Mudah Atau Tidaknya Logam Berkarat Tergantung Pada

Mudah Atau Tidaknya Logam Berkarat Tergantung Pada.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.Morbi adipiscing gravdio, sit amet suscipit risus ultrices eu.Fusce viverra neque at purus laoreet consequa.Vivamus vulputate posuere nisl quis consequat.

Create an account

Korosi
ialah adalah kerusakan atau fasad material akibat adanya reaksi kimia di selingkung lingkungannya. Secara umum, korosi dibedakan menjadi korosi basah dan korosi kering. Korosi disebabkan adanya faktor kimia fisika, metalurgi, elektrokimia dan termodinamika. Korosi boleh digolongkan menjadi okta-, yaitu korosi mahajana, korosi galvanik, korosi jeruji, korosi sendang, korosi senggat butir, korosi eklektik, korosi erosi, dan korosi voltase.[1] Dalam bahasa sehari-hari, korosi disebut perkaratan. Cermin korosi yang paling lazim adalah perkaratan metal.

Pada situasi korosi, logam mengalami oksidasi, sedangkan oksigen (udara) mengalami reduksi. Karat logam umumnya ialah berupa oksida atau bikarbonat. Rumus kimia karat metal adalah Fe2O3.nH2O, satu zat padat yang bercat coklat-sirah.

Korosi merupakan proses elektrokimia. Pada korosi ferum, bagian tertentu dari besi itu berlaku bak anode, di mana metal mengalami oksidasi.

Fe(s) <–> Fe2+(aq) + 2e

Elektron yang dibebaskan di anode bergerak ke bagian lain dari besi itu nan dolan sebagai katode, di mana oksigen tereduksi.

O2(g) + 4H+(aq) + 4e <–> 2H2O(l)

atau

O2(g) + 2H2O(l) + 4e <–> 4OH-(aq)

Ion besi(II) nan terbimbing plong anode selanjutnya teroksidasi takhlik ion logam(III) yang kemudian membentuk senyawa oksida terhidrasi, ialah karat besi. Mengenai bagian mana dari metal itu yang bertindak andai anode dan bagian mana nan bertindak bagaikan katode, bergantung lega berbagai rupa faktor, misalnya zat pengotor, atau perbedaan rapatan logam itu.

Korosi dapat juga diartikan sebagai serangan yang merusak logam karena logam bereaksi secara kimia atau elektrokimia dengan lingkungan. Terserah definisi lain yang mengatakan bahwa korosi ialah kebalikan dari proses ekstraksi logam dari bijih mineralnya. Contohnya, bijih mineral logam ferum di bendera adil suka-suka dalam rencana senyawa besi oksida atau Logam(II) sulfida, sehabis diekstraksi dan diolah, akan dihasilkan besi yang digunakan kerjakan pembuatan baja atau baja fusi. Selama pemakaian, baja tersebut akan bereaksi dengan lingkungan yang menyebabkan korosi (juga menjadi senyawa besi oksida).

Baca :   Benda Pada Permukaan Bumi Memiliki Percepatan Gravitasi 1 6 G

Deret Volta dan Hukum Persamaan Nernst akan membantu untuk dapat mengetahui kebolehjadian terjadinya korosi. Kecepatan korosi terlampau tersidai pada banyak faktor, seperti mana ada atau tidaknya lapisan oksida, karena lapisan oksida boleh menghalangi
beda potensial
terhadap elektrode lainnya yang akan suntuk farik bila masih bersih berasal oksida.

Korosi pada logam menimbulkan banyak kesialan, karena barang-komoditas maupun bangunan nan menggunakan logam menjadi tidak awet.

Korosi plong besi dapat dicegah dengan takhlik logam menjadi baja tahan karat (stainless steel), saja proses ini membutuhkan biaya yang mahal, sehingga tidak sesuai dengan kebanyakan pengunaan ferum

Cara pencegahan korosi pada besi dapat dilakukan ibarat berikut:

Pengecatan

Pewarnaan berfungsi lakukan melindungi besi dari persaudaraan dengan air dan peledak. Cat yang mengandung timbal dan seng akan lebih melindungi besi terhadap korosi. Pengecatan harus sempurna karena takdirnya terdapat putaran yang tidak tertutup oleh cat, maka ferum di bawah cat akan terkorosi. Pagar bangunan dan jembatan rata-rata dilindungi dari korosi dengan pengecatan.

Dibalut plastik

Plastik mencegah terjadinya gabungan besi dengan air dan udara. Peralatan kondominium tangga rata-rata dibalut plastik lakukan menghindari korosi.

Penahapan dengan krom (Cromium plating)

Krom memberi salutan penaung, sehingga besi yang dikrom akan menjadi mengkilap. Cromium plating dilakukan dengan proses elektrolisis. Krom dapat memberikan perlindungan meskipun saduran krom tersebut terserah yang kemungkus. Cara ini galibnya dilakukan plong kendaraan bermotor, misalnya bumper otomobil.

Pelapisan dengan timah (Tin plating )

Timah teragendakan logam nan tahan karat. Cangkang kaleng berasal metal rata-rata dilapisi dengan timah. Proses pelapisan dilakukan secara elektrolisis atau electroplating. Sepuhan rejasa akan mereservasi besi selama lapisan itu masih utuh. Apabila terdapat gubahan, maka timah justru mempercepat proses korosi karena potensial elektrode ferum makin positif dari timah.

Baca :   Gambarlah Grafik Persamaan Y 2x 4

Pelapisan dengan seng (Galvanisasi)

Seng boleh melindungi metal meskipun lapisannya ada yang rusak. Hal ini karena potensial elektrode ferum kian merusak daripada seng, maka logam yang kontak dengan seng akan membentuk sel elektrokimia dengan besi bagaikan katode. Seng akan mengalami oksidasi sehingga metal akan lebih kuat.

Pengorbanan anode (Sacrificial Anode)

Reformasi pipa dasar tanah yang terkorosi barangkali memerlukan perombakan yang mahal biayanya. Hal ini boleh diatasi dengan teknik sacrificial anode, yaitu dengan kaidah menanamkan logam magnesium kemudian dihubungkan ke pipa besi melalui sebuah benang besi. Logam magnesium itu akan berdaki, sementara itu besi tidak karena magnesium adalah logam nan aktif .


  1. ^

    Manurung, Vuko A. T. (2016). Ilmu Material bakal Otomotif
    (PDF). Jakarta: Politeknik Manufaktur Astra. hlm. 74. ISBN 978-602-71320-1-6.


    Penunjuk |url-prestise= yang tak diketahui akan diabaikan (pertolongan)
  • (Inggris)
    http://www.potentiostat.com/
  • (Inggris)
    http://www.corrosion-doctors.org/
  • (Inggris)
    http://www.lenn-biz.com/cgi-polong/index.pl?node=metalurgi[pranala nonaktif permanen]
  • (Indonesia)
    http://www.chem-is-try.org/ Diarsipkan 2004-08-26 di Wayback Machine.
  • (Indonesia)
    http://www.murdani.webs.com/

Artikel bertopik kimia ini adalah sebuah rintisan. Dia dapat kondusif Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Korosi&oldid=18624522”

Komentar
Lihat Foto

PIXABAY/NO-LONGER-HERE

Ilustrasi gembok berkarat.

KOMPAS.com
– Benda dari besi setelah berumur lama umumnya akan berubah menjadi karat bercat merah kecoklatan, keropos, rapuh, dan terus melebar disepanjang penampang besi.

Hal tersebut dinamakan korosi. Korosi ialah proses membusuknya logam dikarenakan reaksi redoks (eduksi dan oksidasi) nan terjadi antara ferum dengan air, asap, maupun cairan ilmu pisah yang korosif.

Karat hasil korosi logam sangatlah merugikan karena dapat destruktif benda tersebut. Plong benda nan makin besar seperti rel kereta jago merah dan jembatan, karat bisa mengakibatkan fasad parah dan memicu kecelakaan.

Berikut sejumlah prinsip mencegah korosi:

Baca :   Tumbuhan Pada Gambar Disamping Berkembang Biak Dengan

Pengecatan adalah cara paling mudah lakukan menghindari korosi. Pengecatan berfungsi untuk menghindari gubahan pada metal yang mengakibatkan reaksi spontan redoks pembentuk karat.

Namun pengecatan hanya melindungi karat pada coretan ringan, pada goresan yang lebih elusif, besi akan tergores dan konsisten dekil.

Baca juga: Daftar Rumus Kimia Asam

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, perlindungan profilaksis mencegah korosi dengan melapisi besi dengan metal bukan yang makin sulit teroksidasi.

Misalnya dengan melapisi metal dengan kromium, rejasa, imbang, dan nikel dengan metode elektrolisis sehingga penjagaan profilaksis camar disebut sebagai electroplating.

Baca pula: Signifikasi dan Proses Terjadinya Korosi

Perlindungan katodik adalah perlindungan anti karat bagi logam dengan prinsip mengorbankan logam yang lebih mudah teroksidasi. Perlindungan katodik dilakukan dengan prinsip melapisi besi dengan besi yang mudah teroksidasi seperti seng (Zn).

Lapisan seng atau zink nan melapisi besi disebut salutan galvanis. Lapisan galvanislah yang akan teroksidasi membuat ferum tak akan berkarat.


Pendirian penggodokan daging berma dan daging putih??​


terangkan rahmat minum plong masa pertumbuhan 1-10 hari​


Cara mengolah daging abang dan putih? ​


Buatlah program urut-urutan bodi remaja agar terstimulasi dengan baik


buatlah program kronologi fisik akil balig awal agar terstimulasi dengan baik


Bantuin kak plis mau dikumpulin besok pliss bantu ya


Bantuin dong kak pliss mau dikumpulin


Bab V sistem pencernaan


jelas kan terhadap pengaruh pertumbuhan semetri tubuh cara gerak sosok hidup​


kuissiapa inisiator teori evolusi nih ya pp cp nya ( pp cp yg tidak ada di kuis bawah )​

Video yang berhubungan

Mudah Atau Tidaknya Logam Berkarat Tergantung Pada

Source: https://toptenid.com/mengapa-dengan-pengecatan-benda-benda-yang-terbuat-dari-logam-atau-besi-tidak-mudah-berkarat

Check Also

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat. Mas Pur Follow Seorang freelance nan suka membagikan pengetahuan, …