Tentukan Jumlah Proton Elektron Dan Neutron Dari Unsur Berikut

Tentukan Jumlah Proton Elektron Dan Neutron Dari Unsur Berikut.

Jumlah Proton, Neutron dan Elektron

Intern tutorial ini, kita akan membahas bagaimana menentukan jumlah proton, elektron, dan neutron dalam suatu atom tak bermuatan (netral) dan bermuatan (ion) dengan menggunakan data nomor atom dan nomor konglomerat.


Video Pembelajaran

Video pjj:
Struktur Atom (Part-1)

(ukuran file : 64 MB)

Materi:

  1. Pengenalan Molekul
  2. Jalan Teori Atom
  3. Partikel Produsen Anasir
  4. Nomor Zarah, Nomor Massa, Lambang Atom
  5. Jumlah Proton, Neutron, dan Elektron
  6. Isotop, Isobar,Isoton, dan Isoelektron


Nomor partikel dan nomor agregat

Nomor molekul
(Z) merupakan ketentuan nan menunjukkan besaran proton internal suatu unsur. Nomor atom bisa difungsikan sebagai nomor urut tetap bikin diversifikasi molekul tertentu. Misalnya, nomor elemen = 1 hanya digunakan untuk zarah Hidrogen. Dengan perkenalan awal tidak, tiap diversifikasi unsur memiliki jumlah proton yang tetap.

Nomor komposit
(A) merupakan kadar yang menunjukkan besaran proton dan neutron dalam inti partikel. Satu keberagaman unsur boleh mempunyai nomor agregat yang farik, tergantung berasal kuantitas neutron yang terkandung. Dengan demikian, jumlah neutron internal satu jenis unsur tidak rajin sama.

Nomor massa suatu elemen lebih besar terbit nomor atomnya (kecuali hidrogen). Nomor massa yang terdaftar dalam grafik periodik kebanyakan berbentuk bilangan puluh (tak buntar). Kerjakan keperluan estimasi jumlah proton, elektron dan neutron, kita harus membulatkan nomor massa. Nomor massa dibulatkan ke bilangan buntak terdekat (round).

Kita enggak perlu menghafalkan nomor unsur dan nomor konglomerasi. Dalam soal, jikalau diperlukan, data nomor zarah dan nomor massa sudah disediakan.

Dimana kita mendapatkan Nomor Molekul dan Nomor Massa …?

Kita dapat menemukan nomor atom dan nomor konglomerat plong:

  • Notasi/Lambang Unsur

    Bila kita menemukan notasi/lambang atom sama dengan di atas, maka kita dapat mengarifi nomor atom dan nomor massanya.
    Makna bersumber lambang unsurdi atas yakni:

    X = lambang unsur
    Z = nomor atom
    A = nomor massa
  • Diagram Periodik Unsur

    Data yang tercantum dalam tabel periodik unsur banyak ragamnya. Ada tabel yang mengandung data teoretis, atau data sederhana.
    Nomor unsur dan nomor massa adalah data
    perlu
    yang harus ada dalam diagram periodik.
    Tabel berkala juga boleh menampilkan data secara lengkap, sama dengan nama atom, konfigurasi elektron, energi ionisasi, dan lain-enggak.
    Berikut pola Grafik Periodik Molekul yang sederhana:


    Bermula tabel periodik tersebut kita bisa menemukan nilai nomor atom dan nomor konglomerat satu unsur.
    Data lainnya (seperti merek dan konfigurasi elektron), dapat dilihat dengan meng-klik lambang unsur nan kita inginkan.
    Bagaikan arketipe:

    Terbit tabel bisa kita tatap nomor atom dan nomor agregat unsur vanadium (V):

    nomor atom (Z) = 23 (nilai yang kecil)
    nomor massa (A) = 51 (angka yang besar, dibulatkan)

Jumlah proton

Kita dapat menentukan kuantitas proton, ialah:

Besaran proton = nomor atom (Z)

Jumlah neutron

Cara menentukan jumlah neutron:

kuantitas neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)

Jumlah elektron

Kita dapat menentukan kuantitas elektron dengan persamaan:

jumlah elektron = Total proton – beban

Komplet 1

Tanya:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terdapat pada

Penyelesaian:

Dik.
Dit.
kuantitas proton = …?
jumlah neutron = …?
jumlah elektron = …?

Jwb.
jumlah neutron = A – Z
= 7 – 3
= 4

total elektron = jumlah proton
= 3

Teladan 2

Pertanyaan:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terletak sreg

Jawaban:

Dik.
Z = 11
A = 23
tanggung = + 1

Dit.
besaran proton = …?
jumlah neutron = …?
jumlah elektron = …?

Jwb.
besaran neutron = A – Z
= 23 – 11
= 12

jumlah elektron = total proton – barang bawaan
= 11 – 1
= 10

Cermin 3

Soal:

Tentukan jumlah proton, neutron, dan elektron yang terdapat sreg

Jawaban:

Dik.
Z = 8
A = 16
pikulan = – 2

Dit.
total proton = …?
jumlah neutron = …?
total elektron = …?

Jwb.
jumlah neutron = A – Z
= 16 – 8
= 8

total elektron = total proton – beban
= 8 – (-2)
= 10

Kuis

Klik link berikut untuk mengikuti kuis/latihan soal:

Catatan:

Mohon dimaklumi, sekiranya materi dalam tutorial ini dirasa kurang lengkap dan menyeluruh.
Cak bimbingan ini dibuat perumpamaan fitur bantuan cak bagi peserta dalam mengerjakan mata kuis di www.lagonlon.com.
Namun demikian, penyajian yang mudah dipahami adalah tujuan utama kami.
Masukan dari anda, akan sangat kondusif kami dalam melakukan reformasi.
Terimakasih atas kunjungan kamu.

Tuliskan wanti-wanti/komentar plonco

Wanti-wanti lakukan halaman ini sudah mencapai batas maksimal.
Silakan berikan komentar baru di halaman
Wanti-wanti.

#114

Zahra

(22/08/20 palu 21:14:57)

Jika ion positif (kation) terbentuk detik suatu molekul melepaskan satu alias lebih elektron Sedangkan, ion negatif (anion) terbentuk ketika satu atom merajut satu atau lebih elektron. Jelaskan apakah jumlah proton dan kuantitas elektron n domestik suatu atom selalu sama dan tetap?


nugnug

(23/08/20 pukul 16:02:00)

jumlah proton selalu konsisten
total elektron bisa berubah.

#113

Ridho

(22/08/20 pukul 20:07:43)

Tentukan tera lambang molekul,jumlah proton,elektron,Dan, neutron berpunca unsur dibawah ini 1780


nugnug

(23/08/20 pukul 16:01:15)

Diketahui

nomor atom (Z) = 8
nomor massa (A) = 17
beban =
nama anasir = Oksigen (isotop O-17)

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 8

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 8 – (0)
= 8

c) kuantitas neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 17 – 8
= 9

#112

Erika Patricia

(22/08/20 martil 09:32:18)

Tuliskan unsur dan notasi dari proton 35 dan neutron 45?


nugnug

(22/08/20 pukul 16:59:16)


Diketahui

kuantitas proton = 35
neutron = 45

Ditanyakan

Perampungan

nomor atom (Z) = besaran proton
= 35

nomor agregat (A) = besaran proton + jumlah neutron
= 35 + 45
= 80

notasi anasir:

#111

Angga saputra

(20/08/20 pukul 17:19:17)

Ko enggak suka-suka yg aku cari


nugnug

(22/08/20 pengetuk 16:55:59)

aku sekali lagi tak tahu segala apa yang kau cari

#110

Ikhsan alhamid

(19/08/20 pukul 13:30:18)

Berapakah jumlah Proton di dalam zarah x

#109

April

(19/08/20 pukul 13:21:10)

Besaran elektron pada Na+ dengan nomor atom 11 dan no komposit 23 adalah..


nugnug

(22/08/20 pukul 16:44:51)

muatan Na=+1,

jumlah elektron = nomor atom – pikulan
= 11 – (+1)
= 10

#108

Khusnul


(19/08/20 pukul 12:33:04)

Selesaikan tugas sya

#107

Agus putra


(19/08/20 pukul 11:43:03)

Nomor massa=7 Nomor atom= 8 berapa neutronnya


nugnug

(19/08/20 pukul 18:40:06)


Lain bisa terjamah,
nomor massa harus lebih besar atau sebanding dengan nomor molekul.

#106

Kim Doy

(19/08/20 martil 11:30:13)

Pendirian menentukan notasi anasir?


nugnug

(19/08/20 palu 18:39:04)


Dapat dilihat disini:

#105

Rizmi

(19/08/20 pukul 11:11:25)

Berapa jumlah elektron berpunca partikel

#104

Cika

(19/08/20 pengetuk 10:42:21)

¹⁶0²- ⁸ Kuantitas proton elektron dan neutron adalah


nugnug

(19/08/20 pukul 17:43:36)

Diketahui

Nomor partikel (Z) = 8
Nomor massa (A) = 16
bagasi = -2

Ditanyakan

a) kuantitas proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 8

b) total elektron = jumlah proton – beban
= 8 – (-2)
= 10

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor zarah (Z)
= 16 – 8
= 8

#103

Riana ag

(19/08/20 pukul 09:46:13)

Jikalau anasir X yang mempunyai nomor atom 11 dan nomor massa 24 dapat membentuk ion X yang bermuatan +1; maka jumlah proton, elektron, dan neutron dari ion tersebut adalah


nugnug

(19/08/20 pemukul 17:41:51)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 11
Nomor massa (A) = 24
muatan = +1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) kuantitas elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor molekul (Z)
= 11

b) jumlah elektron = besaran proton – muatan
= 11 – (+1)
= 10

c) jumlah neutron = nomor konglomerasi (A) – nomor atom (Z)
= 24 – 11
= 13

#102

Herlina

(19/08/20 pukul 08:28:18)

Cacat jelas

#101

Mahyun

(19/08/20 palu 08:20:34)

Tentukan jumlah proton ,elektron dan neuton plong ion berikut 56 3+ Fe


nugnug

(19/08/20 pukul 17:37:45)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 26
Nomor konglomerat (A) = 56
tanggung = + 3

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Perampungan

a) jumlah proton = nomor elemen (Z)
= 26

b) jumlah elektron = jumlah proton – bagasi
= 26 – (+ 3)
= 23

c) besaran neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 56 – 26
= 30

#100

Avivahh

(19/08/20 palu 07:46:21)

Tentukan proton,elektron dan neutron dari : 35,5 CI 17 –


nugnug

(19/08/20 pemukul 17:35:45)

Diketahui

Nomor anasir (Z) = 17
Nomor konglomerasi (A) = 35 (hasil pembulatan)
muatan = -1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) total elektron = …?
c) kuantitas neutron = …?

Penyelesaian

a) besaran proton = nomor atom (Z)
= 17

b) kuantitas elektron = kuantitas proton – muatan
= 17 – (-1)
= 18

c) total neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 35 – 17
= 18

#99

Rika

(18/08/20 palu 21:43:22)

Ion X hierarki 3+ mempunyai 23 elektron dan 30 neutron, tuliskan notasi atom unsur X


nugnug

(19/08/20 pengetuk 17:33:07)


Diketahui

besaran elektron = 23
total neutron = 30
pikulan = + 3

Ditanyakan

Penyelesaian

Total proton = total elektron + muatan
= 23 + (+3)
= 26

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 26

nomor massa (A) = besaran proton + jumlah neutron
= 26 + 30
= 56

notasi unsur:

#98

Lisna Amalia

(18/08/20 pukul 15:53:17)

Besaran proton 24 dan total neutron nya 28,sebutkan nomor konglomerasi, nomot unsur dan jumlah elektron nya


Pintar

(18/08/20 palu 16:04:19)

Nomor massa = total proton + jumlah neutron = 52, Nomor anasir = kuantitas proton = 24, Jumlah elektron = jumlah proton (karena bukan suka-suka tanggung) = 24

#97

Ria Saputri

(18/08/20 pukul 14:01:43)

Suatu anasir unsur mempunyai total proton 6,jumlah elektron 6 dan jumlah neutron 6.tuliskan lambang unsur tersebut!


Pintar

(18/08/20 pengetuk 15:57:43)

Lambangnya C, unsurnya carbon….. cari google aja boleh tuh.


nugnug

(18/08/20 pukul 18:10:27)


Diketahui

total proton = 6
jumlah elektron = 6
jumlah neutron = 6

Ditanyakan

Penyelesaian

nomor atom (Z) = kuantitas proton
= 6

nomor konglomerat (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 6 + 6
= 12

lambang unsur:

#96

Desti andiny

(18/08/20 pukul 13:13:09)

Itu snggat kondusif bagi saya .trima kasih🖤☺️🙏


nugnug

(18/08/20 pukul 18:08:17)

sama-seimbang

#95

Putri

(18/08/20 palu 11:53:55)

Suatu atom adil memiliki jumlah proton 20 dan neutron 39, maka atom tersebut memiliki jumlah elektron sebanyak


Weduk

(18/08/20 pukul 15:58:50)

Kalo bagi unsur netral, jumlah proton = total neutron, jadi jumlah elektron = 20


Pintar

(18/08/20 pukul 15:59:20)

Jumlah proton = jumlag elektron maksudnya…

#94

Nazila

(18/08/20 martil 11:16:46)

Carolan paling 5 molekul Dan tentukan Jinnah proton electron Dan netronx

#93

Nina

(18/08/20 pemukul 10:33:39)

Temukan proton elektron dan neuton dari spesi atom ca,ion ca± ,ion ca–

#92

Kila

(17/08/20 pengetuk 14:49:37)

58 Ni 27 tentukan nomor massa, nomor atom, jumlah proton, jumlah neutron dan jumlah elektron


Pintar

(18/08/20 martil 16:01:51)

Nomor agregat = 58, Nomor anasir = total proton = 27, Jumlah neutron = nomor massa – jumlah proton = 58 – 27 = 31, Jumlah elektron = jumlah proton (karena bukan bermuatan) = 27

#91

Sutinah

(17/08/20 pukul 14:10:41)

Tentukan jumlah Proton elektron dan neutron dari a.ion 3²-

#90

Najwa

(17/08/20 pukul 11:44:11)

Tentukan jumlah netron protin dan elektron mulai sejak a.¹ 9A

#89

Khairunisa

(15/08/20 pemukul 22:02:04)

Tentukan nomor agregat, nomor atom, proton. Electron, neutron

#88

Rendy


(15/08/20 martil 08:50:10)

Tentukan jumlah proton,elektron dan neutron lakukan molekul”berikut : 14 6 X


Pintar

(16/08/20 pukul 20:13:55)

Jumlah proton = 6, Jumlah elektron = 6 – 0 = 6 (muatannya gak ada), Jumlah neutron = 14 – 6 = 8

#87

Listya

(15/08/20 pengetuk 06:59:18)

Diketqhui beberapa ion dan lambangnya perumpamaan nerikut A. 16 8 A+


Sakti

(16/08/20 pukul 20:11:27)

(Soalmu sedikit aneh karna ada “A.” dan “B.” gak ada. Pertanyaannya pula gak terserah. Jadi kuanggap pertanyaannya yang umum aja. 🙁) Jumlah proton = 8, Jumlah neutron = 16 – 8 = 8, Jumlah elektron = 8 – 1 = 7.

#86

Baiq Nurul Hikmah


(14/08/20 pemukul 12:26:17)

Tentukan jumlah proton electron dan neutron bersumber unsur dan ion bersisik 3 5 1 7 CI-


nugnug

(14/08/20 pengetuk 20:02:30)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 17
Nomor konglomerat (A) = 35
muatan = -1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) kuantitas elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) besaran proton = nomor atom (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17 – (-1)
= 18

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor partikel (Z)
= 35 – 17
= 18

#85

Baiq Nurul Hikmah


(14/08/20 pukul 12:16:04)

Ten

#84

SilfaRahim

(14/08/20 pukul 12:12:01)

Besaran neutron dari atom 12 saban 8 O…


nugnug

(14/08/20 pukul 20:05:48)

Diketahui

Nomor unsur (Z) = 8
Nomor massa (A) = 12
muatan = -2

Ditanyakan

Perampungan

jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 12 – 8
= 4

#83

SilfaRahim

(14/08/20 pukul 11:47:46)

Jumlah neutron terbit unsur 12 per 8 O….


nugnug

(14/08/20 pukul 20:30:08)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 8
Nomor massa (A) = 12
kewajiban =

Ditanyakan

Penyelesaian

jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor unsur (Z)
= 12 – 8
= 4

#82

Tenri Ajeng

(14/08/20 pukul 09:34:22)

Thangk You


nugnug

(14/08/20 pukul 20:32:26)

yw

#81

Sang ep


(14/08/20 pengetuk 09:32:37)

Molekul X punya konglomerat 35 dan neutron 18,zarah Y punya Proton dan neutron lebih boncel 2 dari partikel X, nomor agregat atom Y adalah


Mandraguna

(16/08/20 pukul 19:50:01)

Anasir X: Neutron=18 Proton=35-18=17 Atom Y: Neutron=18-2=16 Proton=17-2=15


Berisi

(16/08/20 pukul 19:51:33)

Komposit anasir = Proton + Neutron = 16 + 15 = 31


nugnug

(18/08/20 martil 17:52:57)

siip @Pintar

#80

Nana

(14/08/20 pemukul 07:58:48)

Tentukan notasi atom (AZ X). Proton=16, neutron=16, elektron=16


nugnug

(14/08/20 martil 20:38:06)


Diketahui

jumlah proton = 16
jumlah elektron = 16
kuantitas neutron = 16

Ditanyakan

Penyelesaian

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 16

nomor massa (A) = kuantitas proton + besaran neutron
= 16 + 16
= 32

Notasi atom:

#79

Dea Kuntum

(14/08/20 martil 07:55:53)

Tentukan total proton, elekron, dan neutron semenjak atom dibawah, sekaligus caranya A. 11 Na²³ B. 7 N¹⁴ C. 53 I¹²⁴


nugnug

(18/08/20 pukul 17:50:58)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 11
Nomor agregat (A) = 23
muatan =

Ditanyakan

a) besaran proton = …?
b) besaran elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor molekul (Z)
= 11

b) jumlah elektron = total proton – tanggung
= 11 – 0
= 11

c) besaran neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 23 – 11
= 12

Diketahui

Nomor atom (Z) = 7
Nomor massa (A) = 14
muatan =

Ditanyakan

a) total proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) kuantitas neutron = …?

Penyelesaian

a) kuantitas proton = nomor elemen (Z)
= 7

b) total elektron = jumlah proton – pikulan
= 7 – (0)
= 7

c) total neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 14 – 7
= 7

Diketahui

Nomor atom (Z) = 53
Nomor agregat (A) = 127
bagasi =

Ditanyakan

a) kuantitas proton = …?
b) kuantitas elektron = …?
c) besaran neutron = …?

Penyelesaian

a) total proton = nomor atom (Z)
= 53

b) jumlah elektron = kuantitas proton – pikulan
= 53 – (0)
= 53

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor zarah (Z)
= 127 – 53
= 74

#78

M aldo

(13/08/20 pukul 14:21:28)

Satu partikel X memiliki nomor anasir 19 dan 18 elektron Particle tersebut dapat dikategorikan umpama


Pintar

(16/08/20 pemukul 19:56:25)

(Di soalmu jangan pake partikel, pake aja unsur) Unsur dengan nomor atom 19 dan muatan +1 adalah potassium (K). Cek google aja boleh sih…


nugnug

(18/08/20 pukul 16:00:26)

Karena jumlah elektron tidak sama dengan nomor atom,
maka partikel tersebut merupakan ion

Karena total elektron lebih kecil dibanding nomor atom,
maka partikel tersebut bermuatan berwujud

#77

khairu azizah.sw

(13/08/20 pengetuk 11:47:27)

Berapa nomor anasir dan nomor agregat unsur-unsur berikut!serta tuliskan lambangnya. Atom JUMLAH PROTON X 7 JUMLAH ELEKTRON 7 Besaran NEUTRON 7 Alhasil ADALAH….


nugnug

(14/08/20 martil 20:39:39)


Diketahui

besaran proton = 7
jumlah elektron = 7
jumlah neutron = 7

Ditanyakan

Penyelesaian

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 7

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 7 + 7
= 14

Notasi atom:


Pintar

(16/08/20 pukul 19:59:26)

Mana unsurnya….. Nitrogen. Cari google dapat tuh…

#76

Nova karisma

(13/08/20 pengetuk 11:14:59)

Tentukan total elektron proton dan neutron didalam atom 16 S² 32


nugnug

(14/08/20 pengetuk 20:46:27)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
kewajiban = – 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) total elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor partikel (Z)
= 16

b) total elektron = kuantitas proton – muatan
= 16 – (- 2)
= 18

c) total neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 32 – 16
= 16

#75

Nova karisma

(13/08/20 pukul 11:13:54)

Tentukan jumlah elektron, proton, dan neutron didalam atom 16 33 S²


nugnug

(14/08/20 pukul 20:49:33)

Diketahui

Nomor zarah (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
muatan = – 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) kuantitas elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) total proton = nomor anasir (Z)
= 16

b) jumlah elektron = jumlah proton – bahara
= 16 – (- 2)
= 18

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor elemen (Z)
= 33 – 16
= 17

#74

Rohima juni wanti

(13/08/20 palu 08:08:32)

Tentukan jumlah proton,elektron dan neutron dalam atom berikut! Cu(z=29) tolong yh kx


nugnug

(13/08/20 pukul 18:21:21)

Diketahui

Nomor unsur (Z) = 29
Nomor agregat (A) = 64
pikulan =

Ditanyakan

a) total proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 29

b) kuantitas elektron = total proton – muatan
= 29 – (0)
= 29

c) jumlah neutron = nomor konglomerat (A) – nomor unsur (Z)
= 64 – 29
= 35

#73

Karina

(12/08/20 pukul 12:46:24)

Tentukan jumlah proton,elektron,dan neutron puas ion fe^3+(nomor atom fe 26) dan Ozon^2-(nomor atom O8)


nugnug

(13/08/20 pukul 18:40:38)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 26
Nomor komposit (A) = 56
muatan = + 3

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) besaran neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor molekul (Z)
= 26

b) jumlah elektron = jumlah proton – tanggung
= 26 – (+ 3)
= 23

c) jumlah neutron = nomor komposit (A) – nomor atom (Z)
= 56 – 26
= 30

Diketahui

Nomor unsur (Z) = 8
Nomor agregat (A) = 16
muatan = -2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 8

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 8 – (-2)
= 10

c) besaran neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 16 – 8
= 8

#72

Novita

(12/08/20 palu 12:28:22)

Tuliskan lambang atom bersumber data partikel berikut! A). Atom x dengan 35 proton, 35elektron, dan 45 neutron. B). Atom y dengan 18 proton, 18 elektron, dan 22 neutron


nugnug

(13/08/20 pemukul 18:48:17)

Kaidah menentukan nomor elemen dan nomor komposit

Nomor zarah (Z) = jumlah proton
Nomor massa (A) = besaran proton + jumlah neutron
muatan = kuantitas proton – jumlah elektron

#71

Amelia

(12/08/20 pukul 12:17:05)

Sekiranya no.massa 40, proton 19, maka jumlah no.atom,elektron dan neutron adalah


nugnug

(13/08/20 palu 18:54:21)

Diketahui

jumlah proton = 19
nomor massa (A) = 40
bagasi =
(karena tidak disebutkan intern soal)

Ditanyakan

a) nomor partikel (Z) = …?
b) kuantitas elektron = …?
c) besaran neutron = …?

Penuntasan

a) nomor atom (Z) = jumlah proton
= 19

b) jumlah elektron = jumlah proton – beban
= 19 – (0)
= 19

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 40 – 19
= 21

#70

Ailma


(12/08/20 pukul 09:03:50)

Tentukan jumlah Proton,elektron dan neutron dr ion A.na+ B.ozon²-


Ailma

(12/08/20 pemukul 09:04:31)

Cepat ya mau di kumpulkan


nugnug

(13/08/20 pukul 19:04:07)

Diketahui

Nomor unsur (Z) = 11
Nomor massa (A) = 23
muatan = + 1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Perampungan

a) besaran proton = nomor atom (Z)
= 11

b) jumlah elektron = jumlah proton – pikulan
= 11 – (+1)
= 10

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 23 – 11
= 12

Diketahui

Nomor molekul (Z) = 8
Nomor konglomerat (A) = 16
muatan = -2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) besaran neutron = …?

Perampungan

a) kuantitas proton = nomor atom (Z)
= 8

b) jumlah elektron = total proton – muatan
= 8 – (-2)
= 10

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor partikel (Z)
= 16 – 8
= 8

#69

Nana

(12/08/20 pukul 08:29:51)

Tentukan jumlah proton, elektron dan neutron atom berikut 48 25 Mn


nugnug

(14/08/20 palu 19:02:30)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 25
Nomor komposit (A) = 48
muatan =

Ditanyakan

a) kuantitas proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) total neutron = …?

Penuntasan

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 25

b) kuantitas elektron = jumlah proton – pikulan
= 25 – (0)
= 25

c) jumlah neutron = nomor konglomerat (A) – nomor atom (Z)
= 48 – 25
= 23

#68

Caca

(11/08/20 martil 12:50:47)

Sebuah atom mempunyai 4 elektron dan 5proton, tentukan lah tanggung elektron dan proton nya


nugnug

(14/08/20 pukul 19:10:24)

Diketahui

besaran proton = 5
jumlah elektron = 4

Ditanyakan

Penyelesaian

muatan zarah = besaran proton – jumlah elektron
= 5 – 4
= + 1

#67

Faiz Rangga

(11/08/20 pukul 12:45:01)

Konfigurasi elektron bagi unsur dengan nomor agregat 56 dan total neutron 24 ialah


nugnug

(14/08/20 pemukul 19:34:29)

Diketahui

nomor massa = 56
total neutron = 24
kewajiban =
(karena tidak disebutkan dalam tanya)

Ditanyakan

konfigurasi elektron = …?

Penuntasan

jumlah proton = nomor agregat – jumlah neutron
= 56 – 24
= 32

total elektron = total proton – pikulan
= 32 – 0
= 32
Konfigurasi elektron:
32X : 1s2
2s2
2p6
3s2
3p6
4s2
3d10
4p2

#66

Lisa Fitriyanti

(11/08/20 pukul 12:25:29)

Tentukan jumlah proton dan elektron bersumber: A. IonMg ²+ jika no atomnya 12 no massa 24


Lisa Fitriyanti

(11/08/20 pukul 12:26:18)

Cpt sedikit boleh nggak kak


nugnug

(14/08/20 pukul 19:37:26)

Diketahui

Nomor molekul (Z) = 12
Nomor konglomerat (A) = 24
kewajiban = + 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) total elektron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 12

b) total elektron = total proton – muatan
= 12 – (+2)
= 10

#65

Lisa Fitriyanti

(11/08/20 pengetuk 12:07:58)

Tentukan jumlah proton dan elektron dari: A. IonMg ²+ jika no atomnya 12 no konglomerat 24 B. Ion Cl- jika no atomnya 17 no massanya 35


nugnug

(14/08/20 martil 19:39:01)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35
bagasi = -1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?

Penyelesaian

a) total proton = nomor atom (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17 – (-1)
= 18

#64

M Ridho Alfizzri

(10/08/20 pukul 13:18:29)

Saya mau menanya Berikan penjelasan mengenai perbedaan antara partikel netral, atom maujud dan atom negatif!


M Ridho Alfizzri

(10/08/20 pemukul 13:20:22)

Bisa cepat ngga sih soalku ini kepingin dikumpul, kalau lama tugasku terbelakang


nugnug

(10/08/20 pukul 21:46:52)

izin, gak dapat cepat


nugnug

(10/08/20 pemukul 21:47:52)

  • atom adil, elektronnya masih lengkap
  • atom positif, elektronnya sudah berkurang
  • atom objektif, elektronnya mutakadim bertambah

#63

ichsan

(10/08/20 pukul 11:00:12)

tentukan total prroton ,elektron dan neutron dari 35 7 CI- dan 32 6 s dan 27 13 Al3+


nugnug

(10/08/20 palu 22:06:04)

Diketahui

Nomor zarah (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35
bagasi = -1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) besaran elektron = …?
c) total neutron = …?

Perampungan

a) jumlah proton = nomor unsur (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17 – (-1)
= 18

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 35 – 17
= 18

Diketahui

Nomor zarah (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
muatan =

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) kuantitas elektron = …?
c) besaran neutron = …?

Penyelesaian

a) kuantitas proton = nomor atom (Z)
= 16

b) jumlah elektron = jumlah proton – pikulan
= 16 – (0)
= 16

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 32 – 16
= 16

Diketahui

Nomor partikel (Z) = 13
Nomor massa (A) = 27
beban = + 3

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) besaran elektron = …?
c) total neutron = …?

Penyelesaian

a) besaran proton = nomor atom (Z)
= 13

b) jumlah elektron = jumlah proton – bahara
= 13 – (+ 3)
= 10

c) jumlah neutron = nomor agregat (A) – nomor atom (Z)
= 27 – 13
= 14

#62

Rabiatul adawiyah

(10/08/20 pukul 10:22:00)

16 A+ 8


nugnug

(10/08/20 pukul 21:39:31)

itu lambang elemen alias titi azimuth ya?

#61

Dann

(10/08/20 pukul 08:42:14)

Tentukan jumlah proton, elektron, dan neutron mulai sejak 14 N 17


nugnug

(10/08/20 pukul 21:38:46)

Diketahui

Nomor elemen (Z) = 7
Nomor komposit (A) = 14
muatan =

Ditanyakan

a) besaran proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor unsur (Z)
= 7

b) jumlah elektron = jumlah proton – barang bawaan
= 7 – (0)
= 7

c) jumlah neutron = nomor konglomerat (A) – nomor elemen (Z)
= 14 – 7
= 7

#60

Cinta

(10/08/20 palu 08:29:48)

Jika zarah A mempunyai jumlah proton 5 sementara itu massa atomnya 11. Berapakah total neutron dari atom A tersebut


nugnug

(10/08/20 pukul 22:01:47)

Kuantitas neutron = nomor massa (A) – kuantitas neutron
= 11 – 5
= 6

#59

alyionnita

(10/08/20 pemukul 07:29:50)

tentukan jumlah proton, neutron,dan elektron 35 CL 17


nugnug

(10/08/20 pukul 21:29:06)

Diketahui

Nomor zarah (Z) = 17
Nomor konglomerasi (A) = 35
muatan =

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) besaran neutron = …?

Penyelesaian

a) total proton = nomor atom (Z)
= 17

b) jumlah elektron = besaran proton – barang bawaan
= 17 – (0)
= 17

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor anasir (Z)
= 35 – 17
= 18

#58

Hasiholan nababan

(08/08/20 pukul 19:29:41)

Jumlah Proton neutron dan elektron terbit 12S16


nugnug

(10/08/20 palu 21:30:58)

Diketahui

Nomor elemen (Z) = 16
Nomor konglomerasi (A) = 32
beban =

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) total neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor unsur (Z)
= 16

b) jumlah elektron = jumlah proton – beban
= 16 – (0)
= 16

c) kuantitas neutron = nomor agregat (A) – nomor elemen (Z)
= 32 – 16
= 16

#57

Citra

(08/08/20 pukul 16:25:48)

Tentukan nomor unsur dan nomor massa zarah-unsur berikut: A. Elemen A dengan jumlah proton 18 dan jumlah neutron 22. B. Partikel B dengan kuantitas proton 26 dan jumlah neutron 30. C. Unsur C dengan jumlah proton 32 dan neutron 41


nugnug

(10/08/20 pengetuk 21:58:59)

Pendirian menentukan nomor unsur dan nomor massa

Nomor atom (Z) = jumlah proton
Nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron

A

Nomor anasir (Z) = 18
Nomor massa (A) = 40

B

Nomor atom (Z) = 26
Nomor massa (A) = 56

C

Nomor molekul (Z) = 32
Nomor massa (A) = 73

#56

Semarak Azizah

(08/08/20 pengetuk 13:59:20)

Tdk

#55

Afdalia

(08/08/20 martil 13:04:14)

Jika suatu atom memiliki nomor anasir 23 dan agregat atom 67 tentukan jumlah proton neutron elektron


nugnug

(08/08/20 martil 13:27:22)

Diketahui

Nomor molekul (Z) = 23
Nomor massa (A) = 67
muatan =

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) kuantitas elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 23

b) jumlah elektron = total proton – muatan
= 23-(0)
= 23

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 67-23
= 44

#54

Snobis safitri

(08/08/20 martil 11:41:07)

Tentukan jumlah proton elektron dan netron pada atom berikut. A. 17 ozon 8 B. 85 Rb 37


nugnug

(08/08/20 pukul 13:30:51)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 8
Nomor komposit (A) = 17
muatan =

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Perampungan

a) jumlah proton = nomor unsur (Z)
= 8

b) jumlah elektron = jumlah proton – tanggung
= 8 – (0)
= 8

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 17 – 8
= 9

Diketahui

Nomor atom (Z) = 37
Nomor massa (A) = 85
muatan =

Ditanyakan

a) kuantitas proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) besaran neutron = …?

Penuntasan

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 37

b) jumlah elektron = jumlah proton – pikulan
= 37 – (0)
= 37

c) jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 85 – 37
= 48

#53

Maisya putri Nabila

(08/08/20 pengetuk 10:48:35)

Buk klw muatan itu kyk mna


nugnug

(08/08/20 pukul 13:18:48)

Lambang ion Manifesto
He muatan = 0
Na+ muatan = + 1
Mg2+ muatan = + 2
Ca++ muatan = + 2
Al3+ muatan = + 3
N3- muatan = – 3
O= muatan = – 2
S2- muatan = – 2
F barang bawaan = – 1
Zn muatan = 0

#52

Dinda

(08/08/20 palu 01:58:24)

Berapa jumlah Proton,elektron dan neutron dari unsur berikut? 35 CI– 17


nugnug

(08/08/20 pukul 13:25:55)

Diketahui

Nomor anasir (Z) = 17
Nomor massa (A) = 35
muatan = – 1

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) total elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penuntasan

a) jumlah proton = nomor atom (Z)
= 17

b) jumlah elektron = jumlah proton – muatan
= 17-(-1)
= 18

c) kuantitas neutron = nomor massa (A) – nomor unsur (Z)
= 35-17
= 18

#51

Nabiila


(07/08/20 pukul 07:39:28)

Tentukan neutron jikalau no mass a makin besar dari no partikel ch 19 K 39


nugnug

(07/08/20 palu 18:09:54)

maksudnya angka nan besar yakni nomor massa (39)
angka yang kecil adalah nomor atom (19)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 19
Nomor massa (A) = 39

Ditanyakan

Penyelesaian

Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 39-19
= 20

Tasya


(11/08/20 palu 08:06:21)

Kk nugnug ini yakin jawaban nya moralistis


nugnug

(11/08/20 pemukul 09:42:09)

iya

#50

Perempuan

(06/08/20 pukul 22:16:30)

Tentukan Jumlah proton, elektron, dan neutron dari spesies molekul berikut 32S²-16


nugnug

(07/08/20 pukul 17:50:39)

Diketahui

Nomor unsur (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
bagasi = – 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) Menentukan jumlah proton
jumlah proton = nomor atom (Z)
= 16

b) Menentukan besaran elektron
jumlah elektron = besaran proton – muatan
= 16 – (-2)
= 18

c) Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor atom (Z)
= 32-16
= 16

#49

Pras

(06/08/20 pukul 19:30:12)

18 P 45= brp???

#48

Tika

(05/08/20 pukul 19:13:11)

17 0 brp y? 8

#47

Nurlisa anggria

(05/08/20 pengetuk 18:24:30)

Berpa massa elemen dan jumlah elektron suatu zarah dgn jumlah proton 13 dan jumlah neutron 14?


KIRANI

(07/08/20 pukul 14:19:20)

Massa = 27 Elektron = 13 ( bila itu atom netral

#46

Selvi zialianti

(05/08/20 pukul 11:22:09)

Berapa jumlah proton,neutron dan elektron mulai sejak 1632 ²-


nugnug

(07/08/20 pukul 17:41:47)

Diketahui

Nomor atom (Z) = 16
Nomor massa (A) = 32
kewajiban = – 2

Ditanyakan

a) jumlah proton = …?
b) jumlah elektron = …?
c) jumlah neutron = …?

Penyelesaian

a) Menentukan kuantitas proton
besaran proton = nomor atom (Z)
= 16

b) Menentukan jumlah elektron
besaran elektron = jumlah proton – bahara
= 16 – (-2)
= 18

c) Menentukan jumlah neutron
total neutron = nomor konglomerasi (A) – nomor atom (Z)
= 32-16
= 16

#45

Retti Permatasari

(05/08/20 martil 08:40:18)

23 ²+ Mg 12 Tentukan A) jumlah proton B) jumlah elektron C) kuantitas neutron


nugnug

(07/08/20 pukul 17:38:51)

Diketahui

Nomor molekul (Z) = 12
Nomor massa (A) = 23
muatan = + 2

Ditanyakan

a) besaran proton = …?
b) kuantitas elektron = …?
c) total neutron = …?

Penyelesaian

a) Menentukan total proton
jumlah proton = nomor atom (Z)
= 12

b) Menentukan jumlah elektron
besaran elektron = jumlah proton – muatan
= 12 – (+2)
= 10

c) Menentukan jumlah neutron
jumlah neutron = nomor massa (A) – nomor elemen (Z)
= 23-12
= 11

#44

Diah ayu

(01/08/20 pukul 14:36:33)

Atom Ni mempunyai kuantitas proton dan elektron sebesar 28. Sementara jumlah neutron 30. Tentukan nomor unsur dan nomor komposit nya…!!


nugnug

(04/08/20 pukul 23:37:36)

nomor elemen (Z) = jumlah proton
= 28

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 28 + 30
= 58

#43

Nina

(29/07/20 pukul 21:49:45)

ion A mempunyai neutron 12 dan n kepunyaan bahara-2 sehingga memiliki jumblah elektron 20.tuliskanlah lambang ion A tersebut..


nugnug

(04/08/20 martil 23:23:36)

Diketahui molekul A:

jumlah neutron = 12
jumlah elektron = 20
bagasi = – 2

Ditanyakan:

Notasi anasir A = ….?

Jawab:

jumlah elektron = jumlah proton – kewajiban
berarti:
jumlah proton = jumlah elektron + muatan
= 20 + (-2)
= 18

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 18

nomor massa (A) = jumlah proton + jumlah neutron
= 18 + 12
= 30

notasi atom A:

#42

Isykarima

(29/07/20 pukul 10:22:14)

Penting sekalee


nugnug

(04/08/20 pengetuk 23:06:48)

oke

#41

Adi

(29/07/20 pukul 08:33:15)

Elemen Ni mempunyai jumlah proton dan elektron sebesar 28.sementara jumlah neutron elemen tersebut sebanyak 30.tentukan no partikel dan no komposit berbunga zarah tersebut?


Nita


(29/07/20 pukul 08:51:17)

Jawabannya mna


nugnug

(04/08/20 pukul 23:06:34)

nomor atom (Z) = jumlah proton
= 28

nomor konglomerat (A) = kuantitas proton + total neutron
= 28 + 30
= 58

#40

Anita

(28/07/20 martil 08:55:09)

Sebuah atom mempunyai 16proton, 4 netron, 12 elektron. Atom tersebut bermuatan?


nugnug

(28/07/20 pukul 19:43:42)

Karena jumlah protonnya = 16, signifikan nomor atomnya (Z) = 16.
Karena
kuantitas elektron = Z – bahara,
maka:
muatan = Z – total elektron

muatan = Z – jumlah elektron
= 16 – 12
= 4

Jawaban:
kewajiban molekul tersebut =
+ 4

#39

Anti Apriani

(19/07/20 pemukul 16:55:23)

Sebutkan jumlah elektron proton dan neutron pada Kerangka atok netra

#38

Mulya

(19/07/20 pukul 13:16:21)

Apa tidak ada pembahasan tentang mencari Proton dan elektron berpangkal ion bermuatan yang belum diketahui no konglomerasi dan no atomnya ?


nugnug

(23/07/20 pemukul 18:50:12)

o, iya. Belum ada di lagonlon

#37

Lulu

(14/07/20 pengetuk 12:03:13)

Sebutkan jumlah elektron,proton dan neutran plong gambar elemen netra berikut

#36

Kaysia amanda

(18/06/20 pukul 08:09:02)

Jumlah proton,neutron,dan elektron dari atom 32Ge75 merupakan…………


nugnug

(23/07/20 palu 19:07:11)

Diketahui:

75 Ge
32

nomor zarah (Z) = 32
nomor konglomerasi (A) = 75
muatan = 0 (karena enggak terserah tanda positif maupun destruktif)

Ditanyakan:

Jumlah Proton = …?
Jumlah neutron = …?
Total elektron = …?

Penyelesaian:

Kuantitas Proton = Nomor atom (Z)
= 32

Total Neutron = Z – A
= 75 – 32
= 43

Total Elektron = Z – tanggung
= 32 – 0
= 32

#35

Triyanti

(09/06/20 palu 13:09:34)

tentukan jumlah proton,elektron dan neutron molekul berikut:*103 45RH


nugnug

(13/06/20 pukul 13:37:47)

Diketahui:

Nomor atom (Z) = 45 (angka kerdil)
Nomor massa (A) = 103 (kredit besar)
tanggung = (tidak ada bahara + ataupun -)

Ditanyakan:

Jumlah proton = …?
Kuantitas neutron = …?
Jumlah elektron = …?

Jawab:

Besaran proton = Z
= 45
Total neutron = A – Z
= 103 – 45
= 58
Jumlah elektron = Z – muatan
= 45 – 0
= 45

#34

Najwa

(09/06/20 pengetuk 07:06:15)

Dulu jelas dan mudah dipahami


nugnug

(13/06/20 martil 12:53:08)

siip

#33

Faliza

(12/04/20 pukul 13:41:43)

Tentukan jumlah Proton, electron dan neuton terbit molekul atom berikut ini A.56 26 FE


nugnug

(12/04/20 pukul 16:26:46)

Diketahui:
nomor unsur (Z) = 26
nomor agregat (A) = 56
bagasi =
Jawaban:
Kuantitas proton = Z
= 26
Kuantitas elektron = Z – muatan
= 26 – 0
=
Jumlah neutron = A – Z
= 56 – 26
= 30

#32

aisyah

(26/03/20 martil 16:40:10)

kurang lengkap

#31

Nurul fadillah


(12/12/19 pukul 18:23:10)

Ch 5 soal tentang menemukan total proton ,elektron dan neutron


Anying

(26/02/20 pukul 14:47:35)

Oke siap

#30

Alfira Yuniar

(13/10/19 pukul 18:50:46)

Tentukan kuantitas proton dan Jumlah elektron pada Unsur…

#29

Leony gadis

(04/10/19 pukul 05:13:38)

Apakah kuantitas neutron lain pernah sama dengan neutron? Apakah elemen terdiri atas inti molekul yang bermuatan negatif dan elektron bermuatan aktual?


nugnug

(06/10/19 pukul 20:51:17)

Proton bermuatan riil

#28

Ramadani

(04/10/19 martil 05:06:31)

Sangat jelas dab rinci

#27

Sri wahyuni

(29/09/19 pukul 18:01:28)

tuliskan nomor atom netral yang memiliki jumlah elektron 10,15 ,dan 20!


nugnug

(06/10/19 pukul 20:43:50)

Untuk atom objektif:
Jumlah elektron = jumlah proton

(muatan positif dan negatif sama/seimbang)

Karena nomor atom = total proton, maka jawabannya:
Nomor zarah = 10, 15 dan 20

#26

ruvia ayana

(08/09/19 palu 12:19:11)

Atom yg bermuatan (+2) punya jumlah proton sebanyak 13 dan neutron sebanyak 20 tentukan nomor massanya!!! Tolongin gw dong cak bertanya gw sm kyk arin!!!!


nugnug

(08/09/19 pukul 12:54:18)

Dik. bagasi = + 2
Jumlah proton = 13
Jumlah neutron = 20
Dit. nomor massa = …?
Jwb. nomor massa = kuantitas proton + jumlah neutron
= 13 + 20
=
33

#25

arinda dewi

(08/09/19 pukul 12:17:00)

Sebuah anasir n kepunyaan kuantitas ptoton 15 dan memiliki jumlah elektron 14 tentukan muatan dari partikel trrsebut!!! Plisss banti dongggg


nugnug

(08/09/19 pukul 12:49:54)

Dik. Jumlah proton = 15
Jumlah elektron = 14
Dit. beban = …?
Jwb. muatan = jumlah proton – total elektron
= 15 – 14
=
+ 1

#24

Dwi Nurwulan

(04/09/19 pengetuk 17:29:01)

Suatu atom memiliki proton sebanyak 5. Banyaknya elektron di dalam satu inti atom tersebut yaitu


nugnug

(08/09/19 pukul 13:00:17)

Di inti atom tak cak semau elektron.
Elektron subur di kulit atom (merumung inti atom).
Karena lain disebutkan, maka bahara dianggap = 0.

Jumlah elektron = jumlah proton – tanggung
= 5 – 0
=
5

#23

Habiba

(02/09/19 palu 22:30:25)

Minta pertolongan

#22

#21

YOLA

(14/08/19 martil 14:21:10)

Kurang jelass


Shahnaz

(14/08/19 pukul 14:22:50)

Amazaci

#20

Leher baju

(17/08/18 palu 20:03:16)

Kimia

#19

hannan

(09/11/17 pukul 20:43:15)

Alhamdulillah…kiranya berkah buat kreator Lagonlon


nugnug

(13/11/17 pukul 18:52:36)

Amiin…, terimakasih

#18

Wiwik Anggraini

(09/07/17 pukul 23:15:04)

Ca Z:20 A:40,08 Kaprikornus neutronnya berapa?


nugnug

(10/07/17 pukul 13:27:04)

Atom Ca

Sehingga:

Total neutron = A – Z
= 40 – 20
= 20

#17

Bobby galaticos

(21/03/17 pukul 23:54:49)

Thanks info nya sngt mmbntu


nugnug

(27/03/17 pemukul 16:56:04)

sama selaras

#16

Multi

(11/03/16 pukul 19:56:19)

makasih yassh..


nugnug

(20/03/16 pemukul 20:41:03)

sekufu sekufu


Dolisa

(24/09/19 palu 05:08:04)

Tolong kirim kesaya


fandi

(10/06/20 palu 00:48:17)

berapa kuantitas proton dan nuestron

#15

andy

(09/10/15 palu 21:27:59)

tolong fong rahmat tau latihan mengerjakan kelimpahan isotop


andy

(09/10/15 pukul 21:29:37)

sokong dikirimke → [email protected] thanks


nugnug

(12/10/15 pukul 23:00:42)

waduh.. ampunan.. lain dapat segera. untuk mewujudkan satu tutorial zakar hari lumayan lama..


Wanty nahak

(28/10/15 pukul 12:05:46)

Mkci bngat krna sngat mmbntu cya dlam mngerjakan tgas dan tolng di perjlaskanx bertambah ditail lgi mkci,,,,


nugnug

(28/10/15 pukul 20:40:40)

ockze..

#14

Mario

(28/09/15 pukul 18:43:08)

Yg ch soal nomer 2 salah di bagian elektronnya


nugnug

(12/10/15 pukul 22:58:40)

sepertinya sudah tepat. jangan lupa muatannya -2

#13

yuni

(18/09/15 pukul 19:36:06)

dari mana dia dapat 1


nugnug

(20/09/15 pukul 22:44:14)

Dihitung jumlah tanda posyif (+) atau negatifnya (-)

#12

umdatul

(15/09/15 palu 11:18:41)

mantapppppp


nugnug

(20/09/15 martil 22:52:21)

thanks

#11

aini

(15/09/15 martil 11:12:45)

kurang lengkapppppp


nugnug

(20/09/15 pukul 22:53:02)

iya ya. he he..

#10

sylviana

(13/09/15 pukul 16:55:38)

aku pusing sma kimia


nugnug

(20/09/15 pengetuk 22:54:08)

pelan pelan.. pahami bertahap sedikit.. lama lama jadi bukit

#9

kuntum agustina karok

(01/09/15 pukul 19:11:25)

Keren thank you banget baaget lampau membantu


nugnug

(20/09/15 pemukul 22:44:50)

siip

#8

yulius lou mada

(31/08/15 pukul 06:26:16)

Aku terlampau demen. Beljr kimia


nugnug

(20/09/15 pukul 22:56:28)

lanjutkan yulius..

#7

Lasarwani

(30/08/15 pukul 12:01:37)

Aku habis senang bisa mengetahuinya


nugnug

(20/09/15 pukul 22:57:00)

ok lasarwani

#6

intan

(27/08/15 pukul 15:15:43)

Mmbantu bangett.. thanks ya..


nugnug

(20/09/15 pukul 22:57:21)

siip

#5

sastra

(23/08/15 pukul 21:53:24)

thanks ya guys untuk penyelesaiannya


nugnug

(20/09/15 martil 22:57:54)

yw sastra

#4

Hasan

(03/08/15 pukul 19:20:35)

Cak bertanya-cak bertanya ini mudah bakal di pahami


nugnug

(20/09/15 pemukul 23:00:59)

kita memang mulai berpunca yang mudah. cak agar paham terlampau

#3

Reehansyah

(28/07/15 palu 20:04:11)

Rumus mencari proton,elektron,dan neutron tolong dijabarkan


nugnug

(20/09/15 palu 23:02:18)

mutakadim ada. tapi kerumahtanggaan kerangka kata kata. pakai fon mungkin ya?

#2

nurul

(16/04/15 pukul 20:39:57)

Terus cara dapat jp, je dan jn gimana?


nugnug

(21/09/15 pukul 00:36:21)

sudah ada caranya

#1

Rizky

(10/03/15 pengetuk 11:40:43)

28Ni61 berapa jumlah proton, elektron, dan neutron nya


nugnug

(10/03/15 pukul 17:18:54)

Jp 28, je 28, jn 33

Tentukan Jumlah Proton Elektron Dan Neutron Dari Unsur Berikut

Source: https://www.lagonlon.com/tutorial.php?halogen=7neon

Baca :   Persamaan Garis Yang Melalui Titik 4 Dan Memiliki Gradien Adalah

Check Also

Hukum Lenz Tentang Arah Arus Induksi

Hukum Lenz Tentang Arah Arus Induksi Hukum Lenz – Kembali lagi bersama dosenpintar.com, nah pada …