Pada Dinamo Sepeda Magnet Membantu Mengubah Energi Gerak Menjadi

Pada Dinamo Sepeda Magnet Membantu Mengubah Energi Gerak Menjadi

Generator atau genset sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum. Komponen ini memiliki peran penting di kehidupan masyarakat dalam mensupply energi listrik . Biasanya generator ini digunakan jika terjadi pemadaman listrik dari PLN. Akan tetapi fungsi  dari generator atau genset ini lebih luas dari itu. Untuk mengetahuinya secara lengkap, berikut kami paparkan pengertian, fungsi hingga cara perawatan sebuah generator.

Pengertian Generator Set atau Genset

Generator set  atau genset adalah sebuah mesin yang mampu menghasilkan daya listrik sebagai energi pengganti yang terdiri dari generator itu sendiri dan mesin penggeraknya. Perangkat ini dirangkai sedemikian rupa dengan detail tertentu guna menghasilkan besaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Prinsip dasar dari sebuah mesin genset adalah mengubah energi kinetik (gerak) melalui perangkat penggerak mesin menjadi energi listrik yang dihasilkan oleh generator. Sehingga generator set atau genset dapat dikatakan sebagai sumber energi listrik atau mesin pembangkit listrik.

Secara sederhana, cara kerja sebuah genset yaitu seperti sebuah dinamo pada sepeda tua jaman dahulu dimana memafaatkan kumparan bergerak di dalam untuk diubah menjadi aliran listrik.

Jenis – Jenis Generator Set (Genset)

genset atau generator motor

Genset yang sering digunakan oleh masyarakat umum dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu genset motor dan genset diesel.

diesel genset atau generator diesel
genset atau generator diesel

Genset motor memanfaatkan pembakaran internal untuk menggerakkan generator, sementara pada generator diesel menggunakan bahan bakar kimia seperti bensin atau solat sebagai bahan utama penggerak generator. Kedua jenis generator ini merupakan genset yang paling sering digunakan sebagai perangkat generator pengganti sumber listrik yang mati.

Baca :   Sebuah Perusahaan Sudah Mendirikan Minimarket a Di Kilometer Ke 20

Fungsi dan Kegunaan Generator Set (Genset)

fungsi generator set atau genset

Fungsi utama dari sebuah generator yakni sebagai tenaga listrik yang mampu mensupply energi listrik. Fungsi dari sebuah generator secara luas antara lain :

  • Fungsi Ekonomi

Dari segi ekonomi, keberadaan generator set atau genset  sangat berguna dan bermanfaat untuk menunjang aktivitas produksi saat terjadi pemadaman listrik oleh sumber listrik utama dari PLN. Hal ini bisa terlihat dari berbagai home industri, pabrik kecil maupun restoran yang masih bergantung akan pasokan listrik dari PLN untuk melakukan aktivitas produksi mereka.

Untuk itu, apabila sewaktu-waktu sumber listrik utama PLN mati, maka tenaga listrik alternatif yang mampu dimanfaatkan untuk menjalankan proses produksi yaitu generator.

  • Fungsi Tenaga Listrik

manfaat genset

Selain dapat mengubah energi kinetik (gerak) menjadi energi listrik, genset juga memiliki sistem generator dimana mampu mengubah arus DC (searah) menjadi arus AC (Bolak Balik) atau sebaliknya. Fungsi ini banyak digunakan untuk menyalakan listrik yang sesuai dengan jaringan listrik yang ada pada bangunan atau gedung.

Keberadaan genset juga sangat bermanfaat pada sebuah daerah pedalaman atau pedesaan yang mana belum menerima pasokan listrik. Tak hanya itu saja, dengan adanya genset sangat membantu pada korban bencana alam yang mana seluruh aliran listriknya terputus.

Genset cukup mudah untuk dibawa kemana saja, sehingga mampu menjangkau ke berbagai tempat yang membutuhkan pasokan listrik.

  • Fungsi Kebutuhan

Kita semua pasti sering melihat pada sebuah acara atau hajatan di area terbuka pasti memerlukan pasokan listrik yang cukup besar. Acara-acara tersebut selalu menggunakan genset, karena genset mampu mensupply energi listrik dengan kapasitas daya antara 220 hingga 300 Volt.

Tips Membeli Generator Set

Sebelum membeli sebuah mesin genset, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  • Daya
    , pastikan terlebih dahulu berapa nilai daya genset yang mungkin ingin anda dapatkan untuk memenuhi kebutuhan listik anda. Jika anda menggunakan mesin tersebut guna kebutuhan industri, tentunya daya yang harus dipenuhi minimal 10% lebih besar dari daya keseluruhan yang digunakan saat proses produksi.
  • Bentuk, bentuk genset merupakan hal yang harus dipertimbangkan untuk menunjang aktivitas kelistrikan. Yang dimaksud bentuk disini adalah dimana tempat alat penambah daya ini akan anda letakkan , di luar atau di dalam ruangan. Karena genset yang ditempatkan di dalam ruangan biasanya memiliki bentuk dan kapasitas yang lebih besar dibanding dengan genset yang berada di luar ruangan.
Baca :   Maaf Bahasa Inggris Saya Kurang Bagus

Cara Menggunakan Genset

tips genset

Cara mengoperasikan sebuah generator cukuplah mudah dan dapat dikerjakan oleh siapapun itu. Prinsip dasar sebuah genset adalah dengan menggerakkan roda dengan sebuah energi untuk diubah menjadi energi listrik.

Generator jenis diesel merupakan jenis generator yang paling umum digunakan karena kemudahan dalam penggunaannya. Cara cukup sederhana yaitu hanya dengan menyambungkan colokan yang nantinya akan menjadi penghubung listrik generator ke jaringan listrik rumah. Kemudian hidupkan diesel dengan cara menarik sekencang mungkin untuk menghasilkan gerakan yang mampu membangkitkan listrik.

Cara Perawatan Generator Set

Cara merawat sebuah generator set juga tak kalah mudah. Selalu memperhatikan pelumas pada generator agar perputaran energi kinetik (gerak) di dalamnya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Untuk mencegah generator mengalami perkaratan, sebisa mungkin untuk memanaskan genset seperti halnya dengan mesin motor.

Komponen Utama Generator Set

komponen genset

Setidaknya ada 9 komponen yang terdapat pada generator set atau genset, antara lain :

  1. Mesin

Mesin utama atau engine merupakan bagian yang memiliki peran penting dalam sebuah generator. Mesin inilah yang berfungsi dalam menggerakkan generator. Kapasitas atau outout maksimum dari sebuah generator ditentukan dari ukuran mesin ini.

  1. Alternator

Alternator generator merupakan bagian dari genset yang menghasilkan energi listrik sebagai output generator yang didapat dari gerakan mekanis mesin utama maupun gerakan alternator.

Alternator sendiri terdiri dari beberapa komponen bagian yang tidak bergerak dan bergerak yang terpasang dalam satu kesatuan. Komponen tersebut saling bekerja sama dan menghasilkan gerakan yang relatif antara medan magnet dan listrik. Secara bersamaan, pergerakan tersebut mampu menghasilkan listrik.

  1. Sistem Bahan Bakar

Bagian bahan  bakar juga memiliki peranan penting dalam mengatur jumlah intake solar atau gas. Keberadaan sistem bahan bakar juga menunjang dalam menghasilkan energi yang dibutuhkan.

Baca :   Persamaan Garis Yang Melalui Titik Lima

Umumnya tanki bahan bakar telah dibuat dengan kapasitas yang cukup untuk menjalankan sebuah generator dalam waktu rata-rata 6-8 jam. Dalam genset yang berukuran kecil, tanki bahan bakar biasanya terletak pada bagian bawah generator atau dipasang di atas frame generator.

Pastikan ketika menjalankan sebuah generator, terdapat cukup bahan bakar.

  1. Regulator Tegangan

Komponen ini berfungsi untuk mengatur tegangan output pada generator. Komponen ini meliputi :

  • Regulator tegangan (konversi tegangan AC ke DC)
  • Exciter Windings (Konversi arus DC ke AC)
  • Rotating Rectifier (Konversi arus AC ke DC)
  • Rotor (Konversi arus DC ke AC)

Siklus dari ke-4 bagian di atas berlanjut hingga generator menghasilkan tegangan output yang setara dengan kapasitas operasi penuhnya.

  1. Sistem Pendingin atau Sistem Pembuangan Panas

Sistem ini berfungsi untuk mengatur suhu mesin dan gas buang sebuah mesin genset. Penggunaan generator secara terus-menerus dapat menyebabkan suhu komponennya menjadi sangat panas. Untuk itu sistem pendingin dan pembuangan panas ini sangat berperan penting dalam mengurangi suhu mesin.

  1. Sistem Pelumas

Bagian ini berperan penting dalam menjaga keberlangsungan sebuah mesin genset yang terus bekerja. Karena pada generator terdiri dari banyak komponen yang bergerak pada mesinnya, maka perlu adanya pelumasan untuk menjamin daya tahan dan kelancaran operasi dalam jangka waktu yang lama.

  1. Charger Baterai

Bagian ini berfungsi guna mengisi kembali baterai untuk dapat dipergunakan kembali untuk star mesin. Pengoperasian mesin genset dimulai dari tahap pengoperasian pada sebuah baterai.

  1. Panel Kontrol

Komponen ini berfungsi untuk menyambungkan antara pengguna generator dan generator itu sendiri. Jadi, setiap pabrikan mengeluarkan berbagai spesifikasi yang berbeda pada panel kontl unitnya.

  1. Rangka atau Casing

Bagian ini tentu berfungsi sebagai pelindung dan pengurang emisi udara.

Demikian pemaparan mengenai pengertian dan fungsi  generator set atau genset yang dapat kami sampaikan.


Pada Dinamo Sepeda Magnet Membantu Mengubah Energi Gerak Menjadi

Source: https://pintarelektro.com/fungsi-generator/

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …