Sebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

Sebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

Kali ini kita akan membahas peta persebaran flora dan fauna di Indonesia, nih. Kira-kira bagaimana ya persebarannya? Yuk, kita cari tahu bersama-sama.

Sobat Zenius, siapa di sini yang pernah pergi ke ke kebun binatang, cagar alam, kebun raya, atau taman safari?

 Loading …

Kalau elo sudah pernah, apa saja hewan atau tumbuhan yang paling berkesan buat elo? Coba jawab di kolom komentar ya.

Orang utan merupakan bagian dari keragaman flora dan fauna Indonesia.
Berkunjung ke kebun binatang di Indonesia. (Arsip Zenius)

Gue jadi nostalgia nih. Waktu dulu gue pergi ke taman safari untuk pertama kalinya, gue melihat berbagai hewan, seperti gajah, harimau, monyet, dan lainnya di sana.

Selain ke Taman Safari, gue juga pernah pergi ke sebuah kebun burung di Jakarta. Keren banget, ada banyak macam burung di sana. Kalau diingat-ingat lagi, banyak lho hewan-hewan yang gue lihat itu asli berasal dari Indonesia.

Nah, sehubungan dengan hal tersebut, kali ini kita akan membahas tentang hewan serta tumbuhan yang ada di Indonesia.

Atau, lebih tepatnya, kita akan membahas mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia. Materi ini kita pelajari pada mata pelajaran Geografi kelas 11.

Yuk, kita cari tahu soal persebaran flora dan fauna di Indonesia.


Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Melihat keragaman flora dan fauna indonesia, jadi penasaran nggak sih, kenapa ya flora dan fauna di dunia itu bisa beda-beda?

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, elo bisa menonton video di bawah ini. Silahkan klik
link
videonya. Selamat menonton!

Video:
Mengapa Tumbuhan dan Hewan di Dunia Berbeda-Beda?

Video materi tentang penjelasan beragamnya flora dan fauna di dunia.
Yuk, nonton video materi tentang penjelasan beragamnya flora dan fauna di dunia. (Arsip Zenius)

Wah, ternyata keadaan tiap daerah benar-benar mempengaruhi kehidupan organisme di dalamnya, ya.

Selanjutnya, kita akan membahas
flora dan fauna di Indonesia beserta asalnya, dimulai dengan melihat peta persebaran flora dan fauna di Indonesia terlebih dahulu.

Baca :   Materi Bahasa Inggris Untuk Anak Sd

Baca Juga:
Apa Itu Biosfer? – Materi Geografi Kelas 11


Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Sobat Zenius, daerah persebaran flora dan fauna di Indonesia itu dibagi menjadi tiga. Elo bisa tebak nggak,
mengapa di Indonesia terdapat 3 daerah pembagian persebaran flora fauna?

Nih, lihat dulu pembagiannya. Gue sudah menarik garis titik-titik untuk memberi batas tiap bagian.

Peta Garis Wallace dan Garis Weber.
Peta Garis Wallace dan Garis Weber. (Arsip Zenius)

Seperti yang bisa lihat, Garis Wallace merupakan garis yang membatasi zona Asiatis dan zona Peralihan. Sementara Garis Weber membatasi zona Peralihan dan zona Australis.

Garis-garis tersebut membagi daerah Indonesia sesuai dengan kondisi geografis dan geologis daerah tersebut, serta flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Nah, secara geologis, Indonesia terbagi menjadi dataran Sunda (Asiatis) dan dataran Sahul (Australis).

Berhubung Indonesia itu penuh dengan pulau yang terpisahkan oleh laut, bisa terbayang kan, betapa beragamnya persebaran flora dan fauna.

Apa kaitan antara adanya laut yang memisahkan pulau, dengan keberagaman? Laut menyebabkan adanya isolasi geografis, sehingga persebaran flora dan fauna di tiap pulau menjadi begitu beragam.

Lantas, bagaimana persebaran flora dan fauna di Indonesia? Supaya pembahasannya lebih jelas, mari kita bahas contoh flora indonesia bagian barat, tengah, dan timur.


Persebaran Flora di Indonesia

Apa saja jenis tumbuhan yang ada di Indonesia? Coba elo lihat ilustrasi di bawah ini.

Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia untuk flora.
Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia untuk flora. (Arsip Zenius)

Sebelum membahas flora di tiap zona, gue mau memberi tahu fakta menarik nih soal salah satu bunga yang ada di Indonesia.

Kemungkinan, elo pernah dengar kan yang namanya bunga bangkai, atau nama ilmiahnya, Rafflesia arnoldii. Kabarnya, bunga raksasa yang kadang disebut sebagai padma raksasa ini hanya bisa ditemukan di Indonesia, lho.

Lebih tepatnya, habitat bunga ini berada di daerah Sumatera Barat. Gue belum pernah melihat bunga ini secara langsung. Jadi penasaran deh gimana bentuk dan baunya secara nyata.

Oke,
back to our main topic, mari kita lihat contoh jenis tumbuhan yang ada di zona-zona di Indonesia.

Flora di Zona Asiatis Indonesia

Terdapat tiga pulau besar di zona ini, yaitu Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Apa saja contoh tumbuhannya?

  • Hutan hujan tropis di daerah Kalimantan.
  • Hutan bakau di Sumatera.
  • Hutan gugur (contoh: Pohon Jati) di Jawa.

Flora di Zona Peralihan Indonesia

Ada Sulawesi dan Nusa Tenggara di zona bagian ini. Berikut ini contoh flora di sana.

  • Pohon lontar dan hutan gugur di Sulawesi.
  • Sabana di Nusa Tenggara.
Baca :   Persamaan Garis Berikut Yang Melalui Titik 3 5 Adalah

Ngomong-ngomong, elo masih ingat kan apa itu sabana? Sabana merupakan padang rumput dengan semak-semak dan beberapa jenis pohon.

Flora di Zona Australis Indonesia

Di bagian zona ini, ada Papua dan Maluku. Kira-kira apa tumbuhan yang ada di sana?

  • Hutan hujan tropis di Maluku.
  • Hutan bakau di Papua bagian selatan.
  • Tumbuhan pakis, eboni, dan matoa.

Pasti Sobat Zenius penasaran banget ya, gimana bentuk tumbuhan-tumbuhan yang sudah gue sebut tadi.

Oleh karena itu, gue sarankan elo nonton video materi sebaran flora di Indonesia melalui aplikasi Zenius, melalui
link
di bawah ini.

Video:
Sebaran Flora di Indonesia

Video sebaran flora di Indonesia.
Yuk, nonton video sebaran flora di Indonesia. (Arsip Zenius)

Wih keren banget ya, video tersebut tdiak cuma menjelaskan berbagai contoh flora dan persebarannya di Indonesia, tapi juga memperlihatkan foto-fotonya.
Insightful
banget, deh!

Next, kita lanjut ke pembahasan persebaran fauna di Indonesia.


Persebaran Fauna di Indonesia

Sama seperti persebaran flora, persebaran fauna di Indonesia juga bermacam-macam. Berikut ini ilustrasi persebarannya.

Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia untuk fauna.
Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia untuk fauna. (Arsip Zenius)

Kangguru di Papua? Nggak salah tuh? Kan kangguru itu tinggalnya di Australia.
Eitss, ada lho kanguru yang tinggalnya di Papua, namanya kanguru pohon.

Jadi makin penasaran, apa saja sih contoh fauna di berbagai zona di Indonesia?
Check it out!

Zona Asiatis Peralihan Australis
Pulau besar Sumatera, Kalimantan, dan Jawa Sulawesi dan Nusa Tenggara Maluku dan Papua
Contoh fauna Badak bercula satuGajah SumateraHarimau SumateraOrang UtanRusaTapirMacan Kumbang AnoaBabi rusaKomodoKuskusMaleoTarsius CendrawasihKangguru pohonKasuariMerakNuri Kabare

Supaya elo bisa mengenali hewan-hewan di atas dengan lebih baik, gue rekomendasikan video materi Zenius tentang sebaran fauna di Indonesia ini.

Video:
Sebaran Fauna Di Indonesia

Video sebaran fauna di Indonesia.
Yuk, nonton video sebaran fauna di Indonesia. (Arsip Zenius)

Oke, sampai sini kita sudah membahas persebaran flora dan fauna di Indonesia, nih. Pertanyaannya, kok bisa ya persebarannya seperti itu?

Tentunya, ada berbagai faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia. Oleh karena itu, mari kita bahas di bagian selanjutnya.

Baca Juga:
Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia – Materi Geografi Kelas 11


Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Kira-kira apa ya faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia? Berikut ini video yang membahas faktor persebaran flora dan fauna.

Video:
Faktor Persebaran Flora Dan Fauna

Gimana, Sobat Zenius? Sekarang elo jadi paham kan apa saja faktornya. Coba gue
review
secara singkat ya. Berikut ini faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna.

  • Iklim, seperti suhu, curah hujan, kelembaban udara, dan lain-lain.
  • Edafik
    (tanah), jenis dan kesuburan tanah mempengaruhi jenis tumbuhan. Untuk penjelasan lebih lanjut elo bisa nonton videonya
    di sini.
  • Topografi, merupakan keadaan geografis muka bumi, seperti kemiringan dan ketinggian tempat.
Baca :   Fungsi Stratifikasi Sosial Sebagai Pemersatu Adalah

Ingat ya, elo bisa nonton video di Zenius untuk penjelasan bagaimana faktor-faktor di atas mempengaruhi persebaran flora dan fauna.

Sekarang, kita lanjut ke contoh soal dan pembahasannya, yuk.


Contoh Soal

Berikut ini contoh soal dan pembahasannya.

Contoh Soal 1

Persebaran flora Indonesia dari wilayah barat ke timur adalah …

A. Hutan musim, hutan hujan tropik, sabana tropik

B. Sabana tropik, hutan hujan tropik, hutan musim

C.  Hutan hujan tropik, hutan musim, sabana tropik

D. Hutan hujan tropik, sabana tropik, hutan musim

E. Hutan musim, sabana tropik, hutan hujan tropik

Pembahasan

Oke, kalau kita urutkan dari yang paling barat, itu ada Sumatera yang didominasi hutan hujan tropik. Lalu bergeser ke Jawa, ada hutan musim seperti hutan jati. Lalu ke timurnya lagi, ada Nusa Tenggara dengan daerah sabana tropik.

Jadi, jawabannya adalah
C.

Contoh Soal 2

Jenis flora yang banyak terdapat di Indonesia bagian timur adalah …

A. Teh

B. Jati

C. Bunga Bangkai

D. Padma

E. Sagu

Pembahasan

Indonesia bagian timur itu utamanya meliputi Papua dan Maluku ya. Biasanya, Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara juga termasuk sebagai Indonesia timur. Nah, kira-kira dari pilihan di atas mana nih yang paling tepat?

Nah, Sobat Zenius perlu tahu, bahwa orang Maluku, Papua, dan bahkan Nusa Tenggara itu banyak yang mengonsumsi sagu sebagai makanan pokok, lho.

Jadi, pastinya sagu ini banyak di sana. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pilihan yang paling tepat adalah
E.

Baca Juga:
Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia – Materi Geografi Kelas 11

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia. Kalau elo ingin mempelajari materi Geografi lainnya dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton video materi Zenius dan akses soal-soalnya.

Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia - Materi Geografi Kelas 11 9

Biar makin mantap, Zenius bisa menemani proses belajar lo. Ada beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan. Nggak cuman review materi aja, tetapi juga latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Langsung aja klik banner di bawah ini.

SKU-BELI-PAKET-BLJR-1

Pastikan elo
log in
akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

Source: https://www.zenius.net/blog/persebaran-flora-dan-fauna-indonesia

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …