Lapisan Atmosfer Paling Luar Disebut Dengan

Lapisan Atmosfer Paling Luar Disebut Dengan

Hai, Sobat Zenius, di artikel ini kita akan belajar bareng tentang materi geografi atmosfer, dari urutan lapisan dan penjelasannya serta contoh soal.

Sobat Zenius pasti tahu hujan meteor, kan? Terus, elo juga pasti pernah dong, lihat pesawat yang lagi terbang di udara? Nah, pertanyaannya apakah kedua benda tersebut berada di
lapisan atmosfer
yang sama? Pasalnya, atmosfer sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang memiliki cirinya masing-masing. Nah, kira-kira ada berapa banyak ya jumlah urutan lapisan atmosfer? Yuk, kita cari tahu sama-sama!


Lapisan-Lapisan Atmosfer

Apa yang dimaksud dengan lapisan atmosfer?

Jadi, lapisan atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelubungi Bumi. Dengan adanya atmosfer inilah suhu Bumi menjadi tetap stabil sehingga elo jadi nyaman tinggal di Bumi.

Lantas, apa yang terjadi jika lapisan atmosfer tersebut hilang?

Seperti yang kita ketahui, atmosfer  yang menyelubungi dataran Bumi memiliki berbagai lapisan yang memiliki fungsi melindungi Bumi sehingga apabila atmosfer tidak ada maka meteor akan langsung menghantam Bumi dan radiasi sinar UV juga akan bebas masuk ke Bumi tanpa penghalang.

Urutan lapisan atmosfer yang paling dekat dengan inti Bumi adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, hingga eksosfer.

Ketebalan atmosfer pada tiap-tiap lapisan tersebut juga berbeda. Terjadinya perbedaan ketebalan atmosfer akibat terjadinya gaya sentrifugal akibat rotasi Bumi.

Selain berputarnya Bumi pada porosnya yang dapat mempengaruhi ketebalan lapisan atmosfer, perbedaan iklim yang terjadi antara zona kutub dan ekuatorial Bumi juga berpengaruh pada ketebalan lapisan atmosfer, lho!

Baca :   Jelaskan Mengapa Kedatangan Jepang Ke Indonesia Itu Berjalan Cepat

Tiap lapisan atmosfer juga mempunyai karakteristik yang berbeda. Nah, biar kamu punya gambaran, coba lihat gambar lapisan atmosfer ini sambil kita bahas satu per satu, yuk!

Lapisan Atmosfer (arsip Zenius)

Baca Juga:
Jenis-Jenis Tanah di Indonesia dan Persebarannya – Materi Geografi Kelas 10


1. Troposfer

Lapisan atmosfer yang jaraknya paling dekat dengan permukaan Bumi adalah lapisan troposfer. Troposfer merupakan lapisan udara yang terletak pada ketinggian 0-10 km di atas permukaan Bumi. Namun, ketinggian lapisan troposfer berbeda-beda pada tiap wilayahnya.

Pada lapisan inilah tempat manusia tinggal. Lalu, ciri-ciri dari troposfer yaitu merupakan satu-satunya lapisan yang mengandung air sehingga pada lapisan troposfer terjadi segala fenomena yang berhubungan dengan pembentukan cuaca.

Terdapat suatu hukum yang disebut hukum Gradient Thermic yang berlaku di lapisan troposfer ini, hukum gradient thermic akan membuat turunnya suhu sekitar 0,6⁰C setiap ketinggiannya naik 100 m dari permukaan bumi.

Dalam suatu lapisan atmosfer masih terdapat lapisan lagi. Selayaknya di lapisan troposfer yang memiliki lapisan teratas bernama tropopause, yang menjadi pembatas lapisan troposfer dengan stratosfer.


2. Stratosfer

urutan fungsi lapisan stratosfer
Pesawat umumnya terbang di lapisan stratosfer karena pergerakan udara yang cenderung tenang (arsip Zenius).

Stratosfer merupakan lapisan udara yang terletak pada ketinggian 10-30 km di atas permukaan Bumi. Ciri-ciri lapisan stratosfer yakni pergerakan udaranya cenderung tenang sehingga banyak pesawat yang terbang di lapisan ini,
guys!
Seandainya kamu seorang pilot agar pesawat terhindar dari kecelakaan, kamu harus paham kondisi suhu dan kecepatan angin pada lapisan stratosfer.

Selain itu, pada lapisan ini terdapat ozon yang berfungsi untuk melindungi Bumi dari radiasi sinar UV. Seperti yang kita tahu, sinar UV sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Suhu di lapisan stratosfer mencapai 55⁰C, berbeda sangat drastis jika dibandingkan lapisan sebelumnya. Karena panas naik cukup dratis di lapisan stratosfer.


3. Mesosfer

urutan fungsi lapisan atmosfer
Lapisan mesosfer adalah tempat terjadinya pembakaran meteor (arsip Zenius).

Mesosfer merupakan lapisan atmosfer yang terletak di ketinggian 30-50 km di atas permukaan bumi. Hebatnya, lapisan atmosfer yang melindungi Bumi dari hujan meteor adalah lapisan ini. Jadi pada lapisan mesosfer inilah tempat terjadinya pembakaran meteor,
guys! Batas atas mesosfer disebut sebagai mesopause.

Baca :   Contoh Masalah Sosial Di Lingkungan Masyarakat


4. Termosfer

Termosfer merupakan lapisan atmosfer yang terletak di ketinggian 50-400 km di atas permukaan Bumi dan disebut juga lapisan ionosfer. Ciri-ciri lapisan termosfer yaitu suhunya semakin meningkat seiring dengan ketinggiannya. Selain itu, lapisan termosfer ini juga mempunyai sifat memantulkan gelombang radio.

Disebut ionosfer karena terjadi proses ionisasi pada lapisan ini. Proses ionisasi sendiri adalah proses terbentuknya ion negatif dan elektron bebas positif. Nah, proses ionisasi tersebut menjadikan munculnya cahaya warni-warni yang ada di angkasa yang biasa kita kenal sebagai aurora. Terjadinya proses ionisasi ini menjadi alasan aurora terjadi pada lapisan ionosfer.

Pernah lihat
timelapse video
yang menangkap fenomena aurora? Kalau diperhatikan, tampak pancaran cahaya yang menyala-nyala. Hal itu disebabkan adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki Bumi dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.

Nah, karena itu pula aurora hanya terjadi di sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan. Karena adanya medan magnet yang kuat di kedua daerah tersebut.


5. Eksosfer

Eksosfer merupakan lapisan atmosfer paling luar yang terletak di ketinggian lebih dari 400 m di atas permukaan bumi. Pada lapisan ini terdapat butiran-butiran gas yang meloloskan diri ke luar angkasa. Nah, lapisan atmosfer yang memiliki tekanan paling rendah adalah lapisan eksosfer ini.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore

icon download appstore

download aplikasi zenius app gallery

Baca Juga:
Pengertian Tektonisme, Proses, dan Dampaknya – Materi Geografi Kelas 10


Contoh Soal Lapisan Atmosfer

  1. Lapisan ozon yang ditemukan di stratosfer memiliki peran yang penting pada kehidupan di Bumi dengan mengurangi radiasi ultraviolet yang masuk. Tanpa lapisan ozon kemungkinan besar yang terjadi adalah ….
Baca :   Materi Matematika Kelas 1 Sampai 6 Sd

A. Pemanasan global

B. Maraknya penyakit kulit terjadi pada manusia

C. Berkurangnya pasokan oksigen di udara

D. Hujan asam

E. Gelombang panas

Jawaban:

Lapisan ozon berperan sebagai penghalang radiasi ultraviolet masuk ke permukaan bumi. Tanpa lapisan ozon, radiasi UV bebas masuk ke permukaan bumi dan akan menyerang lapisan kulit yang berakibat pada berbagai jenis penyakit kulit di manusia. Maka jawaban yang tepat adalah
B.
Maraknya penyakit kulit terjadi pada manusia

Baca Juga:
Pengertian Erosi, Faktor, dan Prosesnya – Materi Geografi Kelas 10

Finally,
selesai juga nih materi geografi atmosfer kita hari ini.
So,
gimana
guys,
kalian pasti sudah paham dong tentang urutan lapisan atmosfer dan penjelasannya? Nah, atmosfer yang menyelubungi dataran bumi adalah atmosfer yang punya berbagai lapisan seperti yang udah dijelasin di atas ya, guys. Kalau elo mau mendalami lagi materi ini, elo bisa langsung klik
banner
di bawah ini, ya!

Urutan Lapisan Atmosfer

Tapi kalo mau ganti cara belajar biar lebih efektif, elo bisa langganan paket belajar Zenius Aktiva Sekolah. Elo bisa belajar dari video materi premium, ngerjain tryout, tanya jawab sama Zen Tutor di live class dan berbagai fasilitas seru lainnya. Klik gambar di bawah ini buat info lengkapnya, ya!

Urutan Lapisan Atmosfer dan Pengertiannya! - Materi Geografi Kelas 10 9

Referensi:

Modul: Meteorologi dan Oseanografi – E-learning PUSDIK KP (2022)

Aurora Pancaran Cahaya yang Langka – Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhamadyah Sumatera Utara (2022)

Originally published:

January 19, 2022


Updated by:

Arum Kusuma Dewi & Erika Fajriatur

(Kampus Merdeka Intern)

Lapisan Atmosfer Paling Luar Disebut Dengan

Source: https://www.zenius.net/blog/urutan-lapisan-atmosfer

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …