Penerapan Sifat Koligatif Yang Berhubungan Dengan Tekanan Osmotik

Penerapan Sifat Koligatif Yang Berhubungan Dengan Tekanan Osmotik.

Tekanan Osmotik
merupakan keseleo suatu dari sifat koligatif hancuran. Tahukah sobat ketika sebuah mentimun dimasukkan ke dalam larutan gula pekat dalam beberapa perian tumun tersebut akan mengkerut dan kehilangan sebagian air yang dikandungnya. Air yang dimiliki mentimun akan berpindah ke intern cairan sukrosa pekat. Air nan dikandung mentimun akan melewati kulit mentimun yang ialah membran semipermeabel.

Seandainya sobat praktikum menggunakan penjara darah merah dan mikroskop, sobat akan bisa mengamati ketika sengkeran darah merah dimasukkan ke dalam air kudrati akan menggembung. Peristiwa tersebut terjadi karena air nan masuk ke dalam interniran talenta merah lebih banyak ketimbang air yang keluar pecah sel darah merah. Sependapat dengan segala apa nan terjadi sreg mentimun, ketika interniran darah merah tersebut dimasukkan ke kerumahtanggaan cair gula atau garam pekat maka sel pembawaan biram akan mengkerut. Privat dua situasi mentimun dan lembaga pemasyarakatan darah ahmar tersebut ada yang namnya tekanan osmotik.

Apa itu Tekanan Osmotik?

Apabila pelarut murni (seperti air) sobat pisahkan dari larutannya yang mengandung zat nonelektrolit
nonvolatil
dengan sebuah membran semipermeabel maka yang terjadi adalah molekul-anasir pelarut tahir dapat menembus gendang-gendang tersebut sedangkan molekul-molekul terlarut tidak boleh melalui membran tersebut. Selaput atau membran semipermeabel adalah suatu selapt yang mempunyai ukuran pori-pri tertentu. Coba sobat amati rencana ilustrasi di bawah ini.

Gambar a

Molekul-molekul pelarut pada cair yang lebih lumer lebih banyak menembus membran recup permeabel berkiblat ke pelarut yang lebih pekat. Sebaliknya, unsur-molekul pelarut pada pelaurt yang lebih pekat bertambah sedikit menembus membran semi permeabel menumpu elemen pelarut yang lebih encer.

membran semipermeabel

Gambar b

Terbentuknya impitan osmotik. Bakal mengimbangi laju molekul pelarut pekat menembus membran semipermeabel menuju pelarut encer diperlukan ssebuah tekanan hidrostatsi yang akan mengimbangi impitan nan diakibatkan pergerakan molekul yang melewati membran semipermeabel. Jadi yang disebut dengan
tekanan osmotik
yakni tekanan hidrostatis yang mengganjar gerak molekul-molekul perlarut  melangkahi dinding semipermeabel.

Baca :   Kemukakan Contoh Penerapan Budaya Demokrasi Di Lingkungan Masyarakat

Rumus Impitan Osmotik

Tekanan osmotik pada enceran encer yang mengandung zat terlarut non elektrolit pertama kali dirumuskan oleh ilmuwan radiks negara jentera angin (Belanda) bernama Jacobus Van’horizon Hoff. Pria kelahiran Rotterdam dan juga peraih nobel ilmu pisah pada tahun 1901 ini merumuskan tekanan osmotik mengikuti aturan seperti pada  hukum gas ideal.



P
osmotic

V = t R T


Tekanan osmotik sendiri cerbak dilambangkan dengan fon phi π, sehingga

π V = horizon R Ufuk

π = impitan osmotik(atm)
V = volume (liter)
n = jumlah mol zat terlarut
R = tetapan asap ideal 0.0821 L atm/K mol
T = temperatur (ketengan kelvin)

Sobat rangkaian dengan istilah larutan
isotonik? nan dimaksud dengan larutan isotonik merupakan 2 buah enceran yang memiliki impitan osmotik yang sama. Ada juga beberapa istilah lain begitu juga larutan
hipertonik
yaitu cair yang punya tekanan osmotik kian besar dan istilah hancuran
hipotonik
yang bermakna larutan nan tekanan osmotiknya makin kecil

Transendental Soal

Sebuah larutan terbuat dari 1,14 g sukrosa (C12H22O11)
dengan massa molekul relatif 342 yang dilarutkan ke dalam air yang volumenya 500 mL pada suhu 27o Celcius. Coba sobat tentukan berapa tekanan osmotik dari cairan tersebut?

Diketahui

massa terlarut = 1,14 gram
Mr sukrosa = 342
piutang pelarut = 500 mL = 0,5 L
T = 27o
C = 300o
K

Ditanya

impitan osmotik (π) = …?

Jawab

jumlah mol gula = 1,14/342 = 0,0033
π V = n R T
π 0,5 = 0,0033 .  0,082 . 300
π  = (0,0033 .  0,082 . 300)/0,5 = 0,16236 atm

Komplet dan Manfaat Tekanan Osmotik

Sobat dapat pergok berbagai eksemplar peristiwa nan melibatkan tekanan osmotik seperti nan sudah di sebutkan di semula mengenai mentimun dan rumah tahanan darah biram. Tekanan osmotik pun lampau bermanfaat bagi manusia. Berikut beberapa manfaat berpokok tekanan osmotik yang bertelur rumushitung.com kumpulkan

Baca :   Terangkan Yang Dimaksud Dengan Grip Dalam Tenis Meja

1. Infus

Dalam mayapada medis suka-suka istilah pemberian infus. Tekanan osmotik privat cairan infus haruslah setimbang (isotonik) dengan tekanan osmotik darah. Jika tekanan osmotik infus lebih raksasa boleh menyebabkan rumah tahanan pembawaan pecah karena banyak larutan infus nan akan timbrung ke kurungan darah dan jika tekanan osmotik infus plus rendah bisa menyebabkan rumah tahanan bakat busuk.

2. Pengawetan Lambung dan Sayuran

Kejadian pemanisan dan penggaraman (pengasinan) beraneka ragam bahan kas dapur seperti buah, telur, daging, ikan, dan bahan makan nan lain sreg dasarnya menerpakan prinsip tekanan osmotik. Dengan tekanan osmotik tahapan (larutan pekat) akan membuat enceran berusul sengkeran bakteri pembusuk sencerung bergerak keluar sehingga sel patogen pembusuk menajadi rusak maupun tak bisa berkeras hati hidup lama. Hal ini sering disebut dengan krenasi (crenation).

Jikalau sobat sering menghindari ke pasar tradisional coba amati bahaw para penjual sayuran cegak kerap sekali merendam sayuran mereka seperti wortel, kangkung, bayam, patera singkong ke dalam air agar momen dijual tertumbuk pandangan segar dan baru. Keadaan ini juga merupakan pengusahaan
tekanan osmotik
karena sel-sel sayuran nan kekurangan air setelah dipetik akan menyerap lagi air sehingga tampka lebih afiat.


Penerapan Sifat Koligatif Yang Berhubungan Dengan Tekanan Osmotik

Source: https://rumushitung.com/2014/03/19/tekanan-osmotik-rumus-dan-contoh-soal/

Check Also

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat. Mas Pur Follow Seorang freelance nan suka membagikan pengetahuan, …