Gelombang Berikut Yang Memiliki Panjang Gelombang Terbesar Adalah

Gelombang Berikut Yang Memiliki Panjang Gelombang Terbesar Adalah.

Pernah terpikir di pikiran kalian nggak sih bagaimana matahari berada menyinari seisi marcapada? Ternyata, sinar matahari membutuhkan perjalanan hari 8 menit dari meres matahari supaya boleh mencecah mangsa yang cak semau di bumi. Pertualangan seri mentari hingga ke bumi itu harus melewati pangsa zero dan atmosfer bumi. Alasannya adalah karena panah yang berasal pecah matahari merupakan gelombang listrik elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik di seluruh alam segenap terbagi menjadi 7 jenis. Hal yang mengkhususkan masing-masing gelombang adalah panjang gelombangnya. Semakin kecil gelombangnya, maka semakin segara frekuensinya dan segara pula energi yang dikandungnya.

Misal, cahaya berusul senter yang diarahkan ke tubuh kamu tidak akan bisa menembus kulit. Karenanya saja membuat jasad ia lebih bercahaya. Berbeda ketika menunggangi sinar X yang gemuk membantu kamu lakukan melihat tulang nan ada di balik kulit tubuh. Hal itu disebabkan maka itu kilap X nan memiliki kekerapan yang makin janjang bersumber kilauan yang dihasilkan senter.

Selain itu, ada lagi gelombang elektronik yang paling strata dengan kekerapan minimal, yaitu gelombang listrik radio. Gelombang ini biasanya digunakan kerjakan membentangkan komunikasi ke tempat yang lampau jauh. Pada prakteknya, gelombang elektronik ini dimanfaatkan untuk penyerantaan radio dan televisi.

Jika diurut dari yang paling kecil pendek, gelombang elektromagnetik terdiri dari sinar gamma dengan kekerapan minimal ki akbar, diikuti dengan sinar X, seri ultraungu (UV), cahaya terpandang, inframerah, gelombang mikro dan gelombang listrik radio yang memiliki gelombang terpanjang namun punya kekerapan yang minimum.

Nah, penjelasan nan bertambah detail mengenai jenis-jenis spektrum gelombang elektronik elektromagnetik dibahas lebih lengkap dan seru melewati video pembelajaran di aplikasi membiasakan online Pahamify. Lebih tepatnya pada bab Gelombang Elektromagnetik di kelas XII. Makara tunggu malar-malar? Mari, download dan langganan Pahamify sekarang juga!

Kata sandang ini disari berpokok skrip materi pembelajaran Fisika di aplikasi membiasakan online Pahamify yang dibuat oleh Gina Ghassari. Bikin materi sempurna dapat dipelajari menerobos video tercalit dengan mendownload aplikasi Pahamify di Google Play dan Apple App Store.

Lihat Foto

Ilustrasi fenomena udara pelangi. Rajah ini ialah fenomena langit di Verbier, Swiss.

KOMPAS.com
– Gelombang listrik elektromagnetik adalah jenis gelombang yang terdiri dari dua latar, yaitu bidang listrik (elektro) dan bidang magnetik sehingga tidak memerlukan semenjana untuk menular. Ideal gelombang elektromagnetik adalah panah.

Cahaya dari Matahari nan sangat jauh mencecah Bumi dengan merambat paling awal 300.000.000 meter per ketika di luar angkasa yang hampa. Namun gelombang elektromagnetik tidak saja cahaya matahari, lakukan mengetahui apa belaka jenisnya mari kita simak penjelasan berikut ini!

Jenis gelombang elektromagnetik bisa dibedakan menurut spektrum gelombang elektromagnetik. Dilansir terbit Encyclopedia Britannica, jangkauan elektromagnetik adalah rentang radiasi elektromagnetik yang menunjukkan berbagai jenis gelombang elektromagnetik sesuai frekuensi dan pangkat gelombangnya.

Baca lagi: Contoh Soal Menghitung Gelombang Cahaya

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI
Spektrum gelombang listrik elektromagnetik

Gelombang radio adalah pendar elektromagnetik dengan kekerapan terkecil semata-mata panjang gelombang terbesar (ingat bahwa frekuensi berbanding terbalik dengan tingkatan gelombang listrik).

Baca :   Fase Terdispersi Pendispersi Dan Sistem Koloid Yang Sesuai Ditunjukkan Oleh

Gelombang radio digunakan untuk barang apa macam komunikasi, dimulai penyerantaan radio, komunikasi antar kapal laut, hingga kerjakan mengirim sinyal darurat pada tim penolong seperti di film-film.

  • Gelombang Mikro (Microwave)

Dilansir pecah NASA, gelombang listrik mikro yaitu gelombang elektromagnetik nan digunakan lakukan memasak dan pun mempelajari struktur bimasakti terdekat oleh astronom.

Inframerah adalah gelombang elektromagnetik yang lain sekadar dipancarkan Matahari sekadar kembali oleh makhluk hidup. Inframerah digunakan dalam teknologi pengelihatan termal, sistem keamaan, remote control, dan juga pemetaan serdak antar bintang.

Baca juga: Mengatasi Soal Intervensi Cahaya

  • Kilauan Tampak (Visible Light)

Cahaya tampak adalah gelombang elektronik elektromagnetik yang bisa tertentang oleh ain kita begitu juga bangkang, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Terang nan punya panjang gelombang terbesar adalah merah dengan panjang gelombang 620 nm hingga 750 nm. Sedangkan cahaya nan memiliki tataran gelombang elektronik terkecil ialah ungu 380 nm sebatas 450 nm.

Hai Quipperian, bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan cerbak sehat dan taat sukma, ya.

Kemajuan teknologi berbenda mengapalkan khalayak terbang ke asing angkasa. Sangat, bagaimana prinsip mereka berkomunikasi ketika berada di luar angkasa? Bukannya di sana kosong udara ya?

Cukuplah, mungkin itulah yang sering menjadi cak bertanya Quipperian. Para astronot memanfaatkan gelombang radio lakukan berkomunikasi, baik sesama astronot maupun dengan petugas nan suka-suka di Bumi.

Tahukah kamu jika gelombang radio termasuk dalam gelombang listrik elektromagnetik,

lho
. Segala itu gelombang listrik elektromagnetik? Untuk melihat pembahasannya,

stay

terus menyinkronkan Quipper Blog, ya.

Pengertian Gelombang elektronik Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak membutuhkan medium lakukan merambat. Artinya, gelombang elektromagnetik bisa merebak lamun internal ira zero seperti di luar angkasa.

Gelombang elektronik elektromagnetik dibentuk maka itu medan besi berani dan medan elektrik nan saling merambat takut literal. Sumber penghasil gelombang listrik elektromagnetik berbeda-selisih. Beberapa di antaranya dihasilkan oleh nuklir atau atomik yang di dalamnya memuat fisika kuantum. Perhatikan ilustrasi gelombang elektronik elektromagnetik berikut ini.

Untuk kelajuan gelombang elektronik elektromagnetik boleh ditentukan dengan persamaan berikut.

Deklarasi:

c

= kelancaran gelombang elektronik elektromagnetik (m/s);

E

= segara medan elektrik (N/C); dan

B

= besar medan magnet (Lengkung langit).

Skop Gelombang Elektromagnetik

Di awal pembahasan materi ini, dia sudah dikenalkan dengan gelombang radio yang biasa digunakan maka dari itu astronot untuk berkomunikasi. Ternyata, gelombang elektromagnetik itu bukan sahaja gelombang radio saja. Melainkan ada 7 spektrum yang wajib anda hafalkan, yaitu sebagai berikut.

1. Gelombang elektronik radio

Gelombang listrik radio ialah jangkauan gelombang listrik elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang terbesar dan kekerapan terkecil. Gelombang ini dihasilkan maka dari itu elektron plong kawat penghantar. Elektron tersebut nantinya akan menghasilkan arus bolak-balik pada kawat. Gelombang radio dipancarkan melalui

transmitter

(antena pemancar) dan diterima maka dari itu

receiver

(antena penerima).

2. Gelombang mikro

Gelombang elektronik mikro merupakan jangkauan gelombang elektromagnetik yang n kepunyaan frekuensi terkecil kedua sesudah gelombang radio. Frekuensi gelombang listrik mikro adalah 10
10

Hz dengan tangga gelombang 3 mm. gelombang mikro biasa dimanfaatkan untuk kekuatan deteksi asal laut menggunakan radar, membantu pendaratan pesawat, dan sebagainya.

Baca :   Drumband Merupakan Contoh Penyajian Musik Ansambel Membawakan Alat Musik

3. Cerah inframerah

Terang inframerah memiliki kekerapan bertambah besar daripada gelombang mikro. Frekuensi kilat inframerah berada di rentang 10
11

Hz – 10

14

Hz. Artinya, panjang gelombang terang inframerah lebih kecil daripada gelombang listrik radio dan gelombang listrik mikro.

Sinar inframerah banyak diaplikasikan privat nasib sehari-hari, misalnya di bidang kedokteran bakal terapi saraf dan pengobatan penyakit encok, di satah militer untuk meluluk di tempat gelap atau berkabut, di bidang elektronika untuk

remote control
, dan masih banyak lainnya.

4. Cahaya tampak

Jika di spektrum sebelumnya kamu tak dapat melihat wujud gelombangnya, bukan demikian dengan nur terbantah. Warna-warna berma, jingga, kuning, bau kencur, biru, nila, dan ungu merupakan bentuk spektrum pendar tampak. Cahaya terlihat memiliki frekuensi selingkung 10
15

Hz dengan tangga gelombang elektronik 400 nm – 800 nm.

Tangga gelombang terpendek dari binar tertentang dimiliki oleh kilat ungu. Artinya, cahaya ungu n kepunyaan frekuensi dan energi terbesar dibandingkan warna lainnya. Padahal, panjang gelombang terpanjang dimiliki maka itu sinar merah. Petisi kirana tertumbuk pandangan bisa sira lihat pada laser.

5. Nur ultralembayung

Sinar ultralembayung atau biasa disingkat pendar UV yakni spektrum gelombang listrik elektromagnetik yang n kepunyaan kekerapan 10
15

– 10

16

Hz. Tataran gelombang listrik sinar UV adalah 10 – 100 nm. Sinar UV dihasilkan oleh radiasi sinar Matahari.


6. Cuaca X

Sinar X yaitu spektrum gelombang elektromagnetik dengan frekuensi alias energi terbesar kedua setelah sinar gamma. Frekuensi panah X berada di kisaran 10
16

– 10

20

Hz. Sinar ini ditemukan maka dari itu Wilhelm Rontgen. Itulah mengapa sinar X juga biasa disebut cahaya Rontgen. Sinar X dihasilkan oleh aktivitas elektron berkecepatan tinggi yang menarung ferum. Tabrakan antara elektron dan logam disertai pelepasan energi intern rajah radiasi sinar X. Oleh karena energinya sangat osean, lain heran jika sinar X mampu menembus logam dan lemak tulang manusia.

7. Kilap gamma

Cerah gamma yakni jangkauan gelombang elektromagnetik dengan energi termulia. Hal itu dikarenakan sinar gamma memiliki frekuensi tertinggi di antara cak cakupan gelombang elektromagnetik lainnya, yaitu 10
20

– 10

25

Hz. Mengingat energi sinar gamma sangat besar, tak heran kalau sinar ini bisa menembus logam beberapa sentimeter. Sinar gamma dihasilkan maka itu aktivitas radioaktif atau unsur-atom nan tidak stabil di reaksi inti.

Lakukan memuluskan kamu n domestik menghfal elus spektrum gelombang elektromagnetik, perhatikan SUPER “Solusi Quipper” berikut.

Kerjakan rentang frekuensinya, bisa Quipperian lihat di bagan berikut.

Aturan-Sifat Gelombang elektronik Elektromagnetik

Adapun sifat gelombang elektromagnetik adalah ibarat berikut.

  1. Punya kecepatan konstan di ruang hampa, yakni sebesar 3

    ×

    10

    8

    m/s.
  2. Bukan dipengaruhi oleh arena listrik maupun medan magnet karena tidak bermuatan listrik.
  3. Termasuk gelombang transversal.
  4. Energinya bergantung plong besarnya frekuensi. Hal itu didasarkan pada persamaan Planck berikut.

Takrif:

E

= energi radiasi (J);

h

= konstanta Planck = 6,6

×

10

34

Js;

f

= kekerapan (Hz);

c

= kepantasan pendar = 3

×

10

8

m/s; dan

λ = pangkat gelombang (m).

Manfaat Gelombang listrik Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik memiliki kebaikan nan suntuk besar internal jiwa. Kira-kira, barang apa cuma ya manfaatnya? Apakah Quipperian luang? Nah, daripada penasaran, inilah kemustajaban gelombang elektromagnetik.

Baca :   Larutan Penyangga Yang Terdapat Dalam Cairan Intrasel Darah Adalah

1. Gelombang listrik radio

Gelombang yang digunakan sebagai gelombang listrik pengiring audio (suara). Biasanya kamu kenal sebagai radio.

2. Gelombang mikro

Mengenai kebaikan gelombang elektronik mikro adalah umpama berikut.

  • Pemanas perut (
    microwave
    ).
  • Cak bagi komunikasi pada teknologi RADAR.
  • Menganalisis struktur atomik dan molekul.
  • Mengarak pendaratan pesawat.
  • Mendeteksi keberadaan suatu sasaran.

3. Sinar inframerah

Mengenai kebaikan kilauan inframerah adalah sebagai berikut.

  • Bakal terapi badan, misalnya mengobati penyakit cacar dan encok.
  • Bakal fotografi pemetaan sumber daya alam.
  • Digunakan pada

    remote control
    .
  • Mengeringkan cat alat angkut dengan cepat pada industri otomotif.

4. Cahaya tertentang

Untuk kilap terlihat, memiliki kurnia berikut ini.

  • Terang laser digunakan pada bidang telekomunikasi untuk menyalurkan celaan, gambar, maupun sinyal melalui pupuk optik.
  • Kilauan laser digunakan di meres medis sebagai alat cak bagi mendiagnosis ki aib.
  • Di permukaan industri, kilat laser digunakan untuk mengelas dan memotong lembaran baja.

5. Sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet boleh dimanfaatkan untuk kejadian-hal berikut.

  • Proses fotosintesis ataupun asimilasi pada tumbuhan.
  • Pembentukan nutrisi D.
  • Membunuh kuman kebobrokan.
  • Mensterilkan ruangan.
  • Memeriksa keaslian tanda tangan di mayapada perbankan.


6. Sinar X

Binar X bisa dimanfaatkan cak bagi hal-hal berikut.

  • Memotret organ-peranti dalam raga seperti lemak tulang, jantung, dan paru-paru.
  • Menganalisis struktur bahan atau intan buatan.
  • Mendeteksi keretakan atau tekor pada logam.
  • Memeriksa barang-barang di bandara.

7. Sinar gamma

Sorot gamma bermanfaat kerjakan hal-keadaan berikut.

  • Terapi puru ajal.
  • Penyucihamaan peralatan rumah sakit.
  • Penyucihamaan alat pencernaan buntelan.
  • Pembuatan macam pokok kayu unggul tahan hama.
  • Mengurangi populasi hama.

Ambillah, agar kamu lebih paham, simak komplet soal berikut ini.

Transendental Soal 1

Perhatikan kerangka berikut.

Gelombang elektromagnetik yang berarti untuk memotret perabot dalam raga ditunjukkan oleh nomor berapa?

Pembahasan:

Perhatikan juga gambar berikut.

Bagan tersebut menunjukkan spektrum gelombang listrik elektromagnetik dengan panjang gelombang terpendek ke terpanjang ataupun dari frekuensi termulia ke terendah. Artinya, sa-puan spektrum berdasarkan bentuk di atas adalah sinar gamma, cuaca X, sinar ultraviolet, kirana terlihat, sinar inframerah, gelombang mikro, dan gelombang listrik radio.

Kamu harus siuman bahwa gelombang elektromagnetik nan bisa digunakan untuk memotret organ dalam tubuh yaitu sinar X. Kirana X ditunjukkan makanya nomor 2.

Jadi, gelombang elektromagnetik yang digunakan bagi memotret perlengkapan kerumahtanggaan tubuh ditunjukkan maka itu nomor 2.

Kamil Soal 2

Tentukan besarnya energi yang terkandung kerumahtanggaan suatu kirana dengan tahapan gelombang 132 nm!

Pembahasan:

Diketahui:

λ =

132 nm

c

= 3

×

10

8

m/s

h

= 6,6

×

10

34

Js

Ditanya:

E

=…?

Pembahasan:

Gunakan pertepatan Planck berikut.

Bintang sartan, energi yang terkandung dalam sinar tersebut adalah 1,5

×

10

-18

J.

Itulah pembahasan Quipper Blog tentang gelombang elektronik elektromagnetik. Semoga bermanfaat buat Quipperian. Sekiranya Quipperian ingin melihat pembahasan materi ini lebih detail, silakan gabung bersama
Quipper Video. Salam Quipper!

[spoiler title=Mata air]

Katib: Eka Viandari

Gelombang Berikut Yang Memiliki Panjang Gelombang Terbesar Adalah

Source: https://apadimaksud.com/manakah-gelombang-elektromagnetik-berikut-yang-memiliki-panjang-gelombang-terbesar

Check Also

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat. Mas Pur Follow Seorang freelance nan suka membagikan pengetahuan, …