Contoh Soal Un Bahasa Indonesia Sma 2015

Contoh Soal Un Bahasa Indonesia Sma 2015

Kalau elo sudah klik artikel ini, artinya elo sudah semangat banget nih buat mempersiapkan SNBT 2023 nih.

Sesuai dengan mandat Mas Menteri, sekarang SNBT (UTBK) 2023 nanti hanya menggunakan Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk menguji penalaran dan logika kita dalam memahami konsep dasar. Ada soal potensi kognitif, penalaran matematika, dan literasi dalam berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Di artikel ini, kita bahas tentang literasi dalam berbahasa Indonesia saja ya.

Literasi berbahasa adalah materi TPS SNBT yang mengukur kemampuan elo di bidang bahasa dan logika verbal. Di sini terdapat soal pembahasan isi bacaan yang menguji kemampuan elo untuk membaca dan memahami teks secara utuh. Selain itu, ada juga soal penalaran  kebahasaan yang menguji pemahaman elo tentang kaidah penulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Nggak cuma itu, elo juga harus bisa memahami inti paragraf, pesan tersirat, dan juga kesimpulannya. Isi soalnya adalah tentang kelebihan dan kelemahan paragraf, ide pokok, kesimpulan, penulisan kata, hubungan antar paragraf, penggunaan tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif.

Sampai sini sudah paham? Sudah siap mengerjakan contoh soal?
And here we go, contoh soal TPS literasi berbahasa Indonesia.

Contoh Soal per Bab

Contoh Soal Membaca Teks – Tes Evaluasi Membaca Teks

  1. Teks berikut untuk soal nomor 1 dan 2

(1) Dalam beberapa tahun terakhir, mulai banyak pasien anak dan remaja yang memiliki keluhan pada tulang belakang. (2) Padahal, rasa sakit seperti ini biasanya dialami orang yang berusia 40 tahun ke atas. (3) Anak dan remaja ini ternyata gemar menggunakan gadget, seperti telepon pintar, komputer, dan tablet. (4) Banyak dari mereka yang bermain gadget sambil tengkurap, membungkuk, atau lehernya ke bawah untuk menatap layar monitor, sehingga kepala membebani leher. (5) Ada pula yang badannya bersandar di kursi dengan posisi layar lebih tinggi dari pada mata. (6) Di samping itu, juga ada yang memiringkan kepala ke satu sisi untuk menjepit gadget di antara telinga dan pundak ketika menelepon. (7) Apabila ini dilakukan terus menerus, tulang belakang akan “protes” dengan mengirimkan sinyal nyeri. (8) Ada berbagai macam sensasi nyeri pada tulang belakang, seperti ditusuk-tusuk, kesemutan, tersetrum, dan nyeri cenat cenut seperti sakit gigi. (9) Pada nyeri yang diakibatkan gadget, biasanya sensasinya seperti tersetrum. (10) Nyeri ini memang tak berbahaya. (11) Tetapi, jika dibiarkan terus menerus, nyeri ini bisa merusak postur tulang. (12) Ada tiga tahapan nyeri pada tulang belakang, yaitu rasa nyeri yang dialami otot, kemudian menjalar ke sendi, dan terakhir mengenai tulang.

Apa gagasan utama paragraf pertama?

A. Penyakit tulang belakang meningkat beberapa tahun terakhir.

B. Keluhan pada tulang belakang biasanya dialami orang tua.

C. Jumlah anak dan remaja yang mengeluhkan sakit tulang belakang meningkat.

D. Anak dan remaja gemar menggunakan gadget dengan cara yang tidak benar.

E. Posisi menggunakan gadget menyebabkan nyeri tulang belakang.

Cek jawabannya di sini: Tes Evaluasi – Membaca Teks (zenius.net)

  1.  Manakah pertanyaan yang jawabannya tidak terdapat dalam teks?

A. Bagaimana rasa nyeri yang disebabkan oleh penggunaan gadget?

B. Apa akibat dari rasa nyeri yang tidak diobati?

C. Mengapa banyak anak dan remaja menderita nyeri pada tulang belakang?

Baca :   Setiap Hari Seorang Pengrajin Tas Memproduksi Dua Jenis Tas

D. Bagaimana kebiasaan remaja memainkan gadget?

E. Kapan para anak dan remaja biasanya menggunakan gadget?

Cek jawabannya di sini: Tes Evaluasi – Membaca Teks (zenius.net)

  1. Menangis adalah respons alamiah manusia terhadap luapan emosi yang dialaminya. Emosi yang membuat seseorang menangis biasanya berbentuk rasa sakit dan sedih, tetapi ada pula kondisi lain yang dapat memicunya. Contohnya, seseorang bisa gampang menangis saat melihat sesuatu yang indah atau ketika merasa terharu. Anda sama sekali tidak merasakan emosi negatif, tapi Anda justru menunjukkan respons yang sama dengan orang-orang yang mengalami kesedihan.

Menangis sebenarnya merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi pada diri Anda. Sadar maupun tidak, Anda mungkin sedang ( … ) sedih, frustrasi, mengalami luapan emosi, atau sekadar ingin mendapatkan perhatian orang lain. Perilaku ini diyakini dapat memberikan efek lega karena tubuh Anda melepas hormon penyebab stres dan berbagai jenis racun yang menyertainya. Rasa lega yang timbul akhirnya mampu menurunkan risiko depresi dan kecemasan. Inilah keuntungan bagi mereka yang gampang menangis.

 Tidak berhenti sampai di situ, menangis juga berkaitan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial. Perilaku ini menimbulkan empati pada orang-orang di sekitar Anda, terutama mereka yang memiliki hubungan baik dengan Anda.

Inti paragraf satu pada teks di atas adalah ….

A. menangis tidak hanya berkaitan dengan emosi negatif manusia

B. menangis dapat membantu manusia mengungkapkan perasaan

C. menangis dapat melepas hormon stres

D. untuk meluapkan emosi, menangis adalah respon alamiah manusia

E. rasa sakit dan sedih membuat seseorang menangis

Cek jawabannya di sini: Tes Evaluasi – Membaca Teks (zenius.net)

Contoh Soal Paham Kalimat, Paham Teks – Tes Evaluasi – Sintaksis

  1. Penjualan sisiknya untuk pengobatan tradisional Tiongkok dan dagingnya sebagai makanan lezat, telah menjadikan trenggiling sebagai mamalia yang … diperdagangkan di dunia. Kelangsungan hidup trenggiling … sehingga pada 2016, perdagangan komersial internasional melarang perdagangan hewan tersebut. Namun begitu, … yang disampaikan eksklusif kepada National Geographic menemukan bahwa, perdagangan sisik dan daging trenggiling masih tinggi pada 2022. Di seluruh dunia, peningkatannya lebih dari 200 persen dari lima tahun sebelumnya. Ada sekitar 128 ton yang disita oleh penegak hukum.

Sumber: nationalgeographic.co.id (dengan modifikasi)

Pertanyaan:
Frasa yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah ….

A. tidak banyak, akan terancam, dan selembar laporan baru

B. paling banyak, sangat terancam, dan sebuah laporan baru

C. kurang banyak, tidak terancam, dan sebuah laporan baru

D. akan banyak, cukup mengkhawatirkan, dan sebagian laporan baru

E. paling banyak, belum terancam, dan seluruh laporan baru

Cek jawabannya di sini: Tes Evaluasi – Sintaksis (zenius.net)

  1. (1) Globalisasi menjadi tantangan untuk semua aspek kehidupan termasuk kebudayaan. (2) Era global menuntut kesiapan kita untuk siap berubah menyesuaikan perubahan zaman dan mampu mengambil setiap kesempatan. (3) Budaya tradisional di Indonesia sebenarnya lebih kreatif dan tidak bersifat meniru, namun yang menjadi masalah adalah bagaimana mempertahankan jati diri bangsa. (4) Sebagai contoh sederhana, budaya gotong royong di Indonesia saat ini hampir terkikis habis, yang digantikan oleh sikap individual dan tidak peduli kepada orang lain. (5) Perlu dipikirkan agar kebudayaan kita tetap dapat mencerminkan kepribadian bangsa.

(6) Dalam era globalisasi, kebudayaan tradisional mulai mengalami erosi. (7) Semua orang, terutama anak muda, lebih senang menghabiskan waktunya mengakses internet daripada mempelajari tarian dari kebudayaan sendiri. (8) Orang akan merasa bangga ketika dapat meniru gaya berpakaian orang Barat dan menganggap budayanya ketinggalan zaman. (9) Globalisasi akan selalu memberikan perubahan. (10) Oleh karena itu, harus meneliti apakah berbagai budaya yang masuk tersebut bersifat positif atau negatif.

Baca :   Wilayah Pasang Surut Air Laut Disebut Zona

Kalimat yang tidak efektif dalam teks di atas adalah kalimat ….

A. (1)

B. (2)

C. (5)

D. (8)

E. (10)

Cek jawabannya di sini: Tes Evaluasi – Sintaksis (zenius.net)

  1. (1) Dalam beberapa tahun terakhir, mulai banyak pasien anak dan remaja yang memiliki keluhan pada tulang belakang. (2) Padahal, rasa sakit seperti ini biasanya dialami orang yang berusia 40 tahun ke atas. (3) Anak dan remaja ini ternyata gemar menggunakan gadget, seperti telepon pintar, komputer, dan tablet. (4) Banyak dari mereka yang bermain gadget sambil tengkurap, membungkuk, atau lehernya ke bawah untuk menatap layar monitor, sehingga kepala membebani leher. (5) Ada pula yang badannya bersandar di kursi dengan posisi layar lebih tinggi dari pada mata. (6) Di samping itu, juga ada yang memiringkan kepala ke satu sisi untuk menjepit gadget di antara telinga dan pundak ketika menelepon. (7) Apabila ini dilakukan terus menerus, tulang belakang akan “protes” dengan mengirimkan sinyal nyeri.

(8) Ada berbagai macam sensasi nyeri pada tulang belakang, seperti ditusuk-tusuk, kesemutan, tersetrum, dan nyeri cenat cenut seperti sakit gigi. (9) Pada nyeri yang diakibatkan gadget, biasanya sensasinya seperti tersetrum. (10) Nyeri ini memang tak berbahaya. (11) Tetapi, jika dibiarkan terus menerus, nyeri ini bisa merusak postur tulang. (12) Ada tiga tahapan nyeri pada tulang belakang, yaitu rasa nyeri yang dialami otot, kemudian menjalar ke sendi, dan terakhir mengenai tulang.

Kata sambung yang salah adalah ….

A. sambil pada kalimat (4)

B. sehingga pada kalimat (4)

C. apabila pada kalimat (7)

D. seperti pada kalimat (8)

E. tetapi pada kalimat (11)

Cek jawabannya di sini: Tes Evaluasi – Sintaksis (zenius.net)

Contoh Soal Paham Makna, Paham Teks – Tata Makna

  1. (1) Flu singapura pada dasarnya adalah flu yang menyerang kekebalan tubuh, terutama anak-anak, yang dilakukan oleh virus RNA dari jenis Reterovirus. (2) Virus ini pertama kali ditemukan di Singapura dan itu pula yang kemudian menyebabkan flu ini dinamakan flu singapura. (3) Dalam bahasa medis internasional flu ini dinamakan HMFD atau Hand Mouth and Foot Disease. (4) Penamaan ini berdasar pusat serangan yang terfokus pada luka di kaki, tangan, dan mulut. (5) Bila kebanyakan virus flu menyerang area pernafasan dan area lendir, maka serangan virus ini cenderung lebih muncul pada kulit. (6) Kadang gejala pada kulit akan muncul pertama kali dari gejala demam dan tanda-tanda flu lain, seperti munculnya sariawan berat dan peradangan di area tenggorokan depan. (7) Proses penularannya cukup mudah, tetapi kebanyakan penularan berawal dan interaksi langsung kulit dengan media yang sudah terpapar virus RNA. (8) Penularan itu bisa melalui proses sentuhan kulit dengan pengidap flu singapura atau tersentuh benda yang sudah terkontaminasi flu singapura. (9) Aktivitas makan dan minum bercampur dengan pengidap flu singapura juga bisa menyebabkan penularan.

Pertanyaan:  Kata terkontaminasi pada kalimat (8) bermakna ….

A. tersentuh

B. terkotori

C. terkena

D. terpengaruh

E. tercampuri

Cek jawabannya di sini: Tes Eval – Tata Makna (zenius.net)

  1. (1) Para arkeolog menemukan reruntuhan tempat pemandian kuno yang bergaya Romawi. (2) Reruntuhan itu berasal dari abad ke-10 di daerah
    otonom
    Uighur Xinjiang, China Barat Laut. (3) Reruntuhan tersebut terdiri atas struktur utama batu bata yang diapit oleh beberapa sumur dan struktur batako di sisi timur. (4) Struktur utama terdiri atas dua bagian, yaitu bagian bawah tanah dan bagian permukaan. (5) Bagian bawah tanah digunakan untuk cerobong asap dan suplai panas. (6) Sementara itu, struktur di permukaan berfungsi sebagai tempat orang-orang mandi. (7) Di dalam reruntuhan itu, para arkeolog juga menemukan beberapa artefak, seperti tembikar, batu bata persegi, dan dekorasi bunga di dinding yang menunjukkan pertemuan antara budaya dataran tengah dan budaya setempat. (8) Menurut Wei Jian, profesor yang bertanggung jawab atas penggalian itu, pemandian tersebut merupakan bagian dari kota kuno yang dikenal sebagai Tang Chao Dun yang dibangun pertama kali pada awal Dinasti Tang (618—907 M).
Baca :   Bagaimana Proses Metagenesis Pada Tumbuhan Paku

 sumber: kompas.com (dengan modifikasi)

Kata yang memiliki makna yang sama dengan kata yang bercetak tebal di atas adalah ….

A. eksklusif

B. terbatas

C. khusus

D. istimewa

E. independen

Cek jawabannya di sini: Tes Eval – Tata Makna (zenius.net)

  1. Para relawan membantu evakuasi korban pasca tsunami.

Makna kata evakuasi adalah ….

A. penyaluran secara cepat

B. pengangkatan mayat yang berserakan

C. penyelamatan secara darurat

D. pemindahan dari daerah berbahaya

E. pencegahan bahaya

Cek jawabannya di sini: Tes Eval – Tata Makna (zenius.net)

  1. Hartinah hanya menjadi
    benalu
    bagi keluarganya, tak sedikit tetangga yang merasa geram akan tingkahnya.

Kata yang bercetak miring dalam kutipan di atas mengandung makna ….

A. kelompok tumbuhan parasit yang banyak menyerang dan merusak berbagai jenis tanaman perkebunan

B. nama suatu tumbuhan yang menempel dan menghisap saripati tumbuhan inangnya

C. cerminan terhadap orang yang suka berbohong

D. sebutan bagi orang yang mengganggu dan merugikan lingkungan sekitarnya E. orang yang kikir dan arogan

Cek jawabannya di sini: Tes Eval – Tata Makna (zenius.net)

  1. Peringatan
  • Beri tahu dokter jika memiliki alergi pada obat atau bahan tertentu.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan acyclovir jika memiliki masalah pada ginjal atau kondisi yang melemahkan sistem imun, misalnya baru menjalani transplantasi organ.
  • Studi pada binatang percobaan tidak memperhatikan adanya risiko terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.
  • Acyclovir dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter.

Cara Mengonsumsi

  • Pastikan ada jarak waktu yang cukup dan teratur antara satu dosis dengan dosis berikutnya.
  • Usahakan juga untuk mengonsumsi acyclovir pada jam yang sama setiap harinya untuk memaksimalkan efek obat.
  • Bila lupa mengonsumsi acyclovir tablet, disarankan untuk segera melakukannya jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Kata abai pada kalimat
Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis
memiliki makna ….

A. tidak menghiraukan

B. tidak memperhatikan

C. tidak melaksanakan

D. tidak mengonsumsi

E. tidak mengindahkan

Cek jawabannya di sini: Tes Eval – Tata Makna (zenius.net)

Contoh Soal Tahun Sebelumnya

Contoh soal-soal tadi masih kurang? Tenang, elo masih bisa belajar lewat soal UTBK dari tahun-tahun sebelumnya di sini.

  1. Latihan Soal UTBK 2022 – PPU
  2. Latihan Soal UTBK 2022 – PBM
  3. Latihan Soal UTBK 2022 – PPU
  4. Latihan Soal UTBK 2022 – Set 1
  5. Latihan Soal UTBK 2022 – Set 2
  6. Latihan Soal UTBK 2017
  7. Latihan Soal UTBK 2016

Gimana? Apakah elo bisa menjawab soal-soal tadi dengan sempurna? Kalau masih belum bisa jawab semuanya dengan benar, atau kalau masih ada keraguan di hati lo dalam menjawab soal-soal tadi, tenang aja, masih ada waktu kok.

Elo bisa berlangganan paket belajar di Zenius. Kalau elo berlangganan, elo bisa menonton video materi, belajar, dan juga mengerjakan latihan soal. Yuk, berlangganan!


Contoh Soal Un Bahasa Indonesia Sma 2015

Source: https://www.zenius.net/blog/contoh-soal-snbt-literasi-bahasa-indonesia

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …