Sebutkan Jasa Jasa Utsman Bin Affan Selama Menjadi Khalifah

Sebutkan Jasa Jasa Utsman Bin Affan Selama Menjadi Khalifah.


Silvitragstn
@Silvitragstn


March 2019


2


147


Report

Sebutkan jasa jasa khalifah bubuk bakar as Siddiq selama menjadi pembesar


NurTajlila

Memerangi kaum murtad, memerangi nabi palsu, penyusunan kodifikasi Al Quran, pengembangan wilayah kekuasaan islam

21 votes

Thanks 29

AVIVICKY2862

A) Mengumpulkan Mushaf alqur’an.
B) Mendirikan Baitul Kekayaan.
C) Menerapkan penjatahan ghonimah ( Harta Rampasan Perang.)

7 votes

Thanks 12

More Questions From This User See All


Silvitragstn
March 2019 | 0 Replies

Jelaskan bagaimana sifat nan dimiliki makanya Khalifah abuk bakar as Siddiq

Answer

Silvitragstn
March 2019 | 0 Replies

Sebutkan jasa jasa khalifah umar bin Khatab selama menjadi pemimpin

Answer

Silvitragstn
March 2019 | 0 Replies

Sebutkan jasa jasa khalifah abu bakar as Siddiq sepanjang menjadi pemimpin

Answer

Recommend Questions



AlmaSabrina22720061
May 2021 | 0 Replies

pada zaman dahulu pergelaran tari colek banyak dilakukan di…a.Kondominium Juraganb.Jalan Kampung c.Rumah Belandad.Rumah liburan cerita privat lenong betawi umumnya mengandung pesan….


mrifyal23
May 2021 | 0 Replies

Dewan konstituante yang dibentuk berdasarkan hasil pemilu nan mula-mula tahun 1955 mempunyai tugas


mimimi890
May 2021 | 0 Replies

jelaskan selat yg menyambung sumatera dan jawa


jihanhanifa59
May 2021 | 0 Replies

garis haluan etis sering mendapat ejekan sebagai politik sarung tangan sutra. mengapa demikian?jelaskan!


Muhammadmansyur
May 2021 | 0 Replies

daerah yang berada di bawah yuridiksi kerajaan majapahit meliputi sumatra jawa Kalimantan Sulawesi nusa tenggara maluku dan papua . pernyataan tersebut di paparkan maka dari itu


nadia175356
May 2021 | 0 Replies

penjelasan bagaimana aqidah tanpa filsafat dan filsafat tanpa aqidah


said1622
May 2021 | 0 Replies

jelaskan bagaimana sikap masyarakat indonesia terhadap agama dan bagaimana awalan persiapan membumikan islam di kampus


FikriArdjun3009
May 2021 | 0 Replies

Bagan tulang beragangan perlintasan sosial dan budaya dalam konsep perubahan dan keberlanjutan privat sejarah


fraansiskaa3667
May 2021 | 0 Replies

Baca :   Berikut Yang Merupakan Penggalan Teks Ulasan Buku Fiksi Adalah

Nerikut ini yang bukan dampak negative dari penerapan perputaran hijau di indonesia adalah


RazanMI
May 2021 | 0 Replies

kenampakan bayangan nan lebih mungil bersumber matra benda sebenarnya


Jawaban:

Perluasan wilayah Indonesia, perumusan prinsip qiyas, pengangkatan para hakim, pengusahaan cambuk dalam melaksanakan hukuman tubuh, pengutipan zakat atas kuda yang di perdagangkan.

Penjelasan:

semoga dapat membantu

Khalifah Umar bin Khattab merupakan khalifah nan dipilih oleh para sahabat dalam menggatikan Khalifah Abuk Bakar sehabis beliau wafat. Khalifah Umar polong Khattab menjabat sebagai bos negara sejak tahun 13 H (23 Agustus 634) sampai 26 Dzulhijjah 23 H (3 November 644), sekitar 10 72 hari.

Khalifah Umar bin Khattab populer sebagai orang pemimpin nan adil, tegas, dan bijaksana. Ketegasan dan keadilan beliau tercermin dengan sikap dan langkah beliau dalam memutuskan sebuah perkara, apalagi beliau pun pergaulan menghukum putranya sendiri hingga tewas, bacaKisah Khalifah Umar bin Khattab Mengadili Putranya, Serdak Syahmah, Sampai Tenang.

Nah, tentang peran dan jasa Khalifah Umar bin Khattab sangatlah banyak lakukan agama islam, namun di antara jasa-jasa sira yang minimum dikenang adalah misal berikut :

1. Jasa Besar Dalam Menjaga Al-Qur’an

Dalam sejarah yang kita ketahui, proses pendaftaran Al-Qur’an menjadi sebuah mushaf terlangsung pada musim Khalifah Ustman bin Affan. Semata-mata, proses pembukuan tersebut diawali berasal proses pengumpulan Al-Qur’an pada masa Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq. Proses pengumpulan Al-Qur’an sendiri dilaksanakan berkah inisiatif bersumber Sahabat Umar kacang Khattab. Anda melihat banyaknya para hamilul qur’an (manusia yang hafal Al-Qur’an) gugur dalam perang, sehingga kekhawatiran adanya fenomena generasi-generasi selanjutnya enggak mengenal Al-Qur’an pula unjuk, sehingga inisiatif itu disampaikan kepada Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq. Awalnya, inisiatif itu ditolak dengan alasan Rosulullah SAW tidak pernah mengajarkan dan memerinrahkan bakal mengumpukan Al-Qur’an dari goresan dan catatan para sahabat. Namun, Sahabat Umar bin Khattab tunak menitikberatkan bahwa itu merupakan tindakan yang mulia menghafaz gugurnya para hamilul qur’an, dan akhirnya inisiatif itu pun disetujui.

Baca :   Keutuhan Nkri Selalu Menjadi Masalah Bagi Bangsa Indonesia Karena

2. Jasa Besar Dalam Penyebaran Islam di Seluruh Dunia

Perian pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab adalah perian kencana di mana kekuasaan islam hambur dengan pesat, bahkan hampir berkecukupan menyelesaikan seluruh tiga kontinen, yang mencakup area Mesir, Persia, Palestina, Afrika Utara, Armenia, kekaisaran Romawi (Byzantium), dan lainnya. Secara tidak berbarengan, kekuasaan islam yang menyebar dengan pesat ini juga menjadi sarana intern menyebarkan agama islam ke seluruh penjuru bumi. Tentu saja enggak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut salah satunya yakni jasa ki akbar Khalifah Umar kedelai Khattab.

3. Jasa Raksasa Dalam Penentuan Mulanya Tahun Hijriyyah

Penentuan awal tahun Hijriyyah berlangsung pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Dengan ditentukannya semula tahun Hijriyyah, maka pembuatan takwim selam kembali lebih mudah dirumuskan karena situasi itu berkaitan dengan ibadah-ibadah tertentu dalam islam, misalnya haji, puasa, dan lainnya. Pada perian sebelum dirumuskannya tadinya hari hijriyyah, bahkan masa sebelum Rosulullah SAW, orang-makhluk Arab sudah menggunakan nama bulan-rembulan dalam almanak hijriyyah, doang saja tak diketahui hari berapa, misalnya detik Abu Musa Al-Asy’ar mengirim salinan kepada Khalifah Umar bin Khattab, dalam manuskrip tersebut lain ditulis tahun berapa, namun rontok dan bulan saja, sehingga ini dirasa cukup merusuhkan.

Inisiatif itu muncul saat seorang bernama Maimun bin Mahran memberikan kopi yang ampuh tentang aman 2 manusia di Wulan Sya’ban. Merasa mamang mengenai tahun, Khalifah Umar bin Khattab kembali menanya, “Sya’pita kapan ? tahun kemarin, tahun yang akan nomplok, atau tahun ini ?”.

Terimalah, untuk menutup kebingungan tersebut, maka Khalifah Umar bin Khattab mengumpulkan para sahabat senior lakukan merumuskan awal tahun hijriyyah. Tentu saja ada banyak proposisi, misalnya hari hijriyyah di awali dengan lahirnya Rosulullah SAW, diangkatnya Nabi Muhammad SAW bak nabi dan rosul, dan wafatnya Rosulullah SAW. Namun, usulan yang dituruti berlandaskan kerukunan para sahabat adalah usulan Sahabat Ali bin Abi Thalib nan mengemukakan bahwa awal tahun hijriyyah dimulai dari hijrahnya Rosulullah SAW dari Kota Mekkah ke Madinah. Keadaan tersebut didasarkan karena hijarah Rosulullah SAW telah jelas diketahui pron bila waktunya dan juga yaitu kejadian besar internal sejarah umat islam.

Baca :   Berikut Ini Adalah Unsur Dari Seni Rupa Kecuali

4. Jasa Osean N domestik Mensyariatkan Shholat Tarawih Berkumpulan 20 Rokaat

Sholat tarawih berombongan 20 rokaat disyariatkan maka itu Khalifah Umar polong Khattab nan disetujui dan disepakati maka dari itu seluruh sahabat, bukan ada satupun yang mengelaknya. Sejak pensyariatan itu, para kaum muslimin senantiasa berbuat sholat tarawih berjamaah sebanyak 20 rokaat di tiap Bulan Ramadlan lega malam tahun sesudah sholat Isya’. Demikian pula dilakukan sholat tarawih 20 rokaat pada masa khalifah sesudahnya, kecuali plong hari Khalifah Umar bin Abdul Aziz, shalat tarawih ditambah menjadi 36 rakaat.

Baca sumir sejarahnya lebih jelas :Menelaah Hukum, Sejarah dan Jumlah Rokaat Sholat Tarawih.

Karena itulah, setiap malam sesudah isya’ di berbagai musala silam gaduh dalam melaksanakan sholat tarawih berombongan 20 rokaat. Bahkan dalam salah satu riwayat, Khalifah Utsman bin Affan sedemikian itu akseptabel kasih atas jasa besar Khalifah Umar bin Khattab melampaui doanya :




نَوَّرَ اللهُ قَبْرَ عُمَرَ كَمَا نَوَّرَ مَسَاجِدَنَا


“Agar Almalik menyinari kubur Umar sebagaimana engkau sudah lalu menyuluhi (meramaikan) bandarsah-masjid kita”.

Baca juga :Kisah Umar bin Khattab Masuk Agama Islam.

Kisahan acuan,Religi

Sebutkan Jasa Jasa Utsman Bin Affan Selama Menjadi Khalifah

Source: https://apayangkamu.com/sebutkan-jasa-jasa-umar-bin-khattab-selama-menjadi-khalifah

Check Also

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah

Dalam Ekosistem Perairan Organisme Yang Berperan Sebagai Produsen Adalah. Home / Biologi / Pertanyaan IPA …