Mencari rasio deret geometriyang merupakan salah satu materi dalam matematika yang sebenarnya tidak sulit untuk dipelajari. Rasio sendiri adalah suatu materi dimana kita akan melakukan perbandingan diantara dua suku. Dengan mengetahui rasio dalam deret geometri maka kita bisa melihat pola suatu deret geometri. Tentunya hal yang perlu diperhatikan dalam perhitungan matematika apapun adalah tingkat ketelitian. Oleh karena itu, pembelajaran materi matematika apapun akan perlu menerapkan cara mengajar matematika yang mudah dan menyenangkan. Penerapan cara ini juga bisa diterapkan untuk materi yang memiliki perhitungan didalamnya.

Soal Mencari Rasio Deret Geometri

Ada beberapa rumus yang bisa digunakan untuk membantu mencari rasio pada deret geometri. Rumus ini sebenarnya sangatlah sederhana dimana kita hanya perlu menggunakan rumus deret geometri yang sudah ada dan mengotak – atiknya untuk mendapatkan nilai rasio dari suatu deret geometri. Untuk rumus deret geometri tidak terhingga juga memiliki cara pencarian rasio yang sama. Yang perlu dilakukan hanyalah mengotak – atik rumus yang sudah ada. Tetapi, pada kali ini saya tidak akan membahas mengenai perhitungan rasio pada deret geometri tak terhingga. Melainkan, saya akan membahas deret geometri terhingga, atau bisa dilihat rumusnya seperti dibawah ini.

rumus rasio deret geometri

Setelah mengetahui rumus dasar dalam
mencari rasio deret geometri
, maka langkah selanjutnya adalah langsung masuk kedalam contoh soal untuk mengetahui penerapannya dengan lebih baik. Untuk materi matematika beserta contoh soal lainnya juga bisa ditemukan dalam website ini seperti 20 contoh soal matematika kelas 6 untuk menghadapi ujian nasional. Karena rumus deret geometri akan berbeda tergantung pada rasionya, maka untuk mencari rasio dalam deret geometri biasanya akan diberi tahu apakah rasio itu kurang dari satu (>1), lebih dari satu (<1,) atau sama dengan satu (= 1). Berikut ini adalah beberapa contoh soal dalam mencari rasio pada deret geometri.

Baca :   Hasil Pengukuran Mikrometer Sekrup Pada Gambar Berikut Adalah

1. Suatu deret geometri dengan suku pertama 1440 dan n 5, Tentukan nilai rasionya jika Sn = 2790 (rasio kurang dari 1).

Untuk mengerjakan soal seperti ini, dimana kita harus mengotak – atik rumus yang sudah ada maka hal pertama yang peru dilakukan adalah menentukan rumus yang tepat yang ingin digunakan. Untuk menentukan rumus yang tepat dalam memecahkan soal pada nomor 1 ini maka ada hal yang bisa kita lihat. Contoh soal pada nomor 1 sudah dengan jelas menjelaskan bahwa rasio yang nantinya akan ditemukan bernilai kurang dari 1. Setelah mengetahui rumus mana yang akan digunakan maka langkah selanjutnya adalah mengisi data yang nantinya akan dimasukkan pada rumus yang sudah ada.

2. Suatu deret geometri dengan suku pertama 3 dan n 8, Tentukan nilai rasio pada deret geometri ini jika Sn = 9840 (rasio lebih dari 1)

rumus deret geometri rasio lebih dari 1
rumus deret geometri rasio lebih dari 1

Rumus diataslah yang digunakan untuk menghitung nilai rasio pada contoh soal ini. Rumus tersebt dipilih dan digunakan karena sudah jelas pada keterangannya pada soal bahwa nilai rasio yang ditemukan nantinya akan bernilai lebih dari satu. Karena hal penting yang pertama ini telah ditentukan, maka kita sekarang tinggal lanjut ke langkah berikutnya. Setelah itu, maka hal yang perlu kita lakukan adalah melihat dan mencari data yang diperlukan untuk dimasukkan kedalam rumus tersebut. Untuk nilai Sn, telah diketahui nilainya sebesar 9840. Pada soal tersebut juga bisa dilihat bahwa nilai a atau suku pertama adalah sebesar 3 dengan nilai n 8. Data yang diperlukan dalam mengerjakan soal ini sudah ditemukan, maka langkah terakhir hanyalah memasukkan data pada rumus dn menghitungnya.

3. Dengan nilai a sebesar 640, dan nilai n sebesar 8 dengan nilai S8 sebesar 125. Maka, tentukan nilai rasio dari deret geometri 640 + 320 + 160 + … (rasio kurang dari 1)

Baca :   Membaca Ekstensif Dilaksanakan Terutama Dalam Rangka
rumus deret geometri rasio kurang dari 1
rumus deret geometri rasio kurang dari 1

Pada soal ini, maka rumus diataslah yang akan digunakan karena rasio yang ditunjukkan adalah rasio yang bernilai kurang dari 1. Setelah mengetahui bahwa kita akan menggunakan rumus diatas untuk menghitung rasio yang perlu kita cari, maka mari melanjutkan ke langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya adalah untuk melihat data apa saja yang diperlukan dalam perhitungan rumus ini. Pada soal sudah jelas diberikan data Sn yang adalah S8 dengan nilai 125. Selanjutnya, untuk data a atau suku pertama dalam deret geometri adalah 640. Untuk nilai n juga sudah diketahui yaitu 8. Maka hal terakhir yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan semua data yang ada kedalam rumus yang sudah ada dan menghitungnya.

Itulah materi kita pada hari ini yaitu mencari rasio deret geometri. Saya harap informasi ini bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perhitungan rasio pada deret geometri. Karena mungkin akan cukup suli dalam perhitungannya karena kita perlu untuk mengotak – atik rumus yang ada. Maka jangan lupa untuk tetap melakukan latihan secara terus menerus untuk memperlancar pemahaman Anda akan materi mayematika ini ataupun materi matematika yang lain dengan lebih baik. Terima kasih karena Anda telah memberikan waktu untuk membaca artikel dari kami. Temukan juga berbagai artikel lainnya pada website ini seperti yuk belajar cara meningkatkan IQ anak bayi dalam kandungan.