi yang tidak diinginkan oleh masyarakat karena adanya paradigma kesalahan sosial yang dianggap tidak wajar.
Baca :   Pembuat Nol Dari Fungsi Kuadrat Y X2 X 12 Adalah


Contoh Permasalahan Sosial

Adapun untuk beragam contoh permasalahan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, berserta solusinya adalah;

  1. Banyaknya anak yang putus sekolah akibat kemampuan ekonomi yang sangat kurang. Solusinya adalah memberikan masukan kepada pemerintah untuk memberikan pendidikan gratis kepada keluarga yang tidak mampu dalam segi finansial.
  2. Pembunuhan yang terjadi akibat terdesaknya arti kebutuhan ekonomi dan nekat melakukan pencurian. Solusinya adalah memberi pengarahan untuk mencari pekerjaan, atau memberikan bekal keterampilan untuk membuka usaha.
  3. Seorang anak bergabung dalam geng motor untuk melampiaskan rasa kesepiannya akibat kurang mendapatkan perhatian orang tua. Solusinya dengan adanya orang tua sudah seharusnya memberikan waktu luang untuk memperhatikan perkembangan psikis dari anak.
  4. Seorang perempuan menjadi korban pelecehan seksual oleh orang yang tidak bertanggung jawab di fasilitas umum. Solusinya adalah memberikan pendidikan seks pada anak sejak dini untuk menghindari adanya pelecehan seksual.
  5. Munculnya pemukiman liar akibat ketidakmerataan penduduk di suatu daerah. Solusinya adalah merelokasi penduduk pemukiman tersebut untuk tinggal di rumah susun yang sudah disediakan pemerintah.
  6. Banyaknya beragam jenis pengangguran di perkotaan akibat kurangnya lapangan pekerjaan.Solusinya adalah memberikan pelatihan untuk berwirausaha.
  7. Perceraian akibat perselingkuhan yang terjadi dalam keluarga, apalagi saat adaya panemi Covid-19 yang mana banyak sekali masyarakat kehilangan pekerjaannya. Solusi yang diberikan adalah meluangkan waktu untuk keluarga agar mencegah terjadinya perceraian sekaligus melakukan bentuk tindakan sosial yang tergolong berbisnis.
  8. Penelantaran anak yang menjadi korban perceraian orang tua. Solusi yang bisa dilakukan adalah memediasi kedua orang tua agar tidak menelantarkan anak mereka.
  9. Kelaparan yang melanda beberapa daerah akibat distribusi bahan pangan tidak merata. Solusi yang ditawarkan adalah membangun infrastruktur untuk memperlancar distribusi bahan pangan.
  10. Pesta narkoba yang dilakukan oleh beberapa remaja untuk merayakan kelulusan. Solusi yang dilakukan adalah mengarahkan mereka tentang bahaya narkoba dan akibat yang ditimbulkan dari pemakaian narkoba.
  11. Aborsi yang dilakukan oleh remaja akibat pergaulan bebas. Solusi yang diberikan adalah memberi perhatian lebih kepada remaja tersebut agar tidak melakukan kesalahan tersebut.
  12. Penggusuran rumah warga untuk membebaskan lahan yang diklaim sebagai laha pmerintah. Solusi yang bisa dilakukan adalah memfasilitasi penduduk korban penggusuan utnuk menempati rumah susun.
  13. Tawuran antar pelajar dengan maksud menunjukkan siswa manakah yang paling kuat di daerah tersebut. Solusi yang bisa dilakukan adalah memberikan pengarahan agar melakukan kompetisi dalam bentuk prestasi.
  14. Kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai. Solusi yang bisa dilakukan adalah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara di sekitar wilayah penduduk, serta memberikan penyuluhan akan bahayanya membuang sampah sembarangan.
  15. Munculnya tempat-tempat praktek prostitusi di beberapa wilayah. Solusi yang bisa dilakukan adalah memberikan penyuluhan agar penduduk lokasi terebut mencari pekerjaan yang lebih baik dan membrikan pembekalan terkait pelatihan kerja, serta melakukan relokasi terhadap tempat praktek prostitusi.
  16. Terjadinya konflik sosial khususnya yang dilatarbelakangi atas adanya perbedaan suku, budaya, dan ras sehingga mengakibatkan hilangnya toleransi untuk hidup bersama. Solusi yang diberikan ialah dengan menanamkan sikap bahkan integrasi sosial menjadi jalan untuk mampu melengkapi satu sama lainnya.
  17. Adanya bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah. Misalnya saja tsunami yang menerpa Aceh pada tahun 2004, dimana pada saat itulah permasalahan sosial muncul lantaran telatnya kiriman bantuan dari warga. Solusi yang diberikan ialah memperkuat konektivitas antar lembaga dalam sistem sosial peremerintahan.
  18. Bantuan pemerintah yang salah sasaran karena ketidakadanya pemabaruan data yang jelas. Sehingga tak khayal realitas sosial atas kondisi ini menyebabkan adanya kecemburuan sosial, solusi yang ditawarkan ialah dengan terus menerus memperbaharui data dalam sistem kependudukan.
  19. Adanya budaya populer yang tidak diimbangi dengan penguasaan terhadap kebudayaan sendiri, sehingga pada akhirnya masyarakat secara luas lebih mengangung-angungkan kebudayaan lain sedangkan budaya sendiri tidak terawat. Prihal ini juga menjadi permasalahan sosial akibat globalisasi, adapaun solusi yang ditawarkan ialah dengan memberikan pelatihan sekaligus menkombinasikan budaya nasional dengan unsur teknologi yang kekiniaan.
  20. Masih minimnya
    skill
    masyarakat Indonesia dalam pemahaman terkait dengan dunia digital sehingga manakala ada pemberitaan terkait dengan platform mana yang menjanjikan semuanya seraya terdorong untuk mengikutinya tanpa paham dasar-dasar yang dibutuhkan. Contohnya saja ketika NTF familiar masyarakat bahkan ada yang menjual data-data pribadi untuk memperoleh penghasilan, padahal KTP ataupun lainnya menjadi otentik bagi semua keberadaan individu dalam negara.
Baca :   Apa Maksud Gapi Menuntut Indonesia Berparlemen


Faktor Penyebab Permasalahan Sosial

Adapun faktor penyebab permasalahan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Urbanisasi, Urbanisasi adalah proses terjadinya perpindahan individu dari daerah pedesaan menuju daerah perkotaan. Urbanisasi dapat menyebabkan perubahan besar pada sisi sosial, ekonomi dan perubahan lingkungan.
  2. Kemiskinan, Kemiskinan adalah suatu kondisi masyarakat yang memiliki kekurangan materi dan finansial. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor yaitu sosial, ekonomi, dan politik. Kemiskinan dapat menyebabkan masyarakat kekurangan makanan, kelaparan, dan tidak mendapatkan fasilitas kesehatan yang semestinya dan juga pendidikan yang berkualitas.
  3. Ledakan penduduk, Ledakan penduduk merupakan salah satu faktor terjadinya permasalahan sosial.
    Over populations
    merupakan kondisi yang tidak diinginkan dalam masyarakat. Beberapa dampak negatif dari adanya ledakan penduduk adalah berkurangnya sumber daya alam.
  4. Diskriminasi gender, Pengertian diskriminasi gender merupakan keputusan rumah tangga yang sepenuhnya dibuat oleh laki-laki. Permasalahan ini lebih sulit untuk ditangani akibat masalah yang ada tidak terlihat secara kasat mata.
  5. Kurangnya pendidikan, Kurangnya pendidikan pada diri seseorang akan berdampak kepada generasi penerusnya dan perpengaruh ke beberapa aspek di dalam kehidupan masyarakat.
  6. Kurangnya perhatian terhadap remaja, Ketidakpedulian terhadap perkembangan remaja akan berdampak pada lingkungan sosial. Tindakantersebut seperti pencurian, pembunuhan, serta tindakan kriminalitas lainnya.

Dari penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa penyebab masalah sosial pada umumnya yang ada di masyarakat, karena adanya rasa ketidaksesuaian antara keinginan dengan kenyataan yang ada di dalam lingkungan masyarakat, sehingga kondisi ini memunculkan beragam dinamika-dinamika yang mengancam dalam keteraturan sosial.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh permasalahan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘permasalahan sosial’.

Baca :   Contoh Caption Bahasa Inggris Kelas 12


Rating:
3.0/5. From 11 votes.

Please wait…