Tuliskan Contoh Konflik Di Indonesia Yang Berkaitan Dengan Vested Interest

Tuliskan Contoh Konflik Di Indonesia Yang Berkaitan Dengan Vested Interest.

LATIH UJI KOMPETENSI

Sejarah Indonesia BAB 1 Perjuangan Menghadapi Gertakan Disintegrasi Bangsa

Jerambah 29

Tuliskan teoretis konflik di Indonesia yang berkait dengan vested
interest, yang terjadi antara perian 1948-1965. Jelaskan!




Jawab :




Terdaftar dalam kategori ini adalah pemberontakan APRA, RMS, dan Andi Aziz.

a) Tangkisan APRA

Bala Perang Ratu Adil (APRA) dibentuk oleh Kapten Raymond Westerling pada tahun 1949. Ini adalah milisi bersenjata yang anggotanya terutama bersumber berpunca tentara Belanda: KNIL, yang tidak cocok dengan pembentukan Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) di Jawa Barat, nan momen itu masih berbentuk negara bagian Pasundan. Basis pasukan APRIS di Jawa Barat adalah Divisi Siliwangi. APRA ingin agar keberadaan negara Pasundan dipertahankan sekaligus menjadikan mereka seumpama laskar negara federal di Jawa Barat. Karena itu, puas Januari 1950 Westerling mengultimatum pemerintah RIS. Ultimatum ini segera dijawab Perdana Menteri Hatta dengan memerintahkan penangkapan terhadap Westerling.

APRA malah bergerak menyerbu daerah tingkat Bandung secara mendadak dan melakukan tindakan teror. Puluhan anggota APRIS gugur. Diketahui pula kemudian sekiranya APRA bermaksud menyerang Jakarta dan ingin membunuh antara tidak Menteri Benteng Paduka Hamengku Buwono IX dan Superior APRIS Kolonel T.B. Simatupang. Sekadar semua itu akhirnya boleh digagalkan maka dari itu pemerintah. Westerling kemudian culik diri ke Belanda.



b) Peristiwa Andi Aziz

Sebagai halnya halnya pemberontakan APRA di Bandung, peristiwa Andi Aziz berawal dari petisi Juragan kapal Andi Aziz dan pasukannya yang terbit dari KNIL (legiun Belanda di Indonesia) terhadap pemerintah Indonesia agar namun mereka yang dijadikan angkatan APRIS di Negara Indonesia Timur (NIT). Ketika akhirnya tentara Indonesia benar-etis didatangkan ke Sulawesi Selatan dengan tujuan menernakkan keamanan, hal ini menyundut ketidakpuasan di halangan  pasukan  Andi  Aziz.  Ada  kekhawatiran berpunca landasan barisan KNIL bahwa mereka akan diperlakukan secara diskriminatif maka itu arahan APRIS.

Baca :   Which Statement is True Based on the Text

Pasukan KNIL di asal bimbingan Andi Aziz ini kemudian bereaksi dengan menduduki beberapa tempat penting, bahkan menawan Panglima Teritorium (wilayah) Indonesia Timur, Pemerintahpun main-main tegas dengan mengirimkan barisan pengiriman barang di asal arahan Kolonel Alex Kawilarang.

April 1950, pemerintah memerintahkan Andi Aziz sebaiknya melapor ke Jakarta akibat peristiwa tersebut, dan menyedot pasukannya dari kancah-tempat nan mutakadim diduduki, menyerahkan senjata serta membedakan tawanan nan telah mereka sambar. Tenggat waktu melapor adalah 4 x 24 jam. Namun Andi Aziz ternyata primitif melapor, sementara pasukannya mutakadim berontak. Andi Aziz juga buru-buru ditangkap di Jakarta setibanya dia ke sana bermula Makasar. Ia kembali kemudian mengakui bahwa aksi yang dilakukannya berawal dari rasa tak puas terhadap APRIS. Pasukannya yang memberontak hasilnya berakibat ditumpas maka dari itu tentara Indonesia di bawah pimpinan Kolonel Kawilarang.

c) Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS)

Sesuai dengan namanya, pertentangan RMS dilakukan dengan harapan memisahkan diri berbunga Republik Indonesia Serikat dan menggantinya dengan negara sendiri. Diproklamasikan oleh mantan Beskal Agung Negara Indonesia Timur, Dr. Ch.R.S. Soumokil puas April 1950, RMS didukung oleh mantan pasukan KNIL.

Upaya penyelesaian secara damai awalnya dilakukan oleh pemerintah Indonesia, yang mengutus dr. Leimena bikin berembuk. Tetapi upaya ini mengalami frustasi. Pemerintah pun langsung menjumut tindakan tegas, dengan mengamalkan operasi militer di asal pimpinan Kolonel Kawilarang.

Kelebihan barisan KNIL RMS yaitu mereka memiliki kualifikasi ibarat pasukan komando. Konsentrasi fungsi mereka subur di Pulau Ambon dengan medan perbentengan alam yang kokoh. Lepasan benteng pertahanan Jepang kembali dimanfaatkan maka itu laskar RMS. Oleh karena medan nan terik ini, selama peristiwa pencaplokan pulau Ambon maka dari itu TNI, terjadi pertentangan frontal dan dahsyat dengan saling bertahan dan menyerang. Supaya kota Ambon andai ibukota RMS berhasil direbut dan pemberontakan ini akhirnya ditumpas, namun TNI kekeringan komandan Letnan Kolonel Slamet Riyadi dan Letnan Kolonel Soediarto nan ringgis tertembak. Soumokil sendiri awalnya berbuntut melarikan diri ke pulau Seram, namun sira akhirnya ditangkap perian 1963 dan dijatuhi hukuman senyap.

Baca :   Globalisasi Mempermudah Akses Informasi Dan Pertukaran Budaya Di Seluruh Dunia

Tuliskan Contoh Konflik Di Indonesia Yang Berkaitan Dengan Vested Interest

Source: https://www.basbahanajar.com/2018/07/tuliskan-contoh-konflik-di-indonesia.html

Check Also

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat

Kemukakan Manfaat Sig Dalam Keselamatan Masyarakat. Mas Pur Follow Seorang freelance nan suka membagikan pengetahuan, …