Daftar Nilai Yang Diterima Snmptn Uns 2022

Daftar Nilai Yang Diterima Snmptn Uns 2022

Kuota Siswa yang Bisa Ikut Jalur SNMPTN

Berdasarkan ketentuan Akreditasi, kuota peserta Jalur SNMPTN tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Sekolah Akreditasi A, bisa mendaftarkan maksimal 40% siswa terbaik di sekolahnya;
  2. Sekolah Akreditasi B, bisa mendaftarkan maksimal 25% siswa terbaik di sekolahnya;
  3. Sekolah Akreditasi C dan lainnya, bisa mendaftarkan maksimal 5% terbaik di sekolahnya.



Kuota SIswa SNMPTN

Gimana cara mengetahui kamu bisa daftar jalur SNMPTN atau enggak?

Sekolah punya kewenangan mutlak untuk menentukan siswa yang bisa ikut jalur SNMPTN. Kalau kamu terpilih, itu tandanya kamu termasuk siswa eligible. Nah, siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak dalam pemeringkatan yang dilakukan pihak sekolah Biasanya, sekolah akan melakukan pemeringkatan seluruh siswa kelas 12 sekitar 1 bulan sebelum pendaftaran SNMPTN dibuka. Pemeringkatan ini terintegrasi dengan sistem PDSS yang merupakan database nilai siswa. Semua proses penginputan nilai dilakukan oleh pihak sekolah. Siswa hanya diminta untuk verifikasi data nilai rapornya saja.



Aturan Jalur SNMPTN 2022

Biasanya, sekolah akan melakukan pemeringkatan berdasarkan nilai mata pelajaran berikut:

Selain peringkat, masing-masing sekolah juga bisa menambah kriteria lain, seperti prestasi akademik, khususnya untuk menentukan peringkat kalau ada siswa yang nilainya sama.

Setelah melakukan pemeringkatan, sekolah akan memilih sejumlah siswa untuk daftar SNMPTN sesuai ketentuan kuota akreditasi sekolah. Baru deh diumumkan, siswa mana yang eligible ikut daftar SNMPTN atau enggak.

Jika ada siswa peringkat atas yang tidak ikut SNMPTN, misalnya dia mau lanjut kuliah ke luar negeri atau mau lanjut kerja, sekolah akan memilih siswa lain untuk menggantikannya dan memenuhi kuota.

Buat yang ga kepilih setelah pemeringkatan, alhasil tentunya ga bisa daftar SNMPTN dan harus memperjuangkan nasib lewat jalur ujian tulis, seperti UTBK SBMPTN atau Ujian Mandiri.

Peluang dan Strategi

Persebaran Peluang Penerimaan SNMPTN

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh akun twitter @halokampus pada SNMPTN 2015, peluang keterima SNMPTN di pilihan kedua jauh sangat kecil daripada pilihan pertama. Jadi mantapkan betul pilihanmu ya. Jika kamu emang kepengen banget suatu jurusan, langsung taruh di Pilihan 1.



SNMPTNAdmissionSelectionSystem_3

Berdasarkan survei yang sama, hanya 1% dari peserta SMK yang berhasil lolos seleksi SNMPTN. Untuk itu, Zenius menyarankan bagi pelajar SMK untuk tidak terlalu mengharapkan seleksi SNMPTN. Siswa SMK yang mau lanjut kuliah ke PTN, bisa langsung fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK dan Ujian Mandiri, seperti SIMAK UI, SPMB STAN, UM UGM, dan masih banyak lagi. Khusus bagi pelajar SMK, Zenius juga merekomendasikan untuk membaca tips belajar SBMPTN untuk pelajar SMK.



SNMPTNAdmissionSelectionSystem_4

Tiap tahunnya, tingkat kelulusan SNMPTN tidak lebih dari 20%. Artinya, misal dari 500rb peserta yang daftar, hanya 100rb yang dapat kata Selamat. Sisanya, harus menelan pil pahit. Berikut adalah persentase kelulusan SNMPTN dari tahun 2015-2022, supaya kamu kebayang peluang kelolosan dari seleksi SNMPTN untuk skala nasional.

Tingkat penerimaan pada tabel di atas adalah untuk keseluruhan SNMPTN. Tiap program studi di tiap PTN punya tingkat penerimaan tersendiri. Bisa dihitung dari daya tampung/peminat tahun lalu. Jurusan favorit seperti Kedokteran UI, bisa punya tingkat persaingan 1%. Artinya, misal dari 10.000 yang daftar, akhirnya cuma 100 yang diterima.

Penting untuk menghitung tingkat persaingan jurusan yang kamu tuju di beberapa PTN. Dari situ, kamu bisa memasang Pilihan 1 dengan lebih strategis, disesuaikan dengan tingkat persaingan, prestasi kamu pribadi, dan reputasi sekolah.

Strategi Memaksimalkan Peluang Lolos SNMPTN

Daftar Nilai Yang Diterima Snmptn Uns 2022

Source: https://www.zenius.net/panduan/snmptn/

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …