Salah Satu Fungsi Yang Penting Dari Lembaga Politik Adalah

Salah Satu Fungsi Yang Penting Dari Lembaga Politik Adalah

Hai Sobat Zenius! Elo tahu kan, bahwa kita sebagai manusia memiliki kepentingan untuk menyuarakan aspirasi kita. Nah, untuk melakukan hal tersebut pasti akan sangat merepotkan kalau kita masing-masing harus menyuarakannya secara langsung, belum lagi nanti elo bakal bingung nih “kemana ya pendapat gue ini harus gue sampaikan?”

Maka dari itu, untuk mengatur dan menampung aspirasi yang kita miliki muncullah lembaga politik di masyarakat. Kali ini gue bakal ngajak elo buat cari tahu, apa yang dimaksud dengan lembaga politik? Nggak perlu lama-lama lagi, elo bisa baca penjelasan gue berikut ini!

Yuk, ita pelajari materi tentang lembaga politik! (Dok. Istock)

Pengertian Lembaga Politik

Apa yang dimaksud dengan lembaga politik?

Sebelum masuk ke lembaga politik, gue mau ngingetin elo dulu tentang apa itu lembaga sosial itu sendiri. Lembaga sosial merupakan suatu sistem dari kumpulan norma, nilai, maupun hubungan sosial yang mengatur. Artinya adalah lembaga sosial merupakan kelompok-kelompok sosial yang berfokus pada ranah tertentu dalam rangka pemenuhan kehidupan masyarakat.

Nah, sekarang kita bahas nih. Apa itu lembaga politik? Lembaga politik adalah suatu badan yang mengatur pelaksanaan perpolitikan. Maksudnya adalah lembaga ini secara khusus berdiri untuk fokus pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang yang berhubungan dengan kehidupan politik, termasuk juga pengaturan atas kekuasaan dan wewenang yang menyangkut kepentingan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.

Terus apa dong hubungannya dengan aspirasi seperti yang gue singgung di atas tadi? Jadi Lembaga politik ini memiliki tujuan, tujuannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan aspirasi dari masyarakat. Pemerintah memiliki tugas memberikan pelayanan lewat kebijakan dan masyarakat berhak untuk melakukan koreksi atas kebijakan tersebut.

Baca :   Cara Menghitung Keliling Lingkaran Jika Diketahui Diameternya

Selain lembaga politik, ada juga lho lembaga sosial lainnya, elo bisa kepoin
di sini.

Contoh Lembaga Politik
Contoh Lembaga Politik (Arsip Zenius)

Fungsi Lembaga Politik

Seperti lembaga sosial lainnya, lembaga politik tentu juga memiliki fungsi tersendiri. Fungsi ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu fungsi manifes dan fungsi laten. Apa ya bedanya?

Fungsi manifes adalah fungsi yang dikehendaki dan disadari dari adanya lembaga ini, sedangkan fungsi laten merupakan fungsi yang bukan merupakan tujuan utama dari munculnya lembaga ini. Nah, berikutnya yuk kita bahas apa aja sih fungsi manifes dan fungsi laten dari lembaga politik?

Fungsi Manifes Lembaga Politik

  • Menciptakan kesejahteraan umum, yang mana segala aktivitas politik yang ada harus berdasarkan prinsip ini.
  • Menjaga keamanan masyarakat, lembaga politik memiliki fungsi untuk menjaga keamanan masyarakat dari kelompok luar atau
    external security. Hal ini dapat dilakukan dengan diplomasi atau bahkan perang jika diperlukan.
  • Melembagakan norma melalui undang-undang yang disampaikan badan legislatif dan melaksanakannya.

Fungsi Laten Lembaga Politik

  • Menciptakan adanya stratifikasi politik.
  • Menjaga kekuasaan
    status quo
    , yaitu keadaan saat ini dari situasi tertentu yang tidak seharusnya berkembang secara alami menuju keadaan lain.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Lembaga Keluarga – Materi Sosiologi Kelas 10

Contoh Lembaga Politik

Nah, Sobat Zenius, sampai di sini elo pasti udah punya bayangan ya tentang lembaga politik? Sekarang gue akan ngasih salah satu contoh dari lembaga politik biar elo makin tercerahkan. Salah satu contoh lembaga politik adalah Dewan Perwakilan Rakyat atau sering disingkat sebagai DPR. Lalu apa sih fungsi DPR?

Dikutip dari website resminya, wewnang, fungsi, dan tugas DPR meliputi beberapa hal, yaitu:

  • Fungsi Legislatif, meliputi:
  1. Menyusun Program Legislasi Nasional (Prolegnas).
  2. Menyusun dan membahas Rancangan Undang-Undang (RUU).
  3. Menerima RUU yang diajukan oleh DPD (terkait otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan SDE lainnya; serta perimbangan keuangan pusat dan daerah).
  4. Membahas RUU yang diusulkan oleh presiden ataupun DPD.
  5. Menetapkan UU bersama dengan presiden.
  6. Menyetujui atau tidak menyetujui peraturan pemerintah pengganti UU (yang diajukan Presiden) untuk ditetapkan menjadi UU.
  • Fungsi Anggaran, meliputi:
  1. Memberikan persetujuan atas RUU tentang APBN (yang diajukan presiden).
  2. Memperhatikan pertimbangan DPD atas RUU tentang APBN dan RUU terkait pajak, pendidikan dan agama.
  3. Menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang disampaikan oleh BPK.
  4. Memberikan persetujuan terhadap pemindahtanganan aset negara maupun terhadap perjanjian yang berdampak luas bagi kehidupan rakyat yang terkait dengan beban keuangan negara.
  • Fungsi Pengawasan, meliputi:
  1. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan UU, APBN dan kebijakan pemerintah.
  2. Membahas dan menindaklanjuti hasil pengawasan yang disampaikan oleh DPD (terkait pelaksanaan UU mengenai otonomi daerah, pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah, pengelolaan SDA dan SDE lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan dan agama).
  • Fungsi lainnya, meliputi:
  1. Menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat
  2. Memberikan persetujuan kepada presiden untuk: (1) menyatakan perang ataupun membuat perdamaian dengan negara lain; (2) mengangkat dan memberhentikan anggota Komisi Yudisial.
  3. Memberikan pertimbangan kepada presiden dalam hal: (1) Pemberian amnesti dan abolisi; (2) Mengangkat duta besar dan menerima penempatan duta besar lain.
  4. Memilih anggota BPK dengan memperhatikan pertimbangan DPD.
  5. Memberikan persetujuan kepada Komisi Yudisial terkait calon hakim agung yang akan ditetapkan menjadi hakim agung oleh presiden.
  6. Memilih 3 (tiga) orang hakim konstitusi untuk selanjutnya diajukan ke presiden.
Lembaga Politik
Gedung DPR (Arsip Zenius)

Baca Juga: Fungsi dan Macam-Macam Institusi Sosial – Materi Sosiologi Kelas 10

Baca :   Sebutkan Program Kerja Kabinet Ali 2

Contoh Soal Lembaga Politik dan Pembahasan

Gimana? Udah paham kan sekarang tentang apa itu lembaga politik? Nah, buat ngecek pemahaman elo, gue kasih contoh soal ya.

  1. Contoh dari fungsi manifest lembaga politik berupa
    external security
    yang tepat adalah ….

A. Perubahan kebijakan terkait kenaikan harga bahan bakar minyak

B. Hubungan diplomasi antara Indonesia dengan Malaysia

C. Mengatur proses audiensi untuk menampung aspirasi masyarakat

D. Operasi pasar untuk mengontrol harga penjualan barang-barang

Jawaban:
B.
Hubungan diplomasi antara Indonesia dengan Malaysia

Pembahasan:
External security
merupakan fungsi lembaga politik untuk menjaga keamanan dari luar masyarakatnya. Bisa melalui cara koersif lewat pertahanan angkatan bersenjata, atau diplomatis dengan menjalin relasi dengan berbagai negara bangsa lainnya. Lewat kerjasama dan hubungan diplomasi, maka setiap negara akan mencoba untuk menempuh jalur damai dalam menyelesaikan masalah internasional.

2. Salah satu fungsi manifes lembaga politik adalah ….

A. Menciptakan adanya stratifikasi politik.

B. Menjaga kekuasaan
status quo.

C. Menciptakan kesejahteraan umum.

D. Menimbulkan perebutan kekuasaan.

Jawaban:
C. Menciptakan kesejahteraan umum.

Pembahasan: Fungsi manifes merupakan fungsi yang disadari dan dikehendaki. Fungsi manifes lembaga politik, antara lain:

  • Menciptakan kesejahteraan umum, dimana segala aktivitas politik yang ada harus berdasarkan prinsip ini.
  • Menjaga keamanan masyarakat, lembaga politik memiliki fungsi untuk menjaga keamanan masyarakat dari kelompok luar atau
    external security. Hal ini dapat dilakukan dengan diplomasi atau bahkan perang jika diperlukan.
  • Melembagakan norma melalui undang-undang yang disampaikan badan legislatif dan melaksanakannya.

Wah, nggak kerasa kita udah di penghujung materi nih, gimana elo pasti udah paham dong tentang lembaga politik? Kalau elo masih kepo tentang materi ini, elo bisa langsung aja intip video pembelajarannya dengan klik di banner di bawah ini ya!

Pelajari materi Sosiologi di video materi belajar Zenius

Baca Juga: Fungsi Lembaga Agama dan Pengertiannya! – Materi Sosiologi Kelas 10

Baca :   Komisi Tiga Negara Beranggotakan Negara Negara Berikut Kecuali

Salah Satu Fungsi Yang Penting Dari Lembaga Politik Adalah

Source: https://www.zenius.net/blog/fungsi-dan-tugas-lembaga-politik

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …