Silsilah Berikut Menunjukkan Menurunnya Kelainan Genetik Hemofilia

Silsilah Berikut Menunjukkan Menurunnya Kelainan Genetik Hemofilia.

Sobat Zenius, elo kontak gak melihat basyar yang mengidap kebobrokan balar? Yap, albino ini ialah penyakit nan diturunkan tetapi tidak menular. Nah, buat mengetahui darimana sumber akar komplikasi ini diturunkan, cara yang boleh elo bagi adalah dengan menciptakan menjadikan peta alur keluarga
(pedigree chart).

Segala apa itu peta silsilah keluarga? Yuk, simak!


Silsilah Keluarga

Kenapa kita harus menunggangi alur batih? Kenapa bukan menunggangi hukum Mendel saja? Padalah, jadi guys, untuk mempelajari pola resan makhluk itu tidaklah semudah mempelajari kacang kacang polong.

Contohnya semata-mata dilihat mulai sejak waktu generasinya, kacang kapri dalam 3 bulan sudah boleh menghasilkan ratusan bahkan beribu-ribu biji. Berbeda dengan insan yang masa hidupnya doang rata-rata 80 masa dan periode kehamilannya 9 bulan. Selain itu, besaran momongan yang dihasilkan manusia pula relatif abnormal yakni rata-rata setiap anak bini hanya mempunyai 1-2 anak cuma. Terimalah, kendala-kendala tersebutlah yang membuat statistika menjadi pelik diaplikasikan.

Maka berasal itu, kita membutuhkan yang namanya galur keluarga.

Alur batih
ialah informasi tentang sejarah suatu sifat diturunkan selama beberapa generasi yang akan menghasilkan pohon silsilah.

So,
biar kebayang, lihat eksemplar tulang beragangan silsilah batih di bawah ini, yuk!

Silsilah tanggungan. (Dokumen Zenius)


Kelainan yang Diturunkan Secara Resesif

Kelainan yang diturunkan secara resesif, apabila dituliskan fenotipnya maka AA (sehat), Aa (sehat), dan aa (gempa bumi).
So,
dapat disimpulkan penderita yang lahir sakit akan lebih terik dan kalau suka-suka yang lindu prospek besar lahir dari sosok gaek
carrier
(pengusung gen). Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit yang diwariskan secara resesif:

Baca :   Lengkapi Pasangan Berurutan Berikut Sehingga Menjadi Selesaian Dari Persamaan

1. Albino

silsilah keluarga albino
Pengidap penyakit bule. (Dok. Freepik)

Penyakit albino merupakan problem genetik yang ditandai dengan berkurangnya produksi melanin (pigmen yang memberi warna pada alat peraba, rambut dan mata). Warna kulit pengidap kelainan albino ini lewat pucat dan rentan terhadap risiko kanker kulit.

Ki kesulitan ini disebabkan maka itu gen yang berkarakter resesif. Meski semacam itu, penyakit ini bukanlah suatu penyakit berbahaya dan secara statistik sepatutnya ada dulu jarang ditemukan.

2. Anemia Hotel prodeo Penyadap
(Sickle Cell Anemia)

Berbeda dengan albino, komplikasi hotel prodeo sabit yakni penyakit mematikan.
Sickle cell anemia
adalah kebobrokan genetik yang terjadi karena pergantian pada urutan basa nitrogen nan mengakibatkan perubahan rancangan protein yang membangun struktur eritrosit.
Sickle cell anemia
adalah komplikasi nan terpaut maka dari itu alel autosom resesif.

Di Afrika, 1 berbunga 400 orang mengidap penyakit sel penyadap.
Well,
besaran tersebut tentu doang sangat banyak. Tapi, ki aib ini dapat diobati nih guys, biarpun enggak bisa sembuh.

Baca Lagi:
Substansi Genetika dan Istilahnya – Materi Biologi Kelas 12


Kelainan nan Diturunkan Secara Dominan

Sudahlah, tadi kan kita sudah bahas kelainan yang diwariskan secara resesif. Saat ini, kita coba bahas kebobrokan nan diturunkan secara dominan, yuk!

Apabila dituliskan fenotipnya yakni AA (sakit), AA (sakit), dan aa (segak).
So,
bermula sini kita tahu kalau alel dominannya berkepribadian letal dan seluruh makhluk yang fit sudah karuan homozigot resesif. Selain itu, alel resesif juga akan lebih banyak. Berikut adalah contoh ki kesulitan yang diturunkan secara dominan.

1. Akondroplasia maupun Dwarfisme

silsilah keluarga dwarfisme
Abstrak pengidap dwarfisme. (Dok. Freepik)

Akondroplasia atau dwarfisme yakni gangguan pertumbuhan tulang yang menyebabkan manusia bertubuh kerdil. Padalah, orang yang mengidap penyakit ini pasti salah satu orang tuanya kembali mengalami penyakit nan sepadan.

Baca :   Politik Luar Negeri Indonesia Masa Demokrasi Terpimpin

2. Polidaktili

Polidaktili merupakan kondisi kebobrokan di mana seseorang lahir dengan kelebihan jari. Polidaktili disebabkan maka itu gen nan bersifat dominan. Dalam keadaan homozigot dominan (letal), heterozigot individu akan mengalami polidaktili. Artinya individu akan resmi takdirnya memiliki gen bersifat homozigot resesif.

Baca Juga:
Mengenal Skala Waktu Ilmu bumi – Materi Biologi Papan bawah 12


Contoh Soal Analisis Silsilah Keluarga

Lakukan menguji pemahaman elo, kita ikut ke konseptual pertanyaan, yuk!

  1. Perhatikan peta galur keluarga di radiks ini!
Peta silsilah di atas menunjukan pewarisan gen albino pada tiga generasi, genotip orang tua pada nomor 1 dan 2 adalah

Peta alur di atas menunjukan pewarisan gen bule pada tiga generasi, genotip ibu bapak pada nomor 1 dan 2 adalah ….

A. Keduanya heterozigot.

B. Keduanya homozigot dominan.

C. Keduanya homozigot resesif.

D. Ibu homozigot dominan, ayah heterozigot.

E. Ibu heterozigot, ayah homozigot dominan.

Jawaban:

Gen balar merupakan kelainan yang berkarakter resesif. Anak yang menderita gen andan akan punya gen homozigot resesif. Kedua gen resesif ini diwariskan dari ayah dan ibunya.

Berdasarkan susuk, lanang yang ditunjukkan nomor 1 dan wanita yang ditunjukkan nomor 2 fenotipnya normal dan tidak menderita albino tetapi memiliki anak yang menderita bule (ditunjukkan nomor 7). Dengan demikian, pria dan wanita tersebut punya genotip heterozigot.

Maka, jawaban yang tepat merupakan
A.

2.

contoh soal kelainan silsilah keluarga: Pernyataan yang benar berdasarkan gambar silsilah keluarga di atas adalah

Pernyataan nan bersusila bersendikan bentuk alur keluarga di atas merupakan ….

A. 11 merupakan cucu dayang albino berpangkal 4.

B. 5 merupakan anak suami-laki lazim dari 3.

C. 6 merupakan anak nona sahih mulai sejak 2.

D. 10 merupakan anak putri seremonial berpangkal 7.

E. 7 adalah momongan perempuan andan berpangkal 1.

Jawaban:

Dari gambar ini boleh kita simpulkan bahwa 10 merupakan anak perempuan normal yang lahir mulai sejak maskulin albino nomor 7. Maka, jawaban yang tepat yakni
D.

Baca :   Berikut Merupakan Urutan Ringkas Dari Daur Hidup Lumut Adalah

Baca Kembali:
Prinsip Kerja Elektroforesis DNA – Materi Biologi Kelas 12

Nah, itu dia guys, pembahasan mengenai kajian silsilah tanggungan. Gimana? Masih ada yang bingung nggak mengenai materi ini? Kalau masih bingung, coba deh elo tonton video tentang
silsilah tanggungan
di aplikasi
Zenius. Caranya mudah banget, elo namun perlu
download
aplikasinya terus buat akun deh. Yuk,
download
sekarang!

belajar materi pelajaran biologi di zenius

Silsilah Berikut Menunjukkan Menurunnya Kelainan Genetik Hemofilia

Source: https://www.zenius.net/blog/contoh-bagan-silsilah-keluarga-kelainan

Check Also

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat. Mas Pur Follow Seorang freelance nan suka membagikan pengetahuan, …