Penunjaman Lempeng Indo Australia Ke Lempeng Eurasia Menyebabkan Peristiwa

Penunjaman Lempeng Indo Australia Ke Lempeng Eurasia Menyebabkan Peristiwa.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

 Lempeng Indo-Australia, ditunjukkan n domestik warna kuning seput.

Lempeng Indo-Australia
ialah tanda bakal 2 lempeng tektonik nan termasuk benua Australia dan samudra di sekelilingnya yang memanjang ke barat laut setakat termasuk anak benua India dan perairan di sekelilingnya. Terbagi atas 2 lempeng sepanjang perbatasan yang kurang aktif: lempeng Australia dan lempeng India yang kian kecil. Kedua lempeng itu bergabung bersama antara 50 sebatas 55 juta masa abad, sebelum masa itu, kedua lempeng itu berputar sendiri-sendiri.

India, Meganesia (Australia, Nugini, dan Tasmania), Selandia Baru, dan Kaledonia Baru adalah adegan kontinen kuno Gondwana. Penyebaran bawah samudra memisahkan tanah raya-benua itu satu sama tidak, hanya sebagaimana pusat penyebaran ini bukan aktif nan diperkirakan mutakadim bergabung menjadi lempeng tunggal. Penelitian terkini mengindikasikan bahwa lempeng-lempeng itu medium melerai, tetapi akan memakan waktu untuk mempublikasikan fakta ini dengan benar.
[1]

Pengukuran GPS terkini di Australia menyatakan bahwa gerakan lempeng sebesar 35 derajat timur paksina dengan kecepatan 67 mm/th. Catat juga arah dan kepantasan yang sepadan untuk tutul di Auckland, Pulau Natal dan India daksina. Peluang persilihan mungil ke arah Auckland karena lengkungan kecil lempeng di sana, di mana lengkungan itu ditekan lempeng Pasifik.

Babak timur yaitu senggat konvergen dengan lempeng Pasifik yang mensubduksi. Lempeng Pasifik yang mensubduksi di sumber akar lempeng Australia membentuk Parit Kermadec, busar laut Tonga dan Kermadec. Selandia Baru berbintang terang sepanjang had tenggara lempeng. Selandia Baru dan Kaledonia Baru ialah ujung kidul dan utara kancah benua Tasmantis, yang berpisah berpokok Australia 85 juta tahun silam. Bagian tengah Tasmantis terendam di laut, dan kini merupakan Tanjakan Lord Howe.

Baca :   Sebuah Gelombang Berjalan Memiliki Persamaan Y 0 02 Sin

Fragmen selatannya merupakan batas divergen dengan lempeng Antartika. Batas barat dibatasi dengan lempeng India yang membentuk tepian dengan lempeng Arab ke utara dan lempeng Afrika ke selatan. Batas utara lempeng India ialah batas konvergen dengan lempeng Eurasia nan membuat pegunungan Himalaya dan Hindu Kush.

Bagian timur laut lempeng Australia mewujudkan batas subduksi dengan lempeng Eurasia di batas Lautan Hindia dari Bangladesh, ke Myanmar (bekas Burma) ke barat pokok pulau Sumatra dan Kalimantan di Indonesia. Takat subduksi yang melalui Indonesia dibelokkan di garis Wallace biogeografis yang memisahkan fauna zakiah Asia pecah Australasia.

Segmentasi Indo-Australia

[sunting
|
sunting sumber]

Dahulunya, daratan india dan australia disatukan dalam super continent ataupun disebut juga misal gondwana. Pada sediakala cretaceous keduanya terpisah akibat rifting. Penyebaran dasar lautan menenangkan benua-benua itu satu sebanding lain. Dagangan berpangkal aktivitas tersebut menghasilkan kerak samudera yang berumur relatif lebih muda dibandingkan dengan kerak india dan australia karena baru terbentuk ketika pergerakan terjadi. Hal tersebutlah nan menyebabkan terjadi adanya segmentasi pada lempeng indo australia. Dimana pada suatu babak merupakan kerak samudera dan dibagian satunya merupkan kerak benua. Kerak samudera tersebut merupakan yang kita tutur sebagai samudera hindia nan menunjam ke sisi indonesia, dan kerak benua tersebut yakni pulau papua dan daratan australia nan bergerak ke arah lor. Kerak samudra punya komposisi batuan terdepan yaitu Basalt dan kerak benua memiliki atak batuan utama ialah Batu besi. Dari segmentasi tersebut akibatnya lempeng yang bergerak adalah lempeng samudera menuju indonesia bagian barat sehingga terjadi subduksi.

Implikasi berpokok proses subduksi yang terjadi tersebut, barang yang dihasilkan dari proses subduksi adalah berupa sederetan vulkano. Dari argo jago merah tersebut dihasilkan material material tambang seperti mana pasir, silica dan mineral bukan nya. Serta akibat subduksi tadi brerkaitan dengan pergerakan lempeng di atas maka akan terkait dengan terbentuknya cekungan kawasan Indonesia itu seorang, cekungan-cekungan busur muka terbentuk sepanjang batas tabrakan lempeng-lempeng, nan keterdapatannya dekat zona penunjaman, dan letaknya antara busar asing non vulkanik dan busur dalam vulkanik. Dimana cekungan tersebut boleh menjadi sourcerock yang berkecukupan akan hidrokarbon. Mulai sejak segi kebencanaan, begitu juga nan telah dikatakan sebelumnya,bahwa terwalak sederetan bukit jago merah yang meletakkan Indonesia intern kawasan Ring of Fire sehingga potensi kebencanaan di distrik Indonesia sangatlah tinggi. Akan camar terjadi gempa karena secara tektonik Indonesia terletak plong 3 lempeng aktif.

Baca :   Zat Zat Yang Tergolong Koloid Liofil Adalah

Referensi

[sunting
|
sunting sumber]


  1. ^


    “Press Release: An Earth Plate Is Breaking in Two”.
    www.columbia.edu
    . Diakses copot
    2020-09-22
    .




Lihat pula

[sunting
|
sunting perigi]

  • Ki kenangan gempa manjapada di Indonesia
  • Daftar gempa bumi di Australia



Penunjaman Lempeng Indo Australia Ke Lempeng Eurasia Menyebabkan Peristiwa

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Lempeng_Indo-Australia

Check Also

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah. Home / Biologi / Pertanyaan IPA …