Peristiwa Sejarah Merupakan Suatu Peristiwa Yang Abadi Karena

Peristiwa Sejarah Merupakan Suatu Peristiwa Yang Abadi Karena

Mas Pur

Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Sejarah » Sejarah Sebagai Peristiwa

Sejarah Sebagai Peristiwa



2 min read

Sejarah Sebagai Peristiwa
– Sejarah adalah sebuah gambaran mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau yang dialami oleh manusia dan disusun secara ilmiah meliputi kurun waktu tertentu, diberi tafsiran, serta dianalisis secara kritis sehingga dapat dipahami dan dimengerti.

Peristiwa tidak dapat dipisahkan dari sejarah. Peristiwa dalam sejarah harus benar-benar terjadi pada masa lampau yang dapat diperoleh dari berbagai sumber sejarah. Berikut pengertian mengenai sejarah sebagai peristiwa.

Daftar Isi

  • Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa
  • Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa Menurut Para Ahli
  • Syarat Sejarah Sebagai Peristiwa
    • 1. Objektif
    • 2. Unik
    • 3. Penting
  • Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Peristiwa
    • 1. Abadi
    • 2. Unik
    • 3. Penting
  • Sifat Sejarah Sebagai Peristiwa

Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian pada masa lampau dan tidak dapat terulang kembali. Sejarah sebagai peristiwa memiliki arti penting bagi kehidupan manusia, karena sejarah merupakan suatu fakta, kejadian dan kenyataan yang memang benar-benar terjadi pada masa lampau yang kemudian digunakan untuk merekonstruksi kejadian pada masa tersebut.

Sejarah menyajikan berbagai penggambaran mengenai peristiwa-peristiwa yang dialami oleh manusia yang terjadi di masa lalu. Peristiwa yang benar-benar terjadi tersebut kemudian disusun secara ilmiah yang didalamnya terdapat gambaran waktu tertentu, diberi tafsiran dan kemudian dianalisis secara kritis agar mudah dipahami dan dimengerti.

Baca :   Rambut Digosok Oleh Mistar Plastik Maka Mistar Plastik Akan Bermuatan

Menurut Moh. Ali dalam bukunya yang berjudulPengantar Ilmu Sejarah Indonesia, sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian, kenyataan, dan aktualisasi yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada masa lampau.

Secara umum, manusia tidak dapat mengingat keseluruhan dari suatu kejadian atau peristiwa yang pernah dialaminya, sehingga banyak peristiwa-peristiwa di masa lalu yang kemudian hilang walaupun sebagian besar bisa ditemukan kembali.

Untuk merekam peristiwa-peristiwa sejarah yang bisa saja lupa tersebut, digunakan tulisan sebagai alat untuk mencaritakan dan menyatakan pikiran. Melalui tulisan, manusia dapat mengingat dan menambah daya pengetahuan. Oleh karena itu, banyak yang ingin merekam kejadian atau peristiwa yang dialami dengan tulisan.

Syarat Sejarah Sebagai Peristiwa

Peristiwa yang terjadi pada masa lampau dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah jika memenuhi syarat-syarat berikut.

1. Objektif

Objektif artinya sebuah peristiwa didukung oleh fakta sejarah yang dapat menunjukkan bahwa peristiwa tersebut benar-benar terjadi. Peristiwa sejarah bukanlah peristiwa rekaan atau hasil imajinasi. Buktinya berupa foto, rekaman, kesaksian, pelaku sejarah atau arsip.

2. Unik

Unik artinya tidak ada peristiwa lain yang sama dengan peristiwa yang terjadi pada waktu itu. Setiap peristiwa yang terjadi di masa lalu umumnya tidak ada yang sama di satu tempat dan tempat yang lain, dan hal itu yang membuat peristiwa sejarah unik.

3. Penting

Penting artinya setiap peristiwa memiliki arti penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan serta kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Fakta sejarah tidak hanya berupa angka, artefak, atau peristiwa, tetapi juga mengandung pelajaran serta hikmah tertentu bagi kehidupan manusia pada masa kini dan masa depan.

Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Peristiwa

Sejarah merupakan proses rekonstruksi peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Suatu peristiwa akan menjadi peristiwa sejarah jika mampu memengaruhi kehidupan masyarakat. Berikut ciri-ciri yang dimiliki sejarah sebagai sebuah peristiwa.

Baca :   Kalimat Yang Menggunakan Majas Litotes Adalah

1. Abadi

Peristiwa sejarah merupakan peristiwa abadi karena peristiwa tersebut tidak dapat berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa.

2. Unik

Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang unik karena peristiwanya tidak sama dengan peristiwa lainnya dan tidak dapat terulang lagi.

3. Penting

Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting karena berpengaruh bagi banyak orang.

Sifat Sejarah Sebagai Peristiwa

Selain memiliki ciri khas, sejarah sebagai peristiwa juga memiliki sifat khas sebagai berikut.

  1. Terdapat hubungan sebab akibat atau kausalitas dari setiap peristiwa.
  2. Kebenaran sejarah bersifat subjektif karena masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mencari kebenaran yang hakiki.
  3. Sengaja peristiwa dan aktivitas yang terjadi masa lalu dilukiskan berdasarkan urutan waktu (kronologis).

Baca juga: Kebangkitan Nasional – Tujuan, Sejarah, dan Latar Belakang

Nah, itulah pengertian mengenai sejarah sebagai peristiwa beserta ciri-ciri, syarat, dan sifat khas dari sejarah sebagai peristiwa. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai sejarah dan semoga bermanfaat.

Peristiwa Sejarah Merupakan Suatu Peristiwa Yang Abadi Karena

Source: https://www.freedomsiana.id/sejarah-sebagai-peristiwa/

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …