Rotasi atau yang bertambah akrab dikenal dengan fragmen pada suatu bahan akan memindahkan objek tersebut pecah satu tutul ke titik lain. Letak pengungsian bergantung berpangkal jihat dan besar kacamata, serta letak titik pusat arus. Huruf angka transformasi rotasi buat arah peredaran yang bertentangan arah jarum jam ditandai dengan tanda kasatmata (+) di depan samudra sudut diseminasi. Misalnya, suatu alamat akan dirotasi berlawanan arah jarum jam dengan pusat P(a, b) dan besar kacamata 45o. Tanda baca rotasi kerjakan transformasi bahan tersebut adalah R[P(a, b), +45ozon]. Mandu mengerjakan perputaran bertentangan jihat jarum jam bakal berjenis-jenis ki perspektif seperti α = 30o, 45o, 60ozon, 90ozon, dan tidak sebagainya dapat diperoleh lebih mudah melalui suatu paralelisme.

Rotasi pada metamorfosis ilmu ukur bisa dilakukan plong mangsa aktual noktah, garis, ingat datar, dan lain sebagainya. Satu objek yang mengamai revolusi berlawanan arah pencucuk jam akan berpindah posisinya dengan rang patuh. Arah rotasi bertentangan arah jarum jam menunjukkan bahwa rotasi yang dilakukan berkebalikan dengan putaran penyemat jam. Lengkap peredaran satu objek dengan arah rotasi bentrok arah pencucuk jam dapat dilihat begitu juga susuk berikut.


Baca Pula: Vektor nan Ganti Mengirik Lurus dan Sederajat

Bagaimana cara menentukan hasil perputaran berlawanan sisi pencucuk jam buat sebuah titik? Bagaimana cara menentukan hasil distribusi berlawanan arah pencucuk jam bagi segitiga atau sadar datar bentuk lainnya? Apa pengaruh besar tesmak rotasi pada hasil rotasi suatu objek? Sobat idshool bisa mengejar sempat lebih banyak melalui ulasan cara menentukan hasilrotasi α = 30, 45, 60, 90, 180 derajat berlawanan sisi penusuk jam di sumber akar.

Baca :   Seni Lukis Hanya Dapat Dilihat Dan Dinikmati Dari

Table of Contents

  • Rotasi αo Inkompatibel Jihat Jarum Jam plong Pusat Udara murni(0, 0): R[Ozon, +αo]
  • Rotasi αo Berlawanan Sisi Pencucuk Jam puas Pusat P(a, b): R[P(a, b), +αo]
  • Komplet Pertanyaan Rotasi Berlawanan Arah Pencucuk Jam dan Pembahasannya

    • Contoh 1 – Soal Distribusi Berlawanan Arah Jarum Jam
    • Hipotetis 2 – Cak bertanya Rotasi Berlawanan Arah Pencucuk Jam

Rotasi
α

o



Inkompatibel Arah Penusuk Jam plong Kiat O(0, 0): R[O, +α

o

]

Hasil transformasi sebuah titik dengan sebelah rotasi berlawanan sebelah pencucuk jam dipengaruhi oleh besar tesmak dan letak titik pusat rotasi. Posisi letak titik hasil rotasi sreg gerendel Udara murni(0, 0) akan farik dengan rotasi puas siasat P(a, b). Demikian sekali lagi untuk lautan sudut revolusi, posisi letak titik hasil revolusi dengan besar tesmak 30ozon akan farik dengan besar sudut rotasi 60o, seperti mana dengan besar sudut lainnya. Untuk mendapatkan hasil rotasi suatu bintik ataupun objek boleh dinyatakan dalam persamaan yang melibatkan kekuatan trigonometri.

Secara awam, hasil aliran dengan sentral O(0, 0) dengan besar sudut αo yang sejalan jarum jam (+αo) bisa diperoleh melampaui matriks transfigurasi berikut.

Matriks Transformasi Geometeri Rotasi pada Pusat O dengan Besar Sudut A Derajat Berlawanan Arah Jarum Jam

Sebagai contoh, rotasi titik A(x, y) pada pusat Udara murni(0, 0) dengan besar sudut 90o berlawanan arah penusuk jam (+90ozon) akan menghasilkan titik A’(x’, y’). Di mana, letak  alias poin (x’, y’) memenuhi persamaan berikut.

Matriks Rotasi Pusat O dengan Besar Sudut 90 Derajat Berlawanan Arah Jarum Jam

Sehingga, hasil transmutasi titik A(x, y) dengan besar tesmak 90o berlawanan arah jarum jam merupakan bintik A’(–y, x). Contoh: rotasi titik K(3, 5) dengan besar tesmak 90o yang berlawana sebelah pencucuk jam adalah titik K’(–5, 3).

Rotasi Berlawanan Arah Jarum Jam

Selanjutya, dengan cara yang sama bisa diperoleh persamaan umum untuk mendapatkan hasil rotasi pada pusat O(0, 0) dengan lautan sudut distribusi α = 30o, 45o, 60o, 180o, 270ozon dan besar tesmak lainnya. Secara ringkas, persamaan umum hasil rotasi tutul lega pusat O(0, 0) dengan segara sudut rotasi α = 30o, 45udara murni, 60ozon, 90, 180o, dan 270ozon
diberikan sebagaimana tabel berikut.

Tabel Matriks Transformasi Geometeri Rotasi pada Pusat O dengan Besar Sudut A Derajat Berlawanan Arah Jarum Jam

Baca Juga: Komposisi Konversi Geometri dengan Matriks

Baca :   Usaha Pembelaan Diri Dengan Cara Mengalihkan Arah Serangan Lawan Dinamakan

Persebaran α

ozon


Berlawanan Arah Jarum Jam plong Pusat P(a, b):
R[P(a, b), +α

o

]


Secara mahajana, hasil aliran dengan pusat P(a, b) dengan samudra sudut αo yang inkompatibel arah penyemat jam bisa diperoleh menerobos matriks alterasi berikut.

Matriks Transformasi Geometeri Rotasi pada Pusat P dengan Besar Sudut A Derajat Berlawanan Arah Jarum Jam

Sebagai teoretis, rotasi titik A(x, y) pada pusat P(a, b) dengan besar sudut 90udara murni berlawanan arah jarum jam (–90o) akan menghasilkan titik A’(x’, y’) dengan (x’, y’) memenuhi persamaan berikut.

Matriks Rotasi Pusat P dengan Besar Sudut 90 Derajat Berlawanan Arah Jarum Jam

Jadi, hasil konversi titik A(x, y) dengan besar kacamata 90o bentrok arah jarum jam adalah titik A’(–y + a + b, x – a + b). Contoh: rotasi titik K(3, 5) puas ki akal P(1,−2) dengan besar tesmak 90o berlawanan jihat jarum jam adalah tutul K’(–5 + 1 +(−2), 3 − 1 + (−2)) = K’(−6, 0).

Rotasi Berlawanan Arah Jarum Jam pada Pusat P

Selanjutya, dengan cara yang selevel dapat diperoleh persamaan umum lakukan mendapatkan hasil rotasi pada sosi P(a, b) dengan besar kacamata rotasi α = 30ozon, 45o, 60ozon, 180o, 270o dan besar kacamata lainnya. Secara ringkas, pertepatan awam hasil rotasi titik lega pusat P(a, b) dengan besar sudut diseminasi α = 30o, 45o, 60o, 90, 180o, dan 270o
diberikan sama dengan tabulasi berikut.

Tabel Matriks Transformasi Geometeri Rotasi pada Pusat P dengan Besar Sudut A Derajat Berlawanan Arah Jarum Jam

Baca Juga: Transformasi Ilmu ukur (Translasi, Refleksi, Rotasi, dan Dilatasi)

Contoh Soal Rotasi Bentrok Sebelah Penyemat Jam dan Pembahasannya

Beberapa contoh soal di asal dapat sobat idschool gunakan bagi menambah pemahaman terkait bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool bisa memperalat pembahasan tersebut misal tolak ukur keberhasilan melakukan soal. Selamat sparing!

Sempurna 1 – Soal Sirkulasi Bentrok Jihat Jarum Jam

Contoh Soal Rotasi Berlawanan Arah Jarum Jam

Pembahasan:

Matriks metamorfosis untuk rotasi 60o berlawanan arah jarum jam:

Baca :   Kalimat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Iklan Adalah
Matriks Rotasi T1

Matriks konversi kerjakan rotasi 30o berlawanan sisi penusuk jam:

Matriks Rotasi T2

Komposisi matriks transfigurasi rotasi 60o berlawanan arah jarum jam kemudian dilanjutkan dengan rotasi 30udara murni dengan arah yang sama memenuhi pertepatan T = T2
º Horizon1.

Kombinasi Matriks Rotasi

Jawaban: A

Baca Kembali: Matriks Transformasi kerjakan Peredaran Seia sekata Jarum Jam Sejauh α°

Contoh 2 – Soal Distribusi Berlawanan Jihat Penusuk Jam

Bintik B (6, 4) dirotasikan 270° berlawanan sebelah penusuk jam terhadap bintik daya (a, b) sehingga diperoleh titik B'(2, –8). Hasil b – 2a adalah ….
A. –2
B. 0
C. 2
D. 4
E. 6

Pembahasan:

Rotasi noktah B(6, 4) dengan besar sudut 270° inkompatibel arah penyemat jam terhadap titik pusat (a, b) menunaikan janji persamaan berikut.

Pembahasan Soal Rotasi Berlawanan Arah Jarum Jam

Diperoleh persamaan x’ = 4 – b + a dan y’ = –6 + a + b. Diketahui bahwa paparan tutul nan dihasilkan adalah bintik B'(2, –8), sehingga dapat diperoleh dua persamaan berikut.

  • 2 = 4 – b + a
    a – b = 2 – 4
    a – b = –2 → a = b – 2
  • –8 = –6 + a + b
    a + b = –8 + 6
    a + b = –2

Substitusi paralelisme a = b – 2 ke persamaan a + b = –2 bagi mendapatkan ponten b:

a + b = –2
b – 2 + b = –2
2b = –2 + 2
2b = 0
b =
/2 = 0

Menghitung nilai a: a = b – 2 = 0 – 2 = –2

Menghitung poin b – 2a:
b – 2a = 0 – 2(–2)
= 0 + 4
= 4

Jawaban: D

Demikianlah tadi ulasan rotasi berlawanan arah penyemat jam dengan ki akbar sudut α = 30, 45, 60, 90, 180 derajat berlawanan sisi jarum jam. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)seser, seharusnya berlanfaat!

Baca Juga: Barisan Aritmatika dan Geometri