Hitunglah Besar Hambatan Pengganti Beberapa Rangkaian Hambatan Berikut

Hitunglah Besar Hambatan Pengganti Beberapa Rangkaian Hambatan Berikut.

Dalam sebuah hubungan listrik, ada satu bagian yang akan berfungsi untuk menghambat perputaran arus elektrik. Bagian ini akan disebut sebagai hambatan perombak alias resistor. Perlengkapan ini lampau penting karena akan bisa mengatur arus nan akan melewati sebuah gabungan. Siapa ini kita akan menyedang lakukan mempelajari mulai berpunca signifikasi, rumus obstruksi penukar, dan juga prinsip mencarinya. Pastikan kamu membaca hingga akhir mudah-mudahan dapat paham mengenai materi yang suatu ini.


Pengertian dan Rumus Hambatan Pengganti

Tugas utama resistor dalam rangkaian elektrik adalah lakukan “menjorokkan” atau mengeset aliran elektron/revolusi yang melaluinya. Resistor juga dapat dihubungkan suatu ekuivalen lain internal berbagai aliansi hubungan nur dan paralel untuk mewujudkan jaringan resistor yang bisa bertindak umpama pengatur tekanan listrik, pembagi tekanan listrik ataupun pembatas arus dalam suatu rangkaian.

Resistor yakni “Perangkat Pasif”, artinya alat ini tidak mengandung mata air daya, tetapi hanya melemahkan atau mengurangi voltase maupun revolusi yang melewatinya. Kegiatan ini menghasilkan energi listrik yang hilang dalam tulangtulangan memberahikan karena resistor menahan distribusi elektron yang melewatinya.

Sebagian besar variasi resistor merupakan perangkat linier yang menghasilkan penurunan tegangan pada dirinya seorang ketika arus elektrik mengalir melaluinya. Karena mereka mematuhi Hukum Ohm, nilai resistansi yang berbeda menghasilkan biji aliran atau tegangan nan berlainan. Ini dapat lampau berguna kerumahtanggaan asosiasi elektronik dengan mengendalikan atau mengurangi aliran aliran alias tekanan listrik nan dihasilkan di atasnya, kita dapat menghasilkan konverter tegangan-ke-arus dan sirkulasi-ke-tekanan listrik.


Inilah Rumus Hambatan Pengganti

Rumus rintangan pengganti (resistor) akan berlainan tergantung dari rang kontak listriknya. Ada kendala perombak kawin kurat dan paralel.

Baca :   Tentukan Nilai X Yang Memenuhi Persamaan Berikut


Rumus Hambatan Pengganti Perkariban Nur

Karena semua sirkuit yang mengalir melalui resistor pertama bukan memiliki mandu tak untuk pergi, maka arus tersebut lagi harus melewati resistor kedua dan resistor ketiga dan seterusnya. Kemudian, resistor secara seri memiliki Sirkuit Bersama yang bergerak melalui mereka. Karena diseminasi yang berputar melalui satu resistor pula harus bergerak menerobos yang enggak, maka besarnya persebaran yang mengalir melalui suatu set resistor secara sorot akan selevel sreg semua titik internal jaringan resistor seri. Jikalau dirumuskan maka akan menjadi seperti:


R
total

= R1 + R2 + R3 + ….. Rn

Dengan menggunakan rumus ini kamu akan dapat menghitung rintangan total semenjak sebuah rangkaian listrik seri.


Rumus Obstruksi Perombak Rangkaian Paralel

Karena terserah beberapa jalur bikin dilalui, revolusi nan mengalir kali tak akan sejajar momen melalui semua cabang di jaringan paralel. Namun, penghamburan tegangan di semua resistor dalam jaringan paralel adalah sama. Resistor secara Paralel memiliki voltase bersama di atasnya dan ini bertindak bakal semua elemen yang terhubung paralel.

Jika dua sambutan secara paralel memiliki nilai nan setolok, maka resistansi jumlah atau setara dengan seketul nilai satu resistor. Hal tersebut juga akan sama dengan R / 2 dan untuk tiga resistor yang setolok secara paralel, R / 3, dll. Bila diubah menjadi sebuah rumus, maka akan berbentuk:






Contoh Soal

1. Plong sebuah susunan seri, ki akbar hambatan yakni R1 = 10 ohm, R2 = 40 ohm dan R3 = 50 ohm, maka ki akbar hambatan pengalih adalah?


Solusi


R
total

= R1 + R2 + R3

= 10 + 40 + 50

= 100 ohm

2. Sebuah rangkaian paralel n kepunyaan besar kendala nyata R1 = 5 ohm, R2 = 10 ohm dan R3 = 20 ohm, maka raksasa hambatan pemindah yaitu:

Baca :   Dampak Sinar Ultraviolet Yang Membahayakan Kehidupan Makhluk Hidup Adalah




Itu beliau cara menghitung dan rumus hambatan penukar dengan mudah, engkau dapat belajar lebih banyak situasi

bersama


bimbel online


Kelas Pintar. Ada juga kerjakan dagangan


Soal

, yang berisi soal latihan eksamen bagi menguji pemahaman kamu. Dan cak semau lagi fitur


TANYA


nan dapat menjawab berbagai tanya akan halnya soal atau materi yang belum dikuasai secara gratis lho, dan pula dijawab oleh hawa profesional yang sudah lalu tidak diragukan lagi kemampuannya.



Makara tunggu apalagi? Ayo belajar di Kelas Pintar!

Please follow and like us:

Hitunglah Besar Hambatan Pengganti Beberapa Rangkaian Hambatan Berikut

Source: https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/pengertian-dan-rumus-hambatan-pengganti-beserta-cara-mencarinya-11459/

Check Also

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat. Mas Pur Follow Seorang freelance nan suka membagikan pengetahuan, …