Sebutkan Hasil Kebudayaan Romawi Kuno Di Bidang Seni Sastra

Sebutkan Hasil Kebudayaan Romawi Kuno Di Bidang Seni Sastra

Hai Sobat Zenius! Sebagian besar dari elo, termasuk gue kalau denger kata Romawi pasti bakal kepikiran tentang Gladiator atau bangunan Colosseum. Nggak salah sih, karena bangunan tersebut memang peninggalan Romawi Kuno.

Nah, kali ini gue mau ngajak elo buat bahas tentang peradaban Romawi Kuno. Gimana sih peradaban Romawi Kuno itu? Terus apa peninggalannya cuma Colosseum aja? Yuk langsung aja kita cari tahu sama-sama!

Peradaban Romawi Kuno

Peradaban Romawi dikembangkan oleh suku Latia yang menetap di lembah sungai Tiber. Lebih tepatnya terletak di Tujuh Bumi Roma, Semenanjung Italia. Kalau elo pernah denger tentang Bahasa Latin yang dipakai oleh orang Roma, ya asalnya dari suku Latia ini.

Peradaban Romawi Kuno dikenal dengan mitologinya. Bisa dikatakan kalau munculnya peradaban ini digadang-gadang karena sebuah mitos atau cerita yang dipercaya oleh masyarakat.

Salah satu cerita mitos yang dipercaya oleh masyarakat adalah tentang Remus dan Romulus yang merupakan saudara. Mereka adalah keturunan Aenas dari Yunani. Kedua bersaudara ini merupakan anak kembar dari Rhea Silva, keturunan seorang pahlawan dari Troy. Remus dan Romulus ini kemudian membangun sebuah kota, namun di perjalanannya mereka itu rebutan, maka terjadilah pertempuran antara Remus dan Romulus. Sampai pada akhirnya Remus terbunuh oleh Romulus, dan Romulus pun menamakan kota tersebut dari namanya, yaitu Roma.

Patung Remus dan Romulus (Dok. Wikipedia Commons)

Dalam Peradaban Romawi Kuno, hanya terdapat tiga linimasa penting di dalamnya. Apa aja sih?

  1. Kerajaan (753-509 SM)
Baca :   Daerah Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan 5x 6y 30

Masa ini adalah masa-masa awal banget nih, ketika kota Roma berdiri. Pada masa ini Roma masih dipimpin oleh seorang raja. Pada zaman ini seorang raja didampingi oleh senat, yaitu wakil dari para suku yang ada di sekitar

  1. Republik (509-27 SM)

Periode Republik Romawi dimulai dari penggulingan Kerajaan Roma (509 SM), dan diikuti oleh berbagai perang saudara. Pada masa Republik Romawi pula terjadi perang terkenal yang bernama Perang Punic antara Republik Romawi dengan Kekaisaran Kartago.

  1. Kekaisaran (27 SM–1453 M)

Masa kekaisaran merupakan masa yang paling panjang. Elo harus tahu dulu nih kalau kekaisaran itu berbeda dengan raja. Bahkan pada saat ini mereka menghindari penggunaan kata raja sebagai pemimpin. Karena raja terakhir mereka pada saat masa kerajaan merupakan raja yang dianggap tidak memiliki moral. Sehingga pada masa itu, seorang pemimpin disebut sebagai Principate (First Man of Republic).

Namun, karena sangat mendominasi akhirnya si pemimpin ini menyebut dirinya adalah seorang Tuhan. Jadi pada masa ini seorang kaisar mengklaim dirinya sebagai Tuhan.

Baca Juga:
Pengertian Luas, Tanda Peradaban Mesir Kuno

Peninggalan Romawi Kuno

Apa aja sih peninggalan Romawi Kuno yang bisa kita lihat sampai sekarang?

Ada beberapa peninggalan Romawi yang bisa elo nikmati. Peninggalan-peninggalan ini juga merupakan sebuah bentuk kebudayaan yang dimiliki oleh Roma. Di antaranya adalah:

  • Colosseum

Masyarakat Romawi merupakan masyarakat yang sangat menikmati hiburan. Colosseum merupakan bangunan berbentuk stadion yang dapat menampung ratusan ribu penonton, sehingga dapat digunakan sebagai untuk pertunjukan hiburan. Colosseum konon dibangun sekitar dua ribu tahun lalu dan sampai sekarang masih kokoh. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan keajaiban dunia.

Colloseum adalah contoh Peninggalan Romawi Kuno
Colloseum (Dok. Britannica.com)

  • Pantheon
Baca :   Kenapa Bahasa Inggris Jadi Bahasa Internasional

Merupakan rumah dewa bagi bangsa Romawi.

  • Aquaduk

Merupakan bangunan saluran air bersih. Bangunan fisik yang dibangun oleh Romawi memiliki multi fungsi.

Peradaban Romawi Kuno dan Peninggalannya - Materi Sejarah Kelas 10 9
Aquaduk (Dok. Flickr)

  • Cloaca Maxima

Merupakan saluran pengairan untuk menyalurkan kelebihan air hujan, kerennya saluran ini sampai sekarang masih berfungsi dengan baik.

Selain bangunan, peninggalan Romawi lainnya adalah dalam bentuk sastra, di antaranya adalah karya sastra Epos Aeneas oleh Vergulius, karya sastra Ode dan Satire oleh Horatius, dan karya sastra Amores oleh Ovidius.

Gimana udah tertarik belum buat berkunjung ke Roma? Kalau masih butuh motivasi buat ke Roma ini, elo klik aja banner di bawah biar makin kenal dengan Romawi Kuno.

belajar materi pelajaran sejarah di zenius

Baca Juga:
Robert Fulton dan Peran Kapal Uap dalam Peradaban Modern

Contoh Soal dan Pembahasan

  1. Pendiri Roma yang juga menjadi raja pertama Kerajaan Romawi adalah ….

A. Roma

B. Remus

C. Romulus

D. Remes

E. Romawi

Jawaban: C. Romulus

Pembahasan: Romulus dan Remus adalah pendiri kota Roma dalam mitologi Romawi. Dahulu, menurut legenda mereka dipelihara oleh seekor serigala betina hingga mereka menjadi remaja.

Remus menginginkan untuk membangun kota di Aventine Hill, sedangkan Romulus menginginkan Palantine Hill. Karena berbeda pendapat, Remus dan Romulus bertarung, tersingkirlah Remus. Akhirnya mereka bersepakat mendirikan Roma pada 21 April 753 SM dan Romulus menjadi raja pertama Roma.

Baca Juga: Peran Peradaban Islam dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan

***

Sobat Zenius, itu tadi materi yang gue bahas kali ini. Jangan lupa kalau elo masih pengen tahu lebih banyak lagi, buruan download dan daftarin akun elo ke Zenius. Buruan! Biar elo makin paham sama materi-materi pembelajaran yang dibutuhkan, ya!

Baca :   Nilai Dari Tan 30 Derajat Adalah

Sebutkan Hasil Kebudayaan Romawi Kuno Di Bidang Seni Sastra

Source: https://www.zenius.net/blog/peradaban-romawi-kuno-dan-peninggalannya

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …