Filum Echinodermata Mempunyai Ciri Ciri Sebagai Berikut Kecuali

Filum Echinodermata Mempunyai Ciri Ciri Sebagai Berikut Kecuali

Contents

  • 1

    Pengertian, Ciri, Karakteristik dan Klasifikasi Echinodermata

    • 1.1

      Ciri-ciri Filum Porifera
    • 1.2

      Karakteristik Echinodermata
    • 1.3

      Klasifikasi Echinodermata
    • 1.4

      1. Asteroid
    • 1.5

      2. Echinoidea
    • 1.6

      3. Ophiurodea
    • 1.7

      4. Holothuroidea
    • 1.8

      5. Crinoida
    • 1.9

      Share this:


Pengertian, Ciri, Karakteristik dan Klasifikasi Echinodermata


Klasifikasi Echinodermata

– Indonesia memang kaya sekali akan fauna. Banyaknya fauna inilah yang membuat para ahli menggolongkannya menjadi dua kerumunan besar, yakni vertebrata dan invertebrata. Lega kesempatan barangkali ini kita akan membahas keseleo satu anggota invertebrate, yakni Echinodermata.


Ciri-ciri Filum Porifera


Echinodermata dalam bahasa artinya satwa yang berduri. Hal ini sesuai karakteristik tubuh anggotanya nan mempunyai alat peraba berduri. Echinodermata adalah anggota dari subfilum invertebrate (satwa tanpa lemak tulang belakang) dengan kaki berbentuk tabung serta hidup di pangkal perairan. Cuma, sreg sejumlah anggota mereka bisa hiduo di air payau.

Sepanjang ini anggota berusul Echinodermata termaktub sebanyak 7000 keberagaman. 80 diantaranya mempunyai rayapan badan lamban, atau dikenal dengan sessil. Echinodermata hidup dalam habitat yang bebas, untuk diperairan misalnya pantai san pula raksasa paling dalam. Biasanya Echinodermata ini memakan sejenis plankton/ organisme rusak, sehingga disebut dengan decomposer.

Baca :   Sebutkan 5 Tugas Afnei Di Indonesia


Karakteristik Echinodermata


Echinodermata merupakan dabat tanpa benak belakang, anggota invertebrate. Meskipun demikian, Echinodermata tergolong tingkatannya tinggi. Dia berkembangbiak secara seksual, yakni hewan kesatria dan betina mengeluarkan kurungan gametnya di air laut serta proses fertilitasi ini berlantas dengan eksternal intern laut. Berikut ini adalah karakteristik Echinodermata, diantaranya :

1. Triploblastic selomata
2. Ketika bernga, tubuhnya simetri liberal dan darurat dewasa tubuhnya simetri radial
3. Struktur rancangan tubuhnya zat kitin
4. N kepunyaan struktur kaki ambulakral intern sistem pergerakannya
5. Sistem pencernaan sanding contoh, terkecuali asteroidean
6. Lain ada sistem ekskresi hanya berlangsung dengan difusi
7. Reproduksi dengan seksual


Klasifikasi Echinodermata


Echinodermata dikelompokkan menurut struktur dan karakteristik nan khas pada tubuhnya. Berikut yakni klasifikasi Echinodermata :


1. Planetoid


Asteroid adalah anggota Echinodermata nan populer bentuknya mirip bintang. Asteroid ini disebut publik dengan medalion laut. Tubuhnya semua terbungkus duri bersifar tumpul dan singkat. Duri kulitnya berasal dari endokeletan yang bersifat gigih. Ia juga memiliki cakram di pusat (inden tubuh) yang bentuknya bintang. Teladan hewannya yaitu bintang laut (asterias forbesi).
Makara, tulang beragangan tubuh asteroidean ini cakram medalion lima. Sebelah mencolok kelima sudut ini dapat dipakai menjadi senjatanya. Diantara anggota echonodermata yang paling produktif akan jenis ini adalah asteroidan. Terdapat sekitar 1800 spesies yang menyebar di seluruh penjuru samudera. Sira dapat berada dalam peraiaran dangkal/ dalam.


2. Echinoidea


Echinoidea berbentuk tubuh mirip bola, namun ada sejumlah anggotanya nan berbentuk gentat. Tubuh echinodea ini berselimut duri dan menumpu berperilaku tajam dan panjang. Hipotetis dabat echinoidea adalah landak laut dan bulu babi.

Echinodea ini juga berbentuk penyok dan tanpa lengan. Jenis ini berangka pipih dan janjang. Struktur skeleton/ rangkanya terdiri dari kalsium yang bertabiat keras serta kuat. Biasanya echinodea arwah netral diperairan misalnya rantau, sungai dan sumur.

Baca :   Komponen Angkatan Kerja Terdiri Atas Penduduk Usia Kerja Yang

Suka-suka pula yang tinggal banyak tinggal di tanah liat, lumpur dan dibalik karang pantai. Hewan yang tergolong privat papan bawah ini bentuknya melingkar sonder lengan, namun mempunyai duri yang bisa digerakkan. Contohnya adalah : diadema antillarum, strongylocentrotus (bentuknya bola), spatangus (lonjong) dan echinarachnius (seperti uang jasa logam) alias dikenal dolar batu halus.


3. Ophiurodea


Ophio artinya ular belang, jadi berarti anggotanya berbentuk ular. Sepintas memang terlihat seperti asteroidan, saja sudutnya melengkung dan tajam. Anda memiliki struktur lengan pipih, plastis dan fleksibel.
Ophiurodia mempunyai daya generasi yang lumayan tingkatan. Takdirnya riuk satu lengannya puntung, ia boleh tumbuh dan hidup juga. Anggota varietas ini hidup di perairan dangkal serta perairan dalam. Ia memangsa apa bangsa udang yang setingkat memfokus primitive. Biasanya mereka mengalir aktif pada malam hari memakai lengan-lengan panjangnya.


4. Holothuroidea


Kebanyakan orang awam menyebutnya sebagai mentimun laut/ teripang. Struktur tubuhnya berkerangka, dan ia mempunyai mulut & anus sebagai proses pencernaan yang keduanya ada di kutub berlawanan. Sekujur tubunya dikelilingi tentakel, sama halnya coelenterate. Hanya hanya tentakel pada holothurorida memencar di congor. Contoh spesies ini ialah holothurian atra.

Holothuroidea dapat nyawa bebas di dasar laut, rata-rata ia terletak dibalik ramal pesisir/ lumpur. Struktur tubuhnya plastis dan lembut, lamun menyusun dari kalsium seimbang situasi ophiurodea. Ia mengalir memakai ketiga kakinya denga halkum terletak di permukaan bodi. pergerakannya memaki kaidah tekanan hidrostatis dengan keseimbangan diantara air dan persilihan gas luar sistem tubuhnya. Sira pula mempunyai rabu air guna membantu sistem pernapasannya. Contoh spesies ini adalah timun laut dan teripang.


5. Crinoida


Crinoidea atau dikenal dengan lili laut, sebab sekilas mempunyai rajah serupa dengan tumbuhan lili. Sama halnya asteroidean, pada crinodea ini total lengannya panca maupun kelipatannya, dan mulai sejak lengan ini akan mengeluarkan cagak katai yang dikenal dengan pinula. Contoh dari spesies hewan ini ialah metacrinus rotundus.
Fauna jenis ini tubuhnya suka-suka lima tangan yang mencabang. Tulang beragangan tubuhnya kembali mirip dengan lili, bulu kalam atau anakan bakung. Ia akan umur di bawah laut dengan menempel dan tidak dengan kaidah berenang di perairan. Bentuk tubunhnya nan indah inilah yang mampu membuat sebuah struktur taman laut subur di asal laut. Sekarang ini crionidea lebih kerap dijumpai intern keadaan menjadi fosil.

Baca :   Fungsi Larutan Penyangga Dalam Tubuh Manusia

Itulah pembahasan dari
klasifikasi Echinodermata

yang dikelompokkan menjadi 5 kelas, diantaranya adalah Echinoidea, Ophiuroidea, Asteroidea, Holothuroidea, dan terakhir Crinodea. Sendirisendiri diantara mereka memiliki ciri khas eksklusif yang singularis, dan kebanyakan mewah di dasar laut. Semoga menaik ilmunya!

Baca sekali lagi:

  • Inilah 10 Sato Rumpil yang Dilindungi di Indonesia Terlengkap
  • Mata: Bagian Bagian dan Fungsi Terlengkapnya

Filum Echinodermata Mempunyai Ciri Ciri Sebagai Berikut Kecuali

Source: https://cantiks.com/edukasi/filum-echinodermata-mempunyai-ciri-ciri-sebagai-berikut-kecuali/

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …