Tulang Berdasarkan Struktur Tulang Dan Matriksnya Dibedakan Menjadi

Tulang Berdasarkan Struktur Tulang Dan Matriksnya Dibedakan Menjadi

Lihat Foto

Ilustrasi tulang

KOMPAS.com
– Tulang adalah jaringan keras yang menopang tubuh pada vertebrata. Selain itu, tulang juga menjadi tempat menempelnya otot tubuh. Tulang memiliki berbagai bentuk dan fungsi pada tubuh.

Tulang menurut bahan penyusunnya digolongkan menjadi dua macam, yaitu tulang keras dan tulang rawan.

1. Tulang keras

Tulang keras tersusun dari sel pembentuk tulang atau yang disebut juga dengan osteoblas. Ruang antar sel tulang mengandung zat kapur dan sedikit zat perekat.

Tulang keras berfungsi untuk menyusun sistem rangka. Untuk tetap mendapatkan nutrisi, tulang memiliki saluran havers untuk tempat pembuluh darah.

Bahan penyusun tulang keras adalah komponen organik dan anorganik. Komponen anorganiknya adalah mineral kalsium dan fosfor. Sedangkan komponen organiknya adalah kolagen. Kedua komponen inilah yang membuat tulang lebih kokoh.

Ketika diperlukan, mineral penyusun tulang ini juga dapat dilepaskan ke dalam tubuh.

Baca juga: Jenis-jenis Tulang Badan Manusia

Bahan penyusun tulang rawan adalah sel-sel yang bersifat lentur. Berbeda dengan tulang keras, tulang rawan mengandung banyak zat perekat dan sedikit zat kapur.

Tulang rawan banyak terdapat pada anak-anak, ujung-ujung tulang orang dewasa, laring, hidung, telinga, dan bronkus.

Pada anak-anak yang mengalami patah tulang, tulang rawan ini menjadi alasan mengapa penyembuhan dan penyambungan tulang terjadi lebih cepat.

Selain itu, tulang rawan di ujung-ujung tulang besar menjadi titik tumbuhnya tulang. Inilah yang menjadi titik utama sehingga tulang bisa bertambah panjang atau bertambah besar.

Pembentukan tulang dimulai dari tulang rawan ini. Tulang rawan mengandung osteoblas yang akan membentuk osteosit.

Osteosit akan menyekresikan protein yang menjadi matriks tulang keras. Pada proses ini juga terjadi pengisian ruang oleh mineral kalsium dan fosfor.

Proses pembentukan tulang tersebut dinamakan osifikasi. Selain itu, juga terdapat proses remodelling, yaitu pembentukan kembali tulang dengan mengganti sel yang lama dengan sel yang baru. Proses ini akan terjadi seumur hidup.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca :   Pronomina Persona Kata Ganti Orang Yaitu

Baca berikutnya

Lihat Foto

shutterstock.com

Ilustrasi Tulang Manusia

KOMPAS.com –
Tulang sebagai rangka manusia merupakan komponen yang sangat penting untuk menyangga tubuh dan melindungi berbagai organ vital.

Rangka pada tumbuh manusia merupakan rangka endoskeleton, yakni rangka yang terdapat di dalam tubuh.

Dilansir dari buku Sistem Gerak dan Sirkulasi, fungsi rangka manusia adalah untuk memberikan bentuk tubuh, menahan dan menegakkan tubuh, tempat melekatnya otot, melindungi organ tubuh yang penting, untuk bergerak, serta menghasilkan sel darah di dalam sumsum tulang.

Berdasarkan zat penyusunnya, tulang dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yakni tulang rawan dan tulang keras.

Jenis tulang berdasarkan zat penyusunnya

1. Tulang rawan

Tulang rawan (kartilago) bersifat elastis dan lentur, sesuai dengan namanya. Tulang rawan tersusun atas sel-sel tulang rawan (kondrosit) yang mengeluarkan matriks (kondrin) berupa hialin atau kolagen.

Baca juga: Tulang Kering: Anatomi dan Fungsinya

Ruang antar sel tulang rawan banyak mengandung zat perekat dan sedikit zat kapur. Oleh sebab itu, tulang rawan bersifat lentur.

Tulang rawan pada manusia di antaranya terdapat pada bagian persendian, daun telinga, cuping hidung, dan ruas-ruas tulang belakang.

2. Tulang keras

Tulang keras (tulang, osteon) tersusun atas jaringan tulang keras yang terdiri dari sel-sel tulang (osteosit) yang membentuk lingkaran.

Di tengah-tengah sel tulang keras terdapat saluran Havers. Di dalam saluran Havers terdapat pembuluh kapiler yang berfungsi untuk mengangkut sari makanan dan oksigen pada sel tulang.

Baca juga: Jenis-jenis Tulang Badan Manusia

Tulang keras banyak mengandung zat kapur dan sedikit zat perekat. Kapur dan fosfor yang dikeluarkan matriks membuat tulang keras bersifat keras.

Sel-sel tulang keras yang telah mati akan membentuk rongga bekas sel tulang yang disebut lacuna. Setiap lacuna dapat terhubung satu sama lain melalui saluran kecil yang disebut kanalikuli.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Macam-macam Tulang dan Strukturnya- Secara umum jenis tulang dibedakan menjadi dua yakni tulang rawan dan tulang sejati. Menurut matriknya tulang dibagi dua jenis yaitu tulang kompak dan tulang spon. Sedangkan menurut bentuknya tulang dibedakan menjadi tiga, yaitu: tulang pipa, tulang pipih dan tulang pendek. Berikut penjelasan mengenai macam-macam dan struktur tulang penyusun tubu.

Baca :   Tanggal Masuk Tahun Ajaran Baru 2022


1. Jenis Tulang

a. Tulang Rawan (Kartilago)

Jika Anda meraba permukaan hidung dan telinga, maka Anda akan merasakan permukaan yang lentur. Itulah contoh tulang rawan. Tulang rawan dapat ditemukan pada embrio, anak-anak, dan orang dewasa. Tulang rawan pada embrio dan anak-anak berasal dari sel-sel mesenkim. Pada embrio, bagian dalam tulang rawan berongga dan berisi sel-sel pembentuk tulang yang disebut osteoblas. Tulang rawan pada anak-anak lebih banyak mengandung sel-sel tulang rawan daripada matriksnya. Kondisi ini berkebalikan dengan tulang rawan pada orang dewasa yang justru lebih banyak mengandung matriks. Tulang rawan pada orang dewasa terbentuk dari selaput rawan yang disebutperikondrium, yang banyak mengandung matriks. Tulang rawan pada orang dewasa terbentuk dari selaput rawan yang disebut perikondrium, yang banyak mengandung sel-sel pembentuk tulang rawan yang disebut kondrioblas. Tulang rawan ini dapat dijumpai pada bagian tubuh, di antaranya pada ujung tulang persendian, taju pedang, cincing batang tenggorok, daun telinga, antara tulang rusuk, antara ruas tulang belakang, dan lain-lain.

b. Tulang Sejati (Osteon)

Untuk mengetahui tulang sejati, coba peganglah pergelangan tangan Anda, kemudian tekanlah! Anda akan menemukan sebuah tulang yang keras. Itulah salah satu contoh tulang sejati. Tulang sejati bersifat keras dan matriksnya banyak mengandung kalsium dan fosfat. Matriks tulang juga banyak mengandung zat perekat. Di dalamnya terdapat jaringan-jaringan seperti sarang lebah yang sangat keras dan kuat, pada bagian tengah tulang terdapat sumsum tulang yang bertugas membuat sel darah merah dan sel darah putih.

Struktur tulang

Struktur tulang

Struktur tulang dapat Anda lihat pada Gambar! Setiap satuan sel tulang disebut dengan sistem Havers. Sistem Havers ini melingkari pembuluh darah dan saraf.


2. Matriks Tulang

Berdasarkan matriks penyusunnya, tulang dibedakan menjadi dua, yaitu tulang kompak dan tulang spons.

a. Tulang Kompak

Tulang kompak memiliki matriks yang padat dan rapat, misalnya terdapat pada tulang pipa. Struktur tulang kompak dapat dilihat pada Gambar

tulang kompak

Jaringan tulang kompak

b. Tulang Spons

Tulang spons memiliki matriks yang berongga. Misalnya, terdapat pada tulang pipih dan pendek. Perhatikan struktur tulang spon pada Gambar

Baca :   Yang Termasuk Tujuan Pembentukan Apec Adalah

Tulang spon

Tulang spon


3. Bentuk Tulang

Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi tiga, yaitu tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek.

a. Tulang Pipa

Tulang pipa berbentuk bulat panjang. Tulang pipa dijumpai pada anggota gerak. Setiap tulang pipa terdiri atas bagian batang dan dua bagian ujung. Tulang pipa bekerja sebagai alat ungkit dari tubuh dan memungkinkan adanya pergerakan. Di bagian tengah terdapat rongga besar yang berisi sumsum kuning dan banyak mengandung zat lemak. Contoh tulang pipa adalah tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang telapak tangan, dan tulang betis. Bagian-bagian dari tulang pipa, antara lain sebagai berikut.

1) Epifisis, yaitu kedua ujung tulang.

2) Diafisis, yaitu bagian tengah tulang

3) Cakraepifisis, yaitu sambungan epifisis dan diafisis.

4) Tulang rawan daerah sendi.

5) Kanalis medularis, yaitu rongga memanjang di dalam diafisis yang diisi oleh sumsum tulang kuning.

6) Periosteum, yaitu selaput yang menyelimuti bagian luar tulang.

Periosteum mengandung osteoblas (sel pembentuk jaringan tulang), jaringan ikat, dan pembuluh darah. Periosteum merupakan tempat melekatnya otot-otot skeleton ke tulang dan berperan dalam nutrisi, pertumbuhan dan reparasi tulang rusuk. Agar pemahaman Anda tentang struktur dan bentuk tulang pipa lebih jelas, perhatikan Gambar

Tulang pipa

Tulang pipa

b. Tulang Pipih

Tulang pipih berbentuk pipih dan lebar. Tulang pipih terdiri atas dua lapisan jaringan tulang keras dan di tengahnya berupa lapisan tulang seperti bunga karang (spons) yang di dalamnya berisi sum-sum merah sebagai tempat pemben-tukan selsel darah. Tulang-tulang pipih berperan dalam melindungi organ tubuh. Tulang pipih terdapat pada tulang tengkorak, belikat, rusuk, dan tulang wajah. Perhatikan contoh bentuk tulang pipih pada Gambar

Tulang tengkorak

Tulang tengkorak

c. Tulang Pendek

Tulang pendek berbentuk bulat dan berukuran pendek, tidak beraturan, misalnya terdapat pada tulang pergelangan tangan, pergelangan kaki, telapak tangan, dan telapak kaki. Tulang pendek diselubungi jaringan padat tipis. Tulang pendek sebagian besar terbuat dari jaringan tulang jarang karena diperlukan sifat yang ringan dan kuat. Karena kuatnya, maka tulang pendek mampu mendukung bagian tubuh seperti terdapat pada tulang pergelangan tangan. Agar Anda lebih jelas memahami bentuk tulang pendek, perhatikan Gambar

Tulang Pendek

Tulang tangan dan kaki

Tulang Berdasarkan Struktur Tulang Dan Matriksnya Dibedakan Menjadi

Source: https://sepuluhteratas.com/berdasarkan-struktur-penyusun-tulang-dan-matriksnya-tulang-dibedakan-menjadi

Check Also

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban

Contoh Soal Fungsi Produksi Dan Jawaban Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan …