Peristiwa Kapur Barus Menjadi Gas Disebut

Peristiwa Kapur Barus Menjadi Gas Disebut

Perubahan wujud benda dapat diartikan sebagai peristiwa perubahan benda dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Perubahan wujud ini merupakan sesuatu yang cukup normal dalam kehidupan sehari-hari,
Parents. Diketahui, peristiwa perubahan wujud benda ini disebabkan oleh adanya reaksi terhadap benda tersebut.

Pada dasarnya, wujud benda dapat dibagi menjadi tiga yaitu cair, padat, dan gas. Nah, ketiga wujud tersebut dapat mengalami perubahan dengan berbagai cara berbeda yang meliputi; mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal.

Peristiwa Sains yang satu ini bisa mulai dikenalkan pada si kecil, lo.
Parents
bisa belajar mengenai perubahan wujud beserta contohnya yang ada di sekitar mereka selama di rumah saja.

Lebih lanjut, berikut kami rangkum materi seputar perubahan wujud benda beserta beberapa contoh nyatanya seperti dilansir dari
Modul Tema 9 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket A Setara SD/MI Kelas Vdan berbagai sumber lainnya.

Artikel terkait: 10 Pelajaran Hidup yang Hanya Bisa Diajarkan oleh Ibu

Macam-macam Perubahan Wujud Benda Beserta Contohnya

1. Mencair

Mencair adalah perubahan wujud dari padat menjadi cair. Perubahan wujud ini dilakukan dengan memanaskan atau menaikkan suhu benda. Mencair dapat terjadi karena adanya perpindahan kalor yang dilepaskan oleh benda.

Jenis perubahan wujud ini bisa kita temui di kehidupan sehari-hari, lo,
Parents. Misalnya, ketika kita membeli cokelat untuk si kecil tapi tidak langsung dimakan olehnya dan disimpan di suhu ruang cukup panas, maka cokelat tersebut bisa mencair.

Baca :   Jelaskan Yang Dimaksud Rumah Tangga Pemerintah

Contoh lainnya, ketika kita menyalakan lilin, secara perlahan lilin tersebut juga akan meleleh dan habis dengan sendirinya karena mencair. Hal itu karena, api panas yang berada pada sumbu membuat lilin yang tadinya merupakan benda padat menjadi cair. Inilah yang disebut sebagai perpindahan kalor pada benda yang bisa membuat benda tersebut mencair.

Perubahan wujud benda yang satu ini termasuk yang paling banyak ditemukan di dalam keseharian. Selain kedua contoh tersebut, beberapa contoh benda mencair lainnya adalah mentega yang dapat mencair dan berubah seperti minyak saat dipanaskan. Bisa juga es batu yang perlahan mencair ketika terkena suhu panas atau terkena air panas, dan masih banyak lagi.

2. Perubahan Wujud Benda Membeku

6 Macam Perubahan Wujud Benda dan Contohnya, Ajarkan pada Si Kecil

Merupakan macam perubahan wujud yang juga bisa kita temui juga dalam keseharian, nih,
Parents. Membeku adalah perubahan wujud yang terjadi pada cairan menjadi bentuk padat. Perubahan bentuk ini bisa disebabkan oleh adanya suhu yang rendah.

Biasanya, benda akan membeku jika menyentuh angka di bawah 0 derajat Celcius. Adapun contoh perubahan benda ini adalah air yang membeku menjadi es. Atau, benda lain yang masuk ke dalam
freezer
juga bisa menjadi beku akibat rendahnya suhu.

3. Menguap

perubahan wujud benda

Terjadinya perubahan bentuk dari cair menjadi gas disebut sebagai menguap. Penguapan terjadi karena benda cair dipanaskan atau dinaikkan suhunya. Adapun contoh dari peristiwa ini adalah air yang direbus hingga mendidih.

Kondisi ini dapat memunculkan uap air. Selain itu, bensin dan alkohol juga dapat menguap bila dibiarkan di udara terbuka. Namun, wujud dari hasil penguapan bensin dan alkohol tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Artikel terkait: Ajari anak 10 pelajaran penting ini sebelum usianya 10 tahun

Baca :   Tugas Untuk Anak Sd Kelas 1

4. Mengembun

perubahan wujud benda

Mengembun adalah perubahan wujud dari gas menjadi cair. Kondisi ini terjadi karena proses pendinginan.

Contoh dari perubahan wujud dari gas menjadi cair terlihat pada terjadinya embun di pagi hari. Udara yang dingin tidak kuat menahan uap air, sehingga uap air pun kembali menjadi air. Nah, Air inilah yang kita kenal sebagai embun.

Selain itu, contoh lainnya terlihat pada berubahnya awan menjadi titik-titik hujan.

5. Perubahan Wujud Benda Menyublim

6 Macam Perubahan Wujud Benda dan Contohnya, Ajarkan pada Si Kecil

Berubahnya wujud benda dari padat menjadi gas disebut dengan menyublim. Perubahan dari padat menjadi gas inilah yang membuat benda bisa menghilang secara perlahan. Mengapa bisa demikian? Diketahui, peristiwa ini terjadi karena adanya penurunan suhu menjadi lebih dingin atau lebih rendah.

Kita bisa melihat fenomena ini terjadi pada kapur barus. Awalnya, kapur barus berbentuk padat. Namun, lambat laun, kapur barus berangsur-angsur menjadi gas dan habis.

6. Mengkristal

6 Macam Perubahan Wujud Benda dan Contohnya, Ajarkan pada Si Kecil

Selain kelima perubahan wujud benda tersebut, ada satu perubahan wujud yang jarang dibicarakan oleh orang, yakni mengkristal.

Mengkristal terjadi ketika benda berbentuk gas berubah menjadi benda padat. Proses ini terjadi karena adanya pelepasan energi panas dari benda.

Adapun contoh dari peristiwa mengkristal adalah uap air di udara yang berubah menjadi salju di negara empat musim. Selain itu, contoh lainnya terlihat pada proses pembuatan garam.

Garam dibuat dengan cara menguapkan air laut sampai zat cairnya habis. Setelah itu, yang tersisa hanya butiran garam saja.

Artikel terkait: Anak susah paham pelajaran? Ini 5 tips untuk membantunya

Demikian penjelasan mengenai perubahan wujud benda. Secara umum, perubahan benda yang terjadi disebabkan oleh adanya perubahan suhu pada benda, seperti pemanasan atau pendinginan.

Baca :   Dimensi Yang Menyatakan Besaran Momentum Adalah

Semoga bermanfaat, ya,
Parents!

Baca juga:

5 Pelajaran Hidup yang Harus Diajarkan Ayah pada Jagoan Kecilnya

Apakah yang Harus Dipelajari Oleh Anak Usia Dini di Sekolah dan di Rumah?

Agar anak suka Matematika, lakukan 4 tips berikut ini

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Peristiwa Kapur Barus Menjadi Gas Disebut

Source: https://id.theasianparent.com/perubahan-wujud-benda

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …